HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Prosedur Evaluasi LAKIP oleh Kantor Perwakilan BPKP

Judul Tesis : Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Perwakilan BPKP provinsi Jawa Tengah yang merupakan kepanjangan tangan dari BPKP pusat, merupakan instansi vertikal di provinsi Jawa Tengah yang bertanggung jawab secara langsung kepada kepala BPKP. Tugas BPKP Jawa Tengah adalah melakukan pengawasan keuangan dan pembangunan serta penyelenggaraan akuntabilitas keuangan daerah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku (tupoksi BPKP).

Pengawasan yang dimaksud adalah tidak hanya mencakup audit/pemeriksaan saja, akan tetapi juga melakukan pelayanan perbaikan manajemen untuk lebih mendorong efisiensi dan efektifitas kinerja instansi dan birokrasi yang dimiliki negara. Selain itu BPKP bertugas sebagai aparat pengawasan internal pemerintahan dalam mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang bersih serta meningkatkan upaya mencegah dan memerangi Korupsi ,Kolusi dan Nepotisme.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana prosedur evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah

 

C. Landasan Teori

PROSEDUR

Definisi prosedur menurut (Mulyadi, 1997:6) adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi- transaksi perusahaan yang terjadi secara berulangulang.

 

EVALUASI

Istilah Evaluasi dapat disamakan dengan penaksiran (appraisal ), pemberian angka ( rating ) dan penilaian (assesment ). Evaluasi kinerja sangat penting untuk menilai akuntabilitas organisasi dalam menghasilkan pelayanan publik. Akuntabilitas bukan sekedar kemampuan menunjukkan bagaimana uang publik dibelanjakan, akan tetapi meliputi apakah uang tersebut dibelanjakan secara ekonomis, efektif, dan efisien.

Pengertian akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kemempuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi. (Syahrudin Rasul;2002,8)

 

D. Metode Penelitian

Objek kajian dalam penelitian ini adalah prosedur evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Interview, Library Search, Dokumentasi

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Evaluasi LAKIP merupakan evaluasi terhadap kinerja suatu instansi pemerintah untuk memberikan pertanggung-jawaban atas pelaksanaan amanat yang diberikan oleh masyarakat sebagai pemberi amanat.
  2. Evaluasi yang terdapat dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( LAKIP ).
  • Evaluasi atas akuntabilitas keuangan.

Evaluasi atas akuntabilitas keuangan dilakukan pada tahapantahapan yang dilalui mulai dari perumusan rencana keuangan pelaksanaan pembiayaan kegiatan evaluasi atas kinerja keuangan dan pelaksanaan pelaporannya.

  • Evaluasi atas ketaatan pada peraturan perundang-undangan.

Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan organisasi, pengelolaan keuangan dan sumber daya, dan laporan keuangan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Evaluasi ini untuk sementara belum dapat dilaksanakan oleh BPKP.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Penentuan Harga Pokok Produksi Teh di Perkebunan Tambi, Wonosobo
  2. Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Oleh Kantor Perwakilan BPKP
  3. Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah pada Kantor Perwakilan BPKP
  4. Prosedur Pembelian Persediaan pada Primkop Polwiltabes Semarang
  5. Prosedur Penanganan Kredit Macet Pada PD BPR Bank Pasar Pati

 


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print