HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Analisis Rentabilitas pd Koperasi Serba Usaha Karyawan PEMDA

Judul Tesis : Analisis Rentabilitas pada Koperasi Serba Usaha Karyawan PEMDA Kota Semarang Tahun 2000-2004

 

A. Latar Belakang

Ukuran yang seringkali dipakai untuk menilai berhasil atau tidaknya suatu perusahaan adalah laba yang diperoleh perusahaan (Mulyadi, 2001:225). Akan tetapi laba yang besar belum cukup sebagai ukuran keberhasilan koperasi/perusahaan bekerja dengan efisien. Efisien baru dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh dengan kekayaan atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan demikian yang perlu diperhatikan oleh koperasi tidak hanya memperbesar laba, tetapi yang lebih penting adalah usaha untuk mempertinggi rentabilitasnya. Oleh karena itu koperasi lebih diarahkan untuk mempertinggi tingkat rentabilitas maksimal dari pada laba maksimal. Dengan rentabilitas maka dapat diketahui kemampuan koperasi untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.

Koperasi Serba Usaha Karyawan merupakan koperasi yang beranggotakan para pegawai negeri. Pegawai negeri merupakan pegawai pemerintah yang berada diluar politik, yang kegiatannya melaksanakan administrasi pemerintah berdasarkan perundang–undangan yang telah ditetapkan. Dari hasil analisis laporan keuangan diperoleh bahwa rentabilitas pada Koperasi Serba Usaha Karyawan menunjukkan tingkat rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri selama lima tahun (2000-2004) masih rendah, sedangkan yang diharapkan oleh setiap perusahaan adalah mencapai tingkat rentabilitas yang tinggi. Sebagai alternatif solusinya adalah dengan dengan cara pembatasan kredit pada pihak ketiga dan mengadakan pemupukan modal usaha dalam bentuk modal sendiri berupa simpanan pokok dan simpanan wajib.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapakah tingkat rentabilitas Koperasi Serba Usaha Karyawan sejak tahun 2000–2004 ?
  2. Bagaimana perkembangan rentabilitas Koperasi serba Usaha Karyawan sejak tahun 2000–2004 ?

 

C. Landasan Teori

Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat, yang berdasar atas asas kekeluargaan (UU No.25/1992).

 

Rentabilitas/Profitabilitas

Rentabilitas adalah perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut (Riyanto,2001:35). Menurut Munawir (1992:86) profitabilitas adalah suatu ukuran yang menhubungkan antara keuntungan atau laba yang diperoleh dari kegiatan pokok perusahaan dengan kekayaan (assets) yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan (operating assets). Menurut Djarwanto (1989:35) profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba yang diperoleh dari modal/dana yang berasal dari pinjaman dan dari modal sendiri yang telah digunakan dalam kegiatan operasional.

 

Rentabilitas Ekonomi / ROI

Rentabilitas ekonomi dan biasa disebut ROI atau earning power adalah ukuran kemampuan perusahaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba dan dinyatakan dalam persentase (Riyanto,2001:36). Sedangkan menurut Munawir (1992:89) ROI (Return on Investment) adalah suatu bentuk rasio profitabilitas yang dimaksudkan untuk dapat mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan dana yang ditanam dalam aktiva yang digunakan untuk kegiatan usaha perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini mengambil lokasi pada Koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota Semarang yang beralamat di Jl. Pemuda No. 148 Semarang.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah dengan menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi.

Analisis data menggunakan analisis rasio dan analisis trend.

 

E. Kesimpulan

  1. Rata-rata rasio rentabilitas ekonomi selama lima tahun sebesar 2,44% lebih rendah bila dibandingkan standar rasio yang ditetapkan oleh Departemen Koperasi sebesar 8%. Ini berarti rentabilitas koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota semarang tidak efisien menunjukkan adanya pemborosan biaya sehingga mengakibatkan perputaran assets turun.
  2. Terjadi trend menurun pada perkembangan rentabilitas ekonomi disebabnya adanya menurunnya profit margin dan tidak berkembangnya turnover of operating assets dan menunjukkan koperasi belum dapat mensejahterakan anggotanya.
  3. Rata-rata rasio rentabilitas modal sendiri selama lima tahun sebesar 8,07% lebih rendah bila dibandingkan standar rasio yang ditetapkan oleh Departemen Koperasi sebesar 14%. Ini berarti rentabilitas koperasi Serba Usaha Karyawan Pemda Kota semarang tidak efisien.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha Karyawan PEMDA Kota Semarang
  2. Penentuan Harga Pokok Produksi The di Perkebunan Tambi, Wonosobo
  3. Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Oleh Kantor Perwakilan BPKP
  4. Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan BPKP
  5. Prosedur Pembelian Persediaan pada Primkop Polwiltabes Semarang

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)