HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Program Magister Manajemen Universitas Lampung (UNILA)

Program Pascasarjana Universitas Lampung adalah salah satu barometer penting dari citra dan kualitas Universitas Lampung untuk menjadi sepuluh terbaik Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Saat ini Program Pascasarjana Universitas Lampung telah memasuki usia lebih dari satu dasawarsa sejak pembukaan Program Studi Magister Hukum pada tahun 1999. Dengan melihat apresiasi masyarakat, baik dari dalam maupun dari luar Provinsi Lampung cukup menggembirakan. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat untuk mengikuti program studi magister dan tuntutan pembukaan program studi doktor di Universitas Lampung

 

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Lampung (UNILA)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Perkembangan Fakultas
  7. Program Studi Sarjana
  8. Program Studi Magister

 

Akreditasi Magister Manajemen

Terakreditasi “A” 430/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2014

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Lampung (UNILA)

Pada tahun 1968, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta Cabang Tanjungkarang dengan keputusan Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Nomor 1 tahun 1968, diintegrasikan ke dalam Unila menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung semakin maju dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pembentukan Fakultas Teknik berdasarkan Surat Keputusan Presidium Unila Nomor 227/KPTS/Pres/1968 pada tanggal 5 Juli 1968. Namun karena adanya berbagai kendala, fakultas ini tidak dapat melanjutkan keberadaannya dan dengan Surat Keputusan Nomor 101/B-/11/72, Fakultas Tehnik tidak menerima mahasiswa baru lagi dan sejumlah mahasiswa fakultas ini disalurkan ke fakultas lainnya.

 

Unila mulai menyelenggarakan Program Pascasarjana yang dimulai oleh program studi Magister Tehnologi Agroindustri dan Magister Hukum, diikuti oleh Magister Manajemen dan Agronomi pada tahun 2000 dan Magister Tehnologi Pendidikan pada tahun 2001.

 

Keinginan mendirikan perguruan tinggi di Lampung merupakan cita-cita para tokoh masyarakat Lampung sejak tahun 1960-an, yang dimaksudkan sebagai wahana untuk mencerdaskan masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi, karena semakin banyak putera-puteri terbaik lulusan SMA yang harus pergi ke Jawa atau Palembang untuk dapat melanjutkan studinya. Di pihak lain, Provinsi Lampung yang baru terbentuk juga sangat memerlukan tenaga lulusan perguruan tinggi dalam jumlah banyak guna melaksanakan kegiatan pembangunan di daerah ini. Cita-cita pendirian perguruan tinggi di Lampung tersebut diupayakan terwujud oleh dua panitia, yaitu:

 

Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan (P3SL) yang berubah menjadi Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Lanjutan dan Fakultas (P3SLF) diketuai oleh Zainal Abidin Pagar Alam dan Sekretaris Tjan Djiit Soe.

Panitia Persiapan Pembentukan Yayasan Perguruan Tinggi Lampung (P3YPTL) diketuai oleh Nadirsjah Zaini, M.A. dan Sekretaris Hilman Hadikusuma .Kedua panitia dilebur menjadi Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL). Yayasan ini membentuk Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS), berkedudukan di Jalan Hasanuddin 34, Bandarlampung.

 

Visi

Pada Tahun 2025, Program Pascasarjana Unila menjadi Wahana Penelitian dan Pendidikan Tinggi yang Berkualitas dan Bermartabat Sepuluh Terbaik di Indonesia

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang S2 dan S3 dalam rangka menghasilkan lulusan yang mampu memutakhirkan Ipteks, berintegritas tinggi, bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mampu menghasilkan karya kreatif, original dan teruji untuk mendukung pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui diseminasi ipteks dan hasil-hasil penelitian untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat.
  4. Membentuk insan akademik yang beretika , profesional serta mengembangkan suasana dan budaya akademik yang dinamis dan kondusif.
  5. Memperbaiki mutu sarana dan prasarana serta manajemen PPs secara berkelanjutan.
  6. Meningkatkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan pihak lain.

 

Tujuan

Tujuan strategis Universitas Lampung disusun berdasarkan Visi, Misi, dan Tata Nilai Universitas Lampung sebagai berikut:

  • Mendapatkan akreditasi dari tingkat nasional, regional, dan internasional.
  • Memperbaiki peringkat secara bertahap dalam jajaran perguruan tinggi Indonesia.
  • Meningkatkan kuantitas publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional.
  • Meningkatkan produk intelektual yang mendapatkan HKI

Sejalan dengan hal tersebut, maka tujuan strategis Program Pascasarjana Universitas Lampung adalah:

  • Memperbaiki pencitraan Program Pascasarjana.
  • Semakin menguatkan kelembagaan Program Pascasarjana.
  • Mengembangkan manajemen internal Program Pascasarjana.
  • Meningkatkan penerapan baku mutu Program Pascasarjana.
  • Mendorong peningkatan jumlah dan kualitas program studi S2 maupun S3.
  • Mendorong terwujudnya pembangunan Gedung Program Pascasarjana Unila sebagai eksistensi kelembagaan dan pencitraan publik.

 

Perkembangan Fakultas

Setelah Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) dibentuk, maka didirikanlah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS). YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri. Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang. Berdasarkan keputusan Presiden Unsri Nomor D-40-7-1961, tanggal 14 Februari 1961, terhitung sejak 1 Februari 1961, FEHS Lampung ditetapkan sebagai Fakultas Ekonomi Cabang Unsri dan Fakultas Hukum Cabang Unsri berkedudukan di Telukbetung, Lampung. Pada tanggal 23 September 1965, keluar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 tahun 1965, yang meresmikan berdirinya Universitas Lampung sebagai universitas negeri di Lampung. Keputusan PTIP tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 73 tahun 1966. Sehingga dapat dikatakan bahwa FEB dan FH merupakan fakultas tertua yang lahir bersamaan.

Program Studi Sarjana

Prodi Ekonomi dan Bisnis

Prodi Hukum

Prodi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Prodi Pertanian

Prodi Teknik

Prodi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Prodi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Prodi Kedokteran

 

Program Studi Magister

Magister Ilmu Lingkungan

Magister Manajemen,

Magister Ilmu Ekonomi

Magister Ilmu Hukum

Magister Hukum

Magister Teknologi Pendidikan

Magister Manajemen Pendidikan

Magister Pendidikan IPS

Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Magister Agronomi

Magister Agribisnis

Magister Teknologi Agroindustri

Magister Ilmu Kehutanan

Magister Manajemen Sumber Daya Alam

Magister Teknik Sipil

Magister Ilmu Pemerintahan

Magister Ilmu Administrasi

Magister Kimia

Magister Biologi

Magister Matematika

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by