HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Marasmik-Kwashiorkor Dan Penyebabnya

Marasmik-kwashiorkor Marasmik-Kwashiorkor Dan Penyebabnya

Marasmik-kwashiorkor

Marasmik-kwashiorkor~ Marasmik Kwashiorkor merupakan bagian dari gizi buruk. Maramus sendiri merupakan gejala penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang mengalami kekurangan kalori.

Kwashiorkor merupakan gejal dari kekurangan gizi. Gizi yang dimaksud ialah suatu gizi yang sebagian besar membentuk tubuh salah satunya ialah protein.

Pada umumnya penyebab penyakit ini ialah kekurangan protein atau yang lebih sering disebut defisiensi protein.

Akan tetapi pada penyakit ini juga terjadi karena tidak terpenuhinya suatu kandungan nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh manusia.

Anak/bayi yang menderita marasmic-kwashiorkor mempunyai gejala (sindroma) gabungan kedua hal di atas. Seorang bayi yang menderita marasmus lalu berlanjut menjadi kwashiorkor atau sebaliknya tergantung dari makanan/gizinya dan sejauh mana cadangan energi dari lemak dan protein akan berkurang/habis terpakai.

Gejala-gejala yang dialami oleh penyakit Marasmik-kwashiorkor dapat meliputi:

  1. Rentan terkena infeksi pernafasan dan pencernaan
  2. Adanya pembengkaan pada tubuh
  3. pandangan mata terlihat sayu
  4. Memiliki rambut tipis kemerahan
  5. Mudah rewel
  6. Otot mengcil
  7. Adanya pembesaran hati
  8. Sering terjadi infeksi yang akut

Di setiap penyakit yang muncul tentu saja memiliki sebab yang beragam. Tak terkecuali pada penyakit Marasmik-kwashiorkor. Penyakit ini memiliki bergam penyebab akan tetapi penyebab utamanya ialah pola makan.

Pada bayi yang masih menyusui tentu saja mendapat asupan makanan lebih besar yaitu dari air susu ibu atau ASI. Akan tetapi ketika bayi tersebut tidak mengkonsumsi ASI sebagai makanan pokok akan digantikan kedalam makanan yang mengandung protein berupa (susu, telur, keju, tahu dan lain-lain).

Jika asuapan makanan tidak dapat dipeoleh dari kedua sumber yang telah dijelaskan bayi tersebut akan mengalami defisiensi protein yang amat berbahaya.

Hal tersebut didasarkan pada kurannya pengetahuan ibu akan penyakit tersebut. Sehingga dampak buruk lahir dari kurangnya pengetahuan tersebut.

Selain itu faktor lain yang menyebabkan timbulnya penyakit Marasmik-kwashiorkor ialah faktor ekonomi. Kemiskinan yang tejadi pada tiap keluarga akan mengurangi kualitas hidup dari keluarga tersebut, sehingga penyakit mudah datang.

Demikian artikel yang berjudul Marasmik-Kwashiorkor Dan Penyebabnya. Semoga artikel yang kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply