HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

9 Kelompok Sumber Referensi Skripsi dan Tesis

Terdapat berbagai sumber bacaan yang dapat digunakan untuk mendukung penelitian. Sumber bacaan tersebut tidak hanya berasal dari buku referensi saja, melainkan masih banyak sumber bacaan lainnya yang dapat dipergunakan seperti yang diungkapkan oleh Nazir (1988: 126-131) adalah:

1. Buku teks

Buku teks merupakan buku yang berisikan uraian bahan tentang mata pelajaran atau program studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa untuk diasimilasikan. Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Umum mendefinisikan bahwa buku teks merupakan sekumpulan tulisan yang dibuat secara sistematis berisi tentang suatu materi pelajaran tertentu, yang disiapkan oleh pengarangnya dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku.

Menurut Nazir (1988: 126) definisi buku teks adalah tulisan ilmiah yang dijilid rapi yang diterbitkan dengan interval yang tidak tentu. Buku teks berkenaan dengan suatu bidang ilmu yang isinya menyeluruh dan biasanya digunakan sebagai buku wajib mata kuliah tertentu.

Contoh buku teks adalah:

  • Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Maryani, Eni. 2011. Media dan Perubahan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

2. Jurnal

Menurut Rifai dalam buku Pedoman Penerbitan Jurnal Ilmiah Perguruan Tinggi Agama Islam, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Sedangkan Nazir (1988: 126) memberikan definisi jurnal sebagai majalah ilmiah yang berisi tulisan ilmiah atau hasil-hasil seminar yang diterbitkan oleh Himpunan Profesi Ilmiah. Biasanya jurnal diterbitkan dalam tiga bulan sekali. Dalam satu jurnal atau satu volume jurnal sekali terbit, terdapat lebih dari satu artikel ilmiah dan ditulis oleh berbagai pengarang ilmuwan.

Contoh jurnal:

–          Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, diterbitkan oleh FE-UII Indonesia

–          Jurnal UNISIA, diterbitkan oleh UII

–          Jurnal Ekonomi & Bisnis (EKOBIS), diterbitkan oleh FE-UNISSULA

Lebih lanjut lagi, Nazir (1988: 127) mengemukakan jurnal yang hanya berisikan singkatan artikel dari pengarang, yakni review journal dan abstract journal.

Review journal merupakan majalah ilmiah yagn berisi artikel-artikel yang dipersingkat dalam suatu cabang pengetahuan. Singkatan artikel bukan saja berisi ikhtisar dari hasil penemuan tetapi dimulai dari masalah dan termasuk metode penelitian. Review journal juga diterbitkan secara berkala.

Contoh review journal:

–          Science progress

–          Biological review

–          Botanical review

–          Quarterly review of biology

–          Economic review

Abstract journal merupakan majalah ilmiah yang berisi singkatan atau ikhtisar dari artikel yang berasal dari jurnal terbaru. Artikel singkatan berisi judul, metode serta kesimpulan. Artikel yang disingkat tidak lebih dari artikel yang baru diterbitkan oleh jurnal, antara 8-10 bulan yang lampau.

Contoh:

–          Biological abstract

–          Field crops abstract

–          Plant breeding abstract

–          International abstract of biological sciences

Periodical

Peoridical adalah majalah ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga-lembaga baik pemerintah atau swasta yang berisi hasil penelitian yang dikerjakan.

Contoh:

  • Ekonomi Dan Keuangan Indonesia, Diterbitkan Triwulanan Oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi Dan Masyarakat, FE-UI, Jakarta
  • Bulletin Of Indonesian Economic Studies, Diterbitkan Oleh Institute Of Pacific Studies, Australian National University, Canberra, Australia
  • Food Research Intitute Studies, Diterbitkan Oleh Food Research Institute, Stanford University, Stanford, California
  • Philippine Agriculturist, Diterbitkan Sebulan Sekali Oleh University Of The Philippine At Los Banos, College, Laguna, Philippines.

4. Yearbook

Yearbook merupakan buku mengenai fakta-fakta dan statistik setahun yang diterbitkan tiap tahun oleh lembaga pemerintah atau swasta.

Contoh:

–          U.N. statistical Yearbook for Asia and Far East

–          FAO. Production yearbook

5. Buletin

Buletin merupakan tulisan ilmiah pendek yang terbit secara berkala, berisikan catatan ilmiah ataupun petunjuk ilmiah tentang satu kegiatan operasional.

Contoh:

  • USDA Farmer Bulletin, diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat
  • Technical Bulletin, diterbitkan oleh University of Florida
  • Contribution Of Central Research Institute For Agriculture, Diterbitkan Oleh Central Research Institute For Agriculture, Bogor, Indonesia

6. Circular

Circular merupakan tulisan ilmiah pendek dan praktis biasanya dikeluarkan oleh lembaga negara atau swasta seperti universitas, lembaga penelitian, dinas, dan sebagainya.

Contoh:

–          Agricultural Extension Service, University Of Florida Circular

–          Agricultural Extension Service, University Of Arizona, Tucson.

7. Leaflet

Leaflet berisi karangan kecil yang sifatnya ilmiah praktis. Diterbitkan oleh lembaga negara atau swasta, dengan interval yang tidak tetap.

Contoh:

USDA leaflet, dikeluarkan oleh departemen pertanian amerika serikat. USDA leaflet No. 506, Mei, 1950, memuat karangan “wind erosion control on irrigated land” karangan Stephen J. Mech

8. Annual review

Annual review berisi ulasan tentang literatur yang telah diterbitkan selama masa setahun atau beberapa tahun yang lampau.

Contoh:

–          Annual review of microbiology

–          Annual review of biochemistry

–          Annual review of plant physiology

9. Sumber bacaan lain

Masih banyak sumber bacaan lain, seperti off print, reprint, recent advances, bibliography, handbook, dan manual.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut : Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Pembuatan Makalah Jasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau BBM :5E1D5370 email IDTesis@gmail.com


1 Comment
  1. contoh2 sumber bacaan ;
    – manual
    – reprint
    -offprint
    – recent advance..
    mohon share nya min..

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?