HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kurikulum Nasional Perguruan Tinggi

kurikulum ptn Kurikulum Nasional Perguruan Tinggi

Kurikulum Nasional Perguruan TinggiJenjang perguruan tingi memang suatu jenjang yang bisa dikatakan tahap akhir dalam pendidikan.

Yah, kendati disebut dengan jenjang perguruan tinggi tentu saja yang dimuat didalam penyelenggaraan pendidikan tersebut tidak sama dengan jenjang pendidikan dasar.

Penyelanggaraan sebuah pendidikan tentu saja dilandaskan oleh suatu tujuan tertentu. Dalam pelaksanaanya sendiri juga lebih mengacu pada kurikulum yang ada.

Lantas yang menjadi pertanyaan sekarang apa itu sebenarya kurikulum ? apa hanya sekedar seperangkat aturan penyelenggaraan atau yang seperti apakah kurikulum tersebut ?.

Pemerintah telah mengeluarkan peraturan NO. 17 tahun 2010 pasal 97. Dalam peraturan tersebut menyebutkan bahwa :

Kurikulum perguruan tinggi dikembangkan dan dilaksanakan berbasis kompetensi (KBK). Pelaksanaan KBk sendiri sudah seharusnya terlaksana di seluruh perguruan tinggi terhitung sejak akhir tahun 2002.

Akan tetapi banyak pihak dari penyelenggara pendidikan tinggi belum bisa menerapkan sistem tersebut dengan alasan atau kendala yang bermacam-macam. Hal ini menyebabkan pemerintah mengeluarkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Dengan adanya KKNI yang berlaku melalui delapan tahapan yaitu penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusuan Rencana Perkuliahan.

Sehingga capaian pembelajaran yang ada merupakan internalisasi serta akumulasi terhadap ilmu pengetahuan yang ada didasarkan oleh kompetensi. Selain ilmu pengetahuan tentu saja dibutuhkan ketrampilan, sikap yang harus dicapai melalui proses pendidikan yang berstruktur di semua bidang ilmu atau keahlian.

Agar kualitas perguruan tinggi lebih meningkat pesat harus memperhatikan rambu-rambu dalam pendidikan tinggi. Rambu-rambu tersebut meliputi :

  1. Outcomes
  2. Jumlah sks
  3. Waktu studi minimum
  4. Mata Kuliah Wajib : untuk mencapai hasil pembelajaran dengan kompetensi umum
  5. Proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa
  6. Akuntabilitas asesmen
  7. Perlunya Diploma Supplement (surat keterangan pelengkap ijazah dan transkrip)

Jika anda Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dengan lengkap IDtesis menyajikannya di bawah ini, dan bisa di download dengan GRATIS di http://id.scribd.com/doc/213039264/Kurikulum-Inti-PT

IDtesis juga merupakan solusi, konsultasi, dan refrensi bagi anda dalam Pembuatan Disertasi, Tesis, Dan Skripsi.

Leave a Reply