HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Flu Burung dan Penyebab nya | Glosarium

Flu Burung Pengertian Flu Burung dan Penyebab nya | Glosarium

Flu Burung

Flu burung ~ Suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan ditularkan oleh unggas. Penyakit flu burung yang disebabkan oleh virus avian infuenza sub tipe H5N1 pada unggas dikonfirmasikan telah terjadi di Republik Korea, Vietnam, Jepang, Thailand, Kamboja, Taiwan, Laos, China, Indonesia dan Pakistan. Sumber virus diduga berasal dari migrasi burung dan transportasi unggas yang terinfeksi.

Flu burung atau Avian Influenza (AI) merupakan salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virusinfluenza. Pada awalnya, penyakit flu burung hanya ditemukan pada unggas. Namun, penyakit ini kemudian juga ditemukan pada manusia yang tidak jarang membawa kematian pada penderitanya.Flu burung sebenarnya bukanlah penyakit baru. Jika kita menilik jauh ke belakang, pandemi flu burung pernah terjadi di Spanyol pada tahun 1918-1919. Hanya dalam waktu enam bulan, virus flu burung menyebar ke seluruh penjuru dunia dan mengakibatkan 40 juta orang meninggal dunia.
Penyebab flu burung ini adalah tipe virus Avian Influenza yang paling berbahaya. Dikenal sebagai penyebab utama flu unggas. H5N1 adalah virus yang sangat berbahaya. Berdasarkan penelitian para ahli, pasien yang terjangkiti virus H5N1 hanya memiliki kemungkinan sembuh kurang dari 20 persen. Meskipun hanya ditularkan lewat unggas, H5N1 merupakan pembunuh yang efektif. Daya bunuhnya 12 kali lebih dahsyat dibanding sub tipe virus avian influenza yang lain.Penanganan dan pengobatan flu burung adalah dengan pemberian obat flu seperti Tamiflu atau jenis lainnya, tapi harus tetap dalam pengawasan dokter atau pihak rumah sakit yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan RI.Pencegahan flu burung dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang perlu kita terapkan dalam mengantisipasi menyebarnya flu burung ini. Tips Mencegah Flu Burung dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini :
  1. Gunakan pelindung (Masker, kacamata renang, sarung tangan) setiap berhubungan dnegan bahan yang berasal dari saluran cerna unggas.
  2. Setiap hal yang berasal dari saluran cerna unggas seperti sekresi harus ditanam/dibakar supaya tidak menular kepada lingkungan sekitar.
  3. Cuci alat yang digunakan dalam peternakan dengan desinfektan.
  4. Kandang dan Sekresi unggas tidak boleh dikeluarkan dari lokasi peternakan.
  5. Memasak daging ayam dengan benar pada suhu 80 derajat dalam 1 menit dan membersihkan telur ayam serta dipanaskan pada suhu 64 derajat selama 5 menit.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri.
Incoming search terms:

Leave a Reply