HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penambahan TI Terhadap Karakteristik Material Paduan Aluminium

Judul : Studi Pengaruh Penambahan 0.019 wt % TI dan 0.029 wt % TI Terhadap Karakteristik Material Paduan Aluminium Ac4b Dengan Proses Low Pressure Die Casting

ABSTRAK

Aluminium adalah material yang banyak digunakan dalam industri otomotif karena sifatnya yang ringan, kuat dan tahan korosif. Salah satu penggunaanya untuk komponen cylinder head, komponen ini menggunakan jenis paduan aluminium AC4B dengan proses low pressure die casting. Namun produk yang dihasilkan dalam proses pengecoran ini banyak ditemukan kegagalan seperti porositas, penyusutan (shrinkage) yang menyebabkan kebocoran.

Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian yaitu dengan penambahan titanium kedalam aluminium AC4B yang bertujuan untuk menigkatkan sifat mekanis dan meminimalisasi kegagalan pada komponen cylinder head yang dihasilkan. Penelitian ini secara khusus ditujukan untuk mempelajari pengaruh variasi persentase titanium (0.019 wt % dan 0.029 wt %) terhadap penghalusan butir aluminium AC4B dengan proses low pressure die casting.

Kemudian menguji sampel cylinder head dengan uji tarik, uji kekerasan, pengukuran besar dendrite arms spacing dan menganalisa mikrostuktur dengan mikroskop optik dan dengan SEM dan EDS, serta pengujian bocor.

Penambahan penghalus butir sebesar 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti pada aluminium AC4B meningkatkan kekuatan tarik sebesar 13.4 % dan 20.1 % dengan bentuk perpatahan getas. Sementara, nilai kekerasan juga mengalami peningkatan dengan panambahan titanium.

Pada bagian tipis, penambahan 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti meningkatkan nilai kekerasan sebesar 3.06 % dan 5.65 %. Pada bagian tebal, penambahan 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti meningkatkan nilai kekerasan sebesar 2.14 % dan 5.19 %.

Untuk besar dendrite arms spacing terjadi penurunan dengan penambahan titanium. Pada bagian tipis, panambahan 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti menurunkan besar DAS sebesar 29.3 % dan 48.5 %. Pada bagian tebal, dengan penambahan 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti menurunkan besar DAS sebesar 6.67 % dan 28.6 %.

Pada pengamatan mikrostruktur menggunkan SEM tidak ditemukannya fasa Al3Ti. Untuk hasil uji bocor terdapat cylinder head yang mengalami bocor.

Penambahan 0.019 wt % Ti dan 0.029 wt % Ti tidak terlalu efektif untuk mengurangi kegagalan shrinkage dan bocor pada komponen cylinder head tapi dapat mengurangi kegagalan karena blow hole

Kata kunci : AC4B; Penghalus butir titanium; DAS

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG PENELITIAN

Aluminium merupakan material yang paling banyak digunakan dalam manufaktur khususnya industri otomotif. Pada umumnya aluminium yang digunakan adalah aluminium yang memiliki paduan dengan silikon, tembaga, magnesium dan lain-lain. Selain itu paduan aluminium memiliki kelebihan antara lain memiliki berat jenis yang rendah (2.7 g/cm3), oleh sebab itu banyak digunakan dalam industri otomotif [2]. Salah satu jenis paduan aluminium yang digunakan sebagai material dasar pembuatan komponen otomotif adalah paduan aluminium Al-Si-Cu. Berdasarkan JIS (Japan International Standard) paduan aluminium yang digunakan untuk salah satu komponen otomotif adalah AC4B. Menurut AA (Association Aluminium) paduan Aluminum AC4B setara dengan AA 333 yaitu dengan paduan dominan Cu (2-4 wt %) dan Si (8-10 wt %) [5.7].

Latar belakang penelitian ini adalah sering terjadinya cacat shrinkage pada komponen cylinder head yang dilakukan dengan proses LPDC (Low Presure Die Casting). Penyebab terjadinya cacat shrinkage diantaranya disebabkan karena perbedaan ketebalan benda cor, terdapatnya bagian tebal yang tidak dapat dialiri logam cair secara utuh, saluran masuk dan penambahan tidak mendukung adanya solidifikasi progresif. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan penggunaan penghalus butir. Penghalus butir yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 wt % Ti dalam bentuk flux, pengaruh penghalus butir ini adalah untuk mempercepat laju reaksi pembentukan inti sehingga butir menjadi lebih kecil dan mengurangi tegangan permukaan [11].

Pada penelitian ini ditujukan untuk mempelajari pengaruh kandungan Ti sebagai penghalus butir terhadap karakteristik paduan AC4B pada proses low pressure die casting (LPDC). Skrispsi ini dikhususkan untuk mempelajari pengaruh penambahan 0.019 wt % Ti, dan 0.029 wt % Ti terhadap karakteristik paduan AC4B pada proses LPDC.

Leave a Reply