HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi: Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah

Judul Tesis: Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar

 

A. Latar Belakang

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak yang luas dan kompleks. Kemajuan tersebut tentunya memerlukan kesiapsediaan semua pihak terlebih di era globalisasi, sekarang ini dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam menghadapi dan mengantisipasi kemajuan tersebut. Unsur yang benar-benar harus disiapkan adalah sumber daya manusia selain itu pada dasarnya peranan pemerintah dalam negeri mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mensukseskan pembangunan nasional yang sesuai dengan cita-cita pancasila.

Di negara-negara yang sedang berkembang bahwa pelaksanaan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan seluruh masyarakat, peran serta pemerintah dan aparatnya tetap penting dan cenderung dominan. Konsekuensi logis dari pernyataan bahwa pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan seluruh masyarakat baik secara sendiri-sendiri maupun secara formal melalui berbagai jenis usaha yang terdapat dalam masyarakat harus turut aktif dalam proses pembangunan tersebut.

 

B. Manfaat Praktik Lapangan Mandiri (PKLM)

  1. Mengaplikasikan disiplin ilmu yang telah dipelajari kedalam permasalahan yang timbul selama melaksanakan Praktik Kerja Roma Ira Pria Hasianna : Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar, 2010. Lapangan Mandiri (PKLM) pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.
  2. Mempelajari prilaku dan keahlian baru serta mempelajari bentuk tim dan kerja sama.

 

C. Landasan Teori Tesis

Objek Retribusi

Objak Retribusi pasar adalah orang pribadi atau badan yang berjualan di pusat pasar baik di kios, los, stan dimana tempat mereka berjualan itu dibawah pengawasan Sub Dinas Pasar . Pelayanan yang di sediakan atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk tujuan kepentingan dan pemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh orang pribadi atau badan.

Tata Cara Pemungutan

Pemungutan Retribusi tidak dapat diborongkan. Retribusi dipungut dengan menggunakan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) atau dokumen lain yang dipersamakan.Dalam hal Wajib Retribusi tertentu tidak membayar tepat pada waktunya atau kurang membayar, dikenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2% (dua persen) setiap bulan dari Retribusi yang terutang yang tidak atau kurang dibayar dan ditagih dengan menggunakan surat tagihan Retribusi daerah.

Pengembalian Kelebihan Pembayaran

Atas kelebihan pembayaran pajak atau Retribusi, Wajib Pajak atau Wajib Retribusi dapat mengajukan permohonan Pengembalian kepada Kepala Daerah. Kepala Daerah dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan sejak diterimanya permohonan kelebihan pembayaran pajak sebagaimana yang dimaksud di atas harus memberikan keputusan.

 

D. Metode Penelitian

Dalam melakukan pengumpulan data digunakan tiga metode yaitu Metode Interview, Metode Observasi dan Dokumentasi.

Luas wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan berkisar 4.313,95 km atau 5,01% dari seluruh luas wilayah Propinsi Sumatra Utara.

Objak Retribusi pasar adalah orang pribadi atau badan yang berjualan di pusat pasar baik di kios, los, stan dimana tempat mereka berjualan itu dibawah pengawasan Sub Dinas Pasar .

Subjek Retribusi pasar adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan/ menikmati pelayanan jasa umum yang bersangutan.

 

E. Kesimpulan

Pada bab sebelumnya telah diuraikan mengenai Peranan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar dari data- data yang ada dapat disimpulkan: Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun anggaran 2008 realisasi yang dapat dicapai belum memenuhi target yang ditetapkan.Tetapi walaupun begitu Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan salah satu kontribusi terbesar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Peranan Camat alam Upaya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PNPM Mandiri Pedesaan)
  4. Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab Tapanuli Selatan dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar
  5. Peranan Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Pegawai

 

Leave a Reply