HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Live Report di Radio Trijaya FM Yogyakarta

Judul Tesis : Live Report di Radio Trijaya FM Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Meskipun saat ini banyak berbagai macam stasiun radio mengudara dan sukses dalam menerapkan konsep jurnalistiknya, namun banyak juga yang masih enggan untuk mengembangkan program berita dengan berbagai macam alasan. Trijaya FM Yogyakarta merupakan salah satu contoh dari sekian banyak stasiun radio yang dapat menunjukkan keberhasilannya dalam mengembangkan jurnalistik radio. Mereka mempunyai pola pikir yang dapat menyimpulkan bahwa suatu informasi mampu menempatkan posisi radio sebagai pilar demokratis dan perubahan sosial, dan secara ekonomis mampu memberikan kontribusi dominan terhadap kinerja perusahaan. Trijaya FM Yogyakarta, walaupun masih bisa dibilang baru dalam pengudaraannya, karena baru berdiri sejak tahun 2002 lalu, namun kiprahnya sebagai News Radio dapat diacungi jempol. Hingga sekarang ini mereka tetap eksis dan mampu membuktikan bahwa News Radio juga banyak diminati oleh khalayak.

Hal diatas itulah yang pada akhirnya melatarbelakangi penulis untuk melaksanakan KKM (Kuliah Kerja Media) di stasiun Radio Trijaya FM Yogyakarta yang merupakan salah satu dari sekian banyak News Radio yang ada di Indonesia. Radio ini merupakan satu dari 13 jaringan Radio Trijaya FM. Sedangkan 12 jaringan Radio Trijaya FM lainnya yaitu Medan, Palembang, Dumai, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Madiun Pontianak, Manado, Kendari, dan Banjarmasin.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM)

  1. Secara umum tujuan dari KKM ini adalah sebagai syarat bagi penulis untuk menyelesaikan Tugas Akhir perkuliahan di jurusan Broadcasting FISIP UNS, sehingga penulis bisa mendapatkan gelar Ahli Madya Komunikasi Terapan.
  2. Untuk menerapkan dan mempraktekkan semua pengetahuan, teori dan ilmu yang didapat dibangku kuliah kedalam dunia kerja yang sesungguhnya.
  3. Agar penulis memiliki gambaran mengenai dunia komunikasi penyiaran secara nyata, terutama pada lembaga media penyiaran yang bertumpu pada jurnalistik radio.

 

C. Landasan Teori

Radio Sebagai Media Jurnalistik

Spesifikasi bentuk penyiaran ini dalam perkembangannya menjadi tidak mutlak. Berbagai stasiun radio kerap mengkombinasikannya. Ada yang merancang program siarannya, antara lain misalnya orientasi informasi dengan analitikal. Sedangkan untuk kerangka penyampaian komunikasinya (sounding fragments), dengan mengkombinasikan teknik siaran radio report, sound illustrations, radio note, radio review, dan radio sketch (Santana K., 2005:110-111).

Reportase

Menurut Asep Syamsul M. Romli, S.IP. (2003:7-9), reportase adalah kegiatan jurnalistik berupa meliput lngsung ke lapangan, ke “TKP” (tempat kejadian perkara). Wartawan mendatangi tempat kejadian, lalu mengumpulkan fakta dan data seputar peristiwa tersebut.

Ragam Live Report

Live Report radio sama halnya dengan jurnalistik radio. Kalau dilihat dari segi pemberitaan, suatu Live Report pada hakikatnya juga merupakan suatu berita. Hanya saja beritanya sangat panjang dan diberitakan pada waktu peristiwa sedang berlangsung. Live Report dilakukan oleh seorang reporter dengan menggunakan durasi waktu tertentu, dengan menceritakan suatu peristiwa secara ringkas dari lokasi kejadian. Biasanya, laporan semacam ini disajikan ditengah-tengah buletin berita yang sedang disiarkan.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan penulis pada Bab I sampai Bab IV sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa Live Report di Radio Trijaya FM Yogyakarta merupakan sebuah program yang dapat menjadi pembeda diantara station radio lainnya pada saat ini banyak station radio yang mebgudara dengan mengunggulkan siaran musiknya. Dengan adanya Live Report ini, khalayak dapat mengetahui kejadian apa yang sedang terjadi disekitarnya. Keakuratan serta aktualitas yang ada menjadi daya tarik bagi khalayak pendengar khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Proses yang lazimnya dilakukan seorang reporter saat melakukan Live Report antara lain perencanaan, peliputan, penulisan, penyiaran berita, serta evaluasi. Hal ini telah dilakukan oleh reporter Radio Trijaya FM Yogyakarta saat melakukan live report. Ditinjau dari aspek segmentasinya seperti yang dikemukakan oleh Masduki (2001), Trijaya FM Yogyakarta juga telah mengacu pada tiga factor yang menjadikan suatu berita itu layak seperti yang telah disebutkan yaitu geografis, sosiografis, dan psikografis.

 

E. Saran

  1. Format sebagian besar yang bersifat news tetap dipertahankan agar dapat menjadikan cirri yang khas bagi Radio Trijaya FM Yogyakarta
  2. Memperbanyak program siaran yang diproduksi oleh Radio Trijaya FM Yogyakarta
  3. Perlu adanya koordinasi yang baik untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan antar karyawan maupun kru Radio Trijaya FM Yogyakarta

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Live Report di Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  2. Penulisan Soft News ( Feature ) Pada Program Acara Pawartos Ngayogyakarta Jogja Tv
  3. Teknik Tata Cahaya ( Lighting) Acara Koes Plus Kembali & Taman Gabusan di TVRI Stasiun
  4. Tugas Periset dalam Produksi Acara Feature di Ph Media Visitama Communication
  5. Dolanan Anak Sebagai Media Komunikasi Tradisional Komunitas Anak-Anak di Jawa Tengah
Incoming search terms:

Leave a Reply