HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntasi : Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, & Total Assets Turn Over trhdp Perubahan Laba

Judul Tesis : Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Total Assets Turn Over terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang Tesis

Laba suatu perusahaan atau kelompok industri tertentu sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi. Disisi lain kepekaan suatu industri terhadap pasar berbedabeda mengindikasikan bahwa antara industri memiliki risiko yang berbeda, demikian pula tingkat profitabilitas, peluang berkembang, dan prospek masa depan. Informasi akuntansi dalam bentuk rasio keuangan merupakan salah satu acuan bagi investor untuk menganalisa fenomena bisnis yang berbeda.

Rasio keuangan merupakan instrumen analisis prestasi perusahaan yang menjelaskan berbagai hubungan dan indikator keuangan, yang ditujukan untuk menunjukkan perubahan dalam kondisi keuangan atau prestasi operasi di masa lalu dan membantu menggambarkan trend pola perubahan tersebut, untuk kemudian menunjukkan resiko dan peluang yang melekat pada perusahaan yang bersangkutan (Helfert dalam Warsidi dan Bambang 2000:1). Besar kecilnya laba dapat dilihat dari peningkatan atau penurunan rasio keuangan, sehingga pemakai dapat melihat kondisi perusahaan yang bersangkutan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), dan total assets turn over (TATO) secara simultan terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta?
  2. Bagaimana pengaruh current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), dan total assets turn over (TATO) secara parsial terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian dan Karakteristik Laba

Menurut akuntansi yang dimaksud dengan laba akuntansi itu adalah perbedaan antara revenue yang direalisasi yang timbul dari transaksi pada periode tertentu dihadapkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan pada periode tersebut: (Harahap 1995:147)

Perubahan Laba

Perubahan laba adalah kenaikan atau penurunan laba pertahun ketahun. Laba yang digunakan adalah laba relatif. Digunakannya angka relatif didasari alasan angka laba tersebut lebih representatif dibandingkan laba absolute. Dasar perhitungan laba adalah laba sebelum pajak (Machfoedz dalam Warsidi dan Bambang 2000:6).

 

Profitabilitas

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan (Hanafi 2004:36). Sedangkan menurut Weston dan Brigham (1993:304) profitabilitas adalah merupakan hasil bersih dari serangkaian kebijakan dan pengelolaan aktiva, selain itu untuk menunjukkan gabungan dari likuiditas pengelolaan aktiva dan pengelolaan hutang terhadap hasil-hasil operasi.

 

D. Metode Penelitian

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh CR, DER, dan TATO secara simultan dan parsial terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar (listing) di Bursa Efek Jakarta pada periode penelitian yaitu tahun 2001 sampai dengan tahun 2004.

Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode random sampling. Yaitu berjumlah 44 perusahaan.

Variabel independen dari penelitian ini adalah CR, DER, dan TATO, yang termasuk dalam empat kategori likuiditas, solvabilitas, dan aktivitas sedangkan variabel dependennya adalah perubahan laba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan studi pustaka.

Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik.

Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t.

 

E. Kesimpulan

  1. Secara simultan ketiga rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Total Assets Turn Over (TATO) dapat berpengaruh terhadap perubahan laba, dengan konstribusi sebesar 52,4%.
  2. CR secara parsial berpengaruh positif terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta dengan nilai signifikasi uji variabel CR terhadap perubahan laba sebesar 0,005<5%.
  3. DER secara parsial berpengaruh positif terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta dengan nilai signifikasi uji variabel DER terhadap perubahan laba sebesar 0,000<5%.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi
  4. Kemadirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas XI-IPS
  5. Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply