HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Psikologi: Prestasi Bljr Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Judul Tesis : Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Tinjau dari Gaya Kognitif dan Nilai Kinerja di Laboratorium

 

Latar Belakang

Dalam kaitannya dengan kepentingan untuk meningkatkan kualitas SDM, serangkaian proses pendidikan perlu terus menerus diupayakan peningkatan kualitasnya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Sebagaimana dideskripsikan dalam Pasal 4 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 1989, pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pemerintah dalam hal ini Depdiknas sebagai salah satu penyempurna penyelenggaraan pendidikan nasional melakukan pembaharuan kurikulum. Pemerintah memberikan kebijakan tentang kurikulum berbasis kompetensi yang didasarkan pada PP Nomor 25 tahun 2000 tentang pembagian kewenangan pusat dan daerah. Pada PP ini, dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, dinyatakan bahwa kewenangan pusat adalah dalam hal penetapan standar kompetensi peserta didik dan warga belajar secara nasional serta kurikulum nasional dan penilaian hasil belajar secara nasional serta pedoman pelaksanaannya dan penetapan standar materi pokok (Ditjen, Dikdasmen, Depdiknas, 2003: 1).

 

Rumusan Masalah

  1. Apakah siswa yang mempunyai gaya kognitif tinggi akan mempunyai prestasi belajar yang tinggi pula?
  2. Apakah siswa yang mempunyai nilai kinerja di laboratorium tinggi akan mempunyai prestasi belajar yang tinggi pula?

 

Landasan Teori

Prestasi Belajar

Menurut Zainal Arifin (1990: 2) kata prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu “prestatie”. Prestatie dalam bahasa Indonesia menjadi prestasi yang berarti hasil usaha. Menurut The Liang Gie (1988: 190) mengemukakan pendapat bahwa “sebuah pengalaman yang memberikan kepada seorang gabungan perasaan” dan prestasi yang sering mendatangkan konsekuensi berupa imbalan. Imbalan yang bersifat material, psikologi atau sosial.

 

Gaya Kognitif

menurut Messick (1976: 81) mengatakan bahwa gaya kognitif adalah cara khas atau kebiasaan seseorang yang relatif tetap dalam memilih, menyandi, dan mengingat informasi untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

 

Penilaian

Menurut Ign. Masidjo (1995:14), kegiatan pengukuran sifat suatu obyek melalui aturan-aturan tertentu sehingga kuantitas yang diperoleh benar-benar mewakili sifat dari suatu objek yang dimaksud. Kegiatan penilaian suatu objek adalah suatu kegiatan membandingkan hasil pengukuran sifat suatu objek dengan suatu acuan yang relevan sedemikian rupa sehingga diperoleh kualitas suatu objek yang bersifat kuantitatif. Kualitas yang diperoleh dari kegiatan penilaian disebut dengan nilai.

 

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 128 siswa.Karena populasi terdiri dari 3 kelas, maka sampel yang diambil adalah 1 kelas sebanyak 43 siswa.Variabel adalah sesuatu yang menjadi dasar obyek pengamatan sebagai faktor yang berperan dalam peristiwa yang diteliti.

 

Kesimpulan

  1. Ada korelasi positif antara gaya kognitif dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan rhitung 0,3533(rtabel = 0,3010),
  2. Ada korelasi positif antara nilai kinerja di laboratorium dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan rhitung 0,3993 (rtabel = 0,3010),
  3. Ada korelasi positif antara gaya kognitif dan nilai kinerja di laboratorium dengan prestasi belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Rhitung 0,4641 (Ftabel = 3,2300).

 

Contoh Skripsi Psikologi

  1. Studi Kasus Masalah Belajar dari Lingkungan Budaya.
  2. Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali kelarutan di Tinjau dari Gaya Kognitif dan Nilai Kinerja di Laboratorium.
  3. Kesiapan Menikah pada Wanita Dewasa Madya yang bekerja.
  4. Konflik Kehidupan Seorang Clubber.
  5. Pengaruh Tayangan Edukatif terhadap Kreativitas Verbal pada Anak Usia Sekolah di SD Harapan III Medan.

 

Leave a Reply