HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Komunikasi PeTesis Komunikasi: Komunikasi Pemasaran “Telkomsel Flash” masaran “Telkomsel Flash”

Judul Tesis : Komunikasi Pemasaran “Telkomsel Flash” (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran Telkomsel Flash oleh PT. Telkomsel Surakarta Periode 2009)

 

A. Latar Belakang

Era modern saat ini telah membawa kita pada kemudahan berkomunikasi dengan orang lain. Proses komunikasi tidak lagi harus bertatap muka (face to face) antara komunikator dengan komunikan. Pada dasarnya komunikasi adalah sebuah proses penyampaian informasi. Pada masa sekarang ini, perkembangan informasi merupakan salah satu hal yang mutlak dibutuhkan guna sebagai sarana komunikasi di seluruh dunia. Oleh karena itu dibutuhkanlah suatu bentuk teknologi yang mampu menyampaikan informasi ke seluruh dunia secara cepat dan tepat.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, penemuanpenemuan teknologi terapan, komputer, dan sistem transmisi elektronik jarak jauh yang ditunjang oleh satelit telah menciptakan berbagai sarana informasi yang serba canggih, dari penemuan tersebut maka penyebaran informasi akan semakin cepat. Informasi sendiri pada dasarnya dapat diperoleh dari beberapa sumber, dimana fungsi dari informasi ini adalah untuk membantu pengambilan keputusan secara lebih mudah dan cepat. Informasi ini bisa didapat dari media informasi dalam bentuk surat kabar, majalah, bukubuku ilmiah dan yang paling baru saat ini yaitu internet.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimanakah penerapan bauran komunikasi pemasaran produk TELKOMSELFlash yang dilaksanakan oleh PT. TELKOMSEL di Surakarta?

 

C. Tinjauan Pustaka

Komunikasi

Menurut Wilbur Schramm sebagaimana dikutip Terence A. Shimp kata komunikasi berasal dari bahasa latin communis, yang berarti “sama” (dalam bahasa Inggris: common). Komunikasi dapat dianggap proses penciptaan suatu kesamaan (commonness) atau suatu kesatuan pemikiran antara pengirim dan penerima (Shimp, 2003 : 163). Kunci utama dari definisi ini adalah diperlukan kesamaan pikiran yang dikembangkan antara pengirim dan penerima jika terjadi komunikasi. Kesamaan pemikiran ini membutuhkan adanya hubungan saling berbagi (sharing) antara pengirim (seperti pengiklan) dengan penerima (konsumen).

Produk (product)

Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan (Fandy Tjiptono, 1997: 95). Dalam hal ini menyangkut pemilihan barang atau jasa yang ditawarkan secara nyata kepada pasar, meliputi ciriciri dan wujud produk, kemasan, merek, dan kebijakan pelayanannya.

 

Promosi (promotion)

Merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan dan konsumen sasaran. Aktivitas promosi memainkan peranan penting dalam menempatkan posisi produk dimata dan benak pembeli.

 

D. Metode Penelitian Tesis 

Penelitian ini hanya akan memberikan suatu penjelasan mengenai suatu fenomena maka digunakan metode penelitian deskriptif.

Penelitian ini mengambil lokasi di PT. TELKOMSEL cabang Surakarta, Jalan Slamet Riyadi No.433 Surakarta 57142.

Sumber data penelitian ini adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Snowball Sampling.

 

E. Kesimpulan

Bauran promosi yang dilaksanakan dalam TELKOMSELFlash disimpulkan sebagai berikut:

  1. Periklanan (advertising)
  2. Promosi Penjualan (sales promotion)
  3. Hubungan Masyarakat (public relations)
  4. Penjualan Tatap Muka (personal selling)
  5. Pemasaran Langsung (direct selling)

Kelima alat bauran promosi diatas dilaksanakan secara bersamasama dan terpadu atau biasa disebut Integrated Marketing Communication (IMC) dimana tujuan pelaksanaan alat bauran promosi diatas secara bersamasama dan terpadu adalah untuk menghasilkan pesan lebih konsisten dan pengaruh penjualan yang lebih besar. Hasil penelitian juga menunjukkan respon konsumen yang positif terhadap produk TELKOMSELFlash.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

Leave a Reply