HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Psikologi: Studi Kasus Masalah Belajar dr Lingkungan Budaya

Judul Tesis : Studi Kasus Masalah Belajar dari Lingkungan Budaya

 

Latar Belakang

Lingkungan keluarga buruh lebih banyak waktunya dihabiskan untuk mencari nafkah demi kepentingan anaknya. Sehingga menyebabkan kurangnya perhatian terhadap anak dan anak akan berkembang secara alamiah, tanpa control dan bimbingan orang tua.Faktor-faktor yang menyebabkan orang tua kurang perhatian terhadap perkembangan anaknya antara lain : a) Pendidikan orang tua yang rendah; b) Rendahnya keadaan sosial ekonomi keluarga dan masyarakat; c) Rendahnya minat untuk menyekolahkan anaknya; d) Pengaruh lingkungan.

Karena kondisi yang demikian mengakibatkan anak akan belajar sekenanya, yang akibatnya anak cenderung memilih bermain-main atau membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dibandingkan untuk belajar. Sehingga semua tugas sekolah dikerjakan dengan tidak sungguh–sungguh yang mengakibatkan hasil belajar yang diraihnya menjadi rendah. Selain itu orang tua dari keluarga buruh tidak ada waktu untuk menunggui anak saat belajar, sehingga anak yang berkesulitan dalam memecahkan masalah belajar tidak dapat diselesaikan dengan baik.

 

Rumusan Masalah

“Masalah belajar apa sajakah dari siswa yang berasal dari lingkungan budaya keluarga buruh pada siswa kelas V di SD N 03 Malanggetan Kebakkramat Karanganyar?”.

Landasan Teori

Budaya

Budaya menurut S.Takdir Alisyahbana (1998: 207) adalah “Suatu keseluruhan yang kompleks yang terjadi dari unsur-unsur yang berbeda-beda seperti pengetahuan kepercayaan, seni, hukum, moral, adat dan istiadat dan segala kecakapan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

 

Masalah Belajar

Alan O. Roos dalam Diagnostik Kesulitan Belajar Remedial (2002: 15), menjelaskan bahwa : “Masalah belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar”.

 

Masalah Belajar dalam Keluarga

Menurut Abu Ahmadi ( 2004: 287) masalah belajar yang dialami anak dapat berasal keluarga yang meliputi faktor orang tua, suasana rumah dan kehidupan ekonomi (status sosial ekonomi) keluarga.

 

Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah studi kasus tentang masalah belajar siswa kelas V yang berasal dari keluarga buruh. Penelitian kasus merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien, maknanya peneliti mengadakan telaah secara mendalam tentang suatu kasus, kesimpulan hanya berlaku atau terbatas pada kasus tertentu saja. (Iskandar, 2008 : 207).

 

Kesimpulan

  1. Masalah belajar siswa yang berasal dari lingkungan budaya keluarga buruh pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Malanggetan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009.
  2. Sebab – sebab yang melatarbelakangi masalah belajar pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009.
  3. Alternatif mengatasi masalah belajar dari siswa yang berasal dari lingkungan budaya keluarga buruh pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2008/2009.

 

Contoh Skripsi Psikologi

  1. Studi Kasus Masalah Belajar dari Lingkungan Budaya.
  2. Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali kelarutan di Tinjau dari Gaya Kognitif dan Nilai Kinerja di Laboratorium.
  3. Kesiapan Menikah pada Wanita Dewasa Madya yang bekerja.
  4. Konflik Kehidupan Seorang Clubber.
  5. Pengaruh Tayangan Edukatif terhadap Kreativitas Verbal pada Anak Usia Sekolah di SD Harapan III Medan.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply