HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Medan Elektromagnet Frekuensi Extrem Rendah dan Kadar High Density Lipoprotein-Colesterol

Judul : Pengaruh Medan Elektromagnet Frekuensi Extrem Rendah Terhadap Kadar High Density Lipoprotein-Colesterol (hdl-c) dan Kolesterol Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Medan elektromagnetik adalah medan listrik dan medan magnet yang dihasilkan oleh alam maupun peralatan elektronik yang bermuatan listrik. Manusia sebagai satu sistem biologi diantara sistem biologi lainnya, selalu terpajan oleh medan elektromagnetik (Anies, 2003). Seiring peran listrik yang nyata dalam berbagai prasarana kehidupan manusia antara lain dalam bidang kedokteran, trasnportasi, komunikasi, dan manufaktur, namun terlepas dari kebutuhan manusia akan listrik, sering pula dipertanyakan apakah produk listrik (medan listrik) mempunyai pengaruh biologis yang dapat merusak dan merugikan manusia atau makhluk hidup yang lainnya (Yunardi, 2000).

Berdasarkan penelitian dari WHO 2000, ketika listrik dialirkan memalui jaringan transmisi, distribusi, atau digunakan dalam berbagai perlatan, saat itu juga muncul “medan elektromagnetik” di sekitar saluran dan peralatan. Medan ini kemudian menyebar ke lingkungan dan menyebabkan polusi. Seberapa jauh merugikannya, itulah yang kini sedang diteliti WHO, terutama pada Extremly Low Frekuensi (ELF) atau disebut frekuensi rendah (Pikiran Rakyat, 2002).

Berdasarkan penelitian oleh Marino, et al. tahun 1976 dalam Yunardi (2000), paparan gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan, penurunan berat badan dan meningkatnya laju kematian pada keturunan tikus kenaikan berat badan tikus (Somer, 2004), penurunan jumlah telur dan berat testis pada tikus (Yunardi, 2000), peningkatan stres oksidatif pada telur ayam, burung laut, dan eritrosit manusia (Torres-duran, et al., 2007).

Penelitian pada manusia menunjukkan peningkatan 2 kali faktor risiko terkena leukimia pada anak yang terpajan medan elektromagnetik (Ahlbom, 2004), dan faktor risiko terjadinya kanker payudara (Anies, 2003). Selain itu juga timbul gejala yang tidak spesifik yaitu berupa gangguan tidur, tinitus, dan gangguan kecemasan (Husss dan Roosli, 2006)

Selain bahaya kesehatan diatas, ada kemungkinan efek yang baik yang dapat menguntungkan manusia. Dari penelitian yang dilakukan oleh Torres-Duran tahun 2007 menyebutkan terjadi kenaikan pada kadar High Density Lipoprotein-Colesterol pada tikus yang dipapar oleh ELF-EMF. Penelitian terhadap kelinci juga menunjukkan penurunan kadar asam lemak bebas dan trigliserida (Bellosi, 1996. Harakawa, 2004). Pada penelitian lain yang juga kelinci didapatkan bahwa kadar kolesterol dan trigliserida menurun secara signifikan dan kadar HDL meningkat secara signifikan juga (Luo, 2004). Perubahan dalam profil lipid sangat dimungkinkan karena berdasar penelitian yang dilakukan oleh Mustofa tahun 2001 dan Korczala tahun 2005, paparan radiasi radio frekuensi terhadap eritrosit manusia menunjukkan setelah 1 dan 2 jam paparan terjadi peningkatan jumlah lipid peroksidase Berdasar latar belakang di atas peneliti ingin mengetahui pengaruh medan elektromagnetik frekuensi extrim rendah terhadap kadar High Density Lipoprotein-Colesterol dan kolesterol dalam plasma.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi kesehatan lengkap / tesis kesehatan lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Leave a Reply