HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Mitigasi

Mitigasi  Mitigasi
Mitigasi

Mitigasi ~Mitigasi bencana merupakan sederet upaya serta tata cara untuk menanggulangi serta mengurangi resiko akan bahaya terjadinya bencana. Pada mitigasi bencana dilakukan berbagai upaya dengan bentuk pembangunan fisik ataupun sosialisasi untuk kemampuan menghadapi suatu bencana tertentu.

Dalam kegiatan mitigasi bencana dilakukan sejumlah aktivitas yang mampu mengurangi akibat dari bencana yang terjadi. Aktivitas tersebut dapat berbentuk pada suatu sosialisasi pengetahuan bagaimana antisipasi masyarakat akan terjadinya bencana. dari sejumlah kegiatan tesebut dapat mengurangi angka korban jiwa serta kerugian yang terjadi. Kerugian yang terjadi bisa berupa kematian ataupun kehilangan harta benda.

Adapun langkah-langkah awal yang ditempuh ketika melakukan mitigasi bencana berupa:

  1. Menganalisa resiko bencana yang ada pada suatu daerah tertentu
  2. Mampu mengetahui dengan jels apa bahaya yang ditimbulkan

Bebicara mengenai bahaya tentu saja kita hatus mengathui secara detai apa arti kata tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kita semakin mengerti dalam masalah penanggulanga bencana.

Bahaya merupakan suatu keadaan yang dapat mengancam nyawa seseoarang dengan kata lain suatu keadaan yang merugikan. Keadaan yang merugikan bisa berupa kehilangan nyawa taupun kehilangan harta benda.

Selain itu dari bahaya kita mengenal suatu kata yaitu kerentanan, kerentanan merupakan keadaan dimana penentu bahaya yang tejadi akan menimbulkan kerugian tau tidak. Rangkaian kondisi tersebut akan menimbulkan suatu sikap antisipasi akan adanya bahaya dari bencana. sikap antisipasi itu biasanya berbentuk pencegahan, persiapan, serta cakap dari akibat atau dampak yang ada dalam suatu bencana.

Kapasitas ialah suatu daya tampung yang dapat meeberikan keadaan dimana situasi yang terjadi dari bencana tersebut. Dari serangkaan yang ada akibat dari resiko bencana, resiko bencana merupakan suatu akibat yang dihasilkan dari suatu bencana yang bisa berbentuk kerugian.

Dalam menghitung resiko bencana juga terdapat bebrapa rumus yang digunakan salah satunya ialah:

   Risk (R) = H xV/ C

Keterangan =>   R  : Resiko Bencana
H  : Bahaya
V  : Kerentanan
C  : Kapasitas

Setalh megetahui dnegan jelas apa saja yang bisa disebabkan oleh bencana maka setelah itu hal yang perlu dilakukan ialah melakukan pencegahan akan adanya bahaya. Karena pada dasrnya mencegah lebih baik daripada mengatasi.

Demikian artikel yang berjudul Mitigasi. Demikian artikel yang mampu Kami sajikan, semoga artikel Kami mampu memberikan wawasan untuk anda.

Leave a Reply