HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Teknik Tata Cahaya ( Lighting) Acara Koes Plus Kembali & Taman Gabusan

Judul Tesis : Teknik Tata Cahaya ( Lighting) Acara Koes Plus Kembali & Taman Gabusan di TVRI Stasiun Jogjakarta

 

A. Latar Belakang

Siaran menjadi sangat efektif untuk membentuk opini publik. Pada saat ini penerapan manajemen penyiaran di Indonesia telah memiliki orientasi tujuan yang seimbang. Televisi Republik Indonesia dan juga Televisi-televisi swasta sekarang ini tidak hanya berfungsi untuk meraih keuntungan yang bersifat idiil, tetapi juga kearah yang bersifat materiil. Karena apabila hanya menjalankan salah satu misi saja, akan terjadi ketimpangan-ketimpangan yang nantinya akan membuat khalayak yang menyaksikan akan merasa bosan. Oleh karena itu, tujuan idiil dan materiil harus berada dalam keadaan yang tetap seimbang.

Siaran berdampak luas di semua segi kehidupan masyarakat. Ia dapat menjadi sarana yang bersifat informatif, edukatif, persuasif, stimulatif, dan menghibur. Siaran, khususnya siaran televisi karena sifatnya yang audio-visual gerak dan sinkron memiliki kemampuan untuk memotivasi perubahan di masyarakat. Apakah itu perubahan sosial budaya, tingkah laku, sikap dan pendapat, bahkan sesuatu yang bersifat ideologis dan filosofis.

 

B. Tujuan

  1. Memenuhi kewajiban mengikuti KKM sebagai persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Ahli Madya (A,md) program studi penyiaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas maret.
  2. Untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan oleh penulis selama mengikuti perkuliahan.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Lighting

Cahaya merupakan gelombang elekromagnetik yang bisa dilihat dengan mata. Cahaya mempunyai sifat bergerak lurus ke semua arah dan dapat dipantulkan. Buktinya adalah kita dapat melihat sebuah lampu yang menyala dari segala penjuru dalam sebuah ruang gelap. Apabila cahaya terhalang, bayangan yang dihasilkan disebabkan cahaya yang bergerak lurus tidak dapat berbelok tetapi dapat dipantulkan (Bernard, 1989).

Tujuan Lighting

Teknik pencahayaan terhadap obyek yang diambil tidak hanya sinar harus cukup, lebih dari itu, yaitu harus mengandung unsur seni atau disebut juga unsur artistik. Dengan demikian seorang penata cahaya selain mengetahui teknik produksi juga harus mengetahui teknik listrik sekaligus mempunyai jiwa seni dalam penataan cahaya.

Sasaran Lighting

Sasaran dari tata cahaya pada dasarnya adalah :

  1. Menyinari scene sehingga dihasilkan gambar yang dapat dipahami atau dilihat tanpa menyilaukan mata.
  2. Menghasilkan video signal yang bebas noise dan gangguan lainnya.
  3. Menghasilkan gambar yang menyenangkan melalui distribusi cahaya dan bayangan secara artistik.

 

D. Kesimpulan

  1. Ilmu yang penulis peroleh dibangku perkuliahan sangat membantu penulis ketika diterapkan dalam dunia kerja, meskipun tidak selalu sama dengan praktik di lapangan.
  2. Rasa tanggung jawab yang besar serta kedisiplinan yang tinggi sangat dijunjung di dalam dunia broadcasting guna mencapai target yang kita inginkan.
  3. Kerjasama tim yang baik sangatlah mempengaruhi kesuksesan dari proses produksi yang sedang dilakukan, dan untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

E. Saran Tesis

  1. Saran bagi program DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret adalah :
    1. Diharapkan pada waktu pelaksanaan magang dilakukan kunjungan langsung ke tempat pelaksanaan magang oleh dosen pembimbing. Selama ini hal tersebut hanyalah sebuah wacana tanpa realisasi yang nyata. Padahal jika kunjungan tersebut dilaksanakan maka dosen pembimbing dapat memantau pelaksanaan magang dan juga untuk menjalin kerjasama dengann instansi terkait.
    2. Panitia KKM yang selanjutnya agar lebih bertanggung jawab pada tugas-tugasnya dan tidak hanya mementingkan diri sendiri.
  2. Saran bagi TVRI Stasiun Yogyakarta adalah :
    1. Dengan banyaknya televisi swasta yang ada di Indonesia, TVRI hendaknya lebih selektif dalam menayangkan program acara unggulannya, agar menampilkan acara yang menarik perhatian banyak pemirsa.
    2. Dalam merencanakan produksi hendaknya membuat Time Schedule agar perencanaan yang telah disusun, selesai pada waktu yang telah ditentukan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Penulisan Soft News ( Feature ) Pada Program Acara Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV
  2. Teknik Tata Cahaya ( Lighting) Acara Koes Plus Kembali & Taman Gabusan Di Tvri Stasiun
  3. Tugas Periset Dalam Produksi Acara Feature di PH MEDIA VISITAMA Communication
  4. Dolanan Anak Sebagai Media Komunikasi Tradisional Komunitas Anak-Anak Di Jawa Tengah
  5. Berita Kriminal di Televisi dan Kesenjangan Kepuasan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply