HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Psikologi: Persepsi Karyawan trhdp Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Judul Skripsi : Hubungan Antara Persepsi Karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Stres Kerja Bagian Weaving II PT. Batam Textile Industry Ungaran Tahun 2006

 

A. Latar Belakang Skripsi

Adanya kasus kecelakaan kerja yang sering menimpa karyawan dalam bekerja sering kali membawa dampak terhadap karyawan. Adapun dampak yang terjadi bisa saja bersifat positif ataupun negatif, tetapi dampak akibat kecelakaan yang biasanya dialami karyawan adalah negatif. Dampak kecelakaan kerja yang dirasakan oleh karyawan adalah karyawan mengalami kehilangan daya konsentrasi, menurunnya harga diri dan rasa percaya diri, kehilangan semangat hidup, mengalami kejenuhan, rasa takut, kelelahan mental, kecemasan atau ketegangan, rasa bersalah, sedih, putus asa, bosan, depresi dan lain-lain.

Program penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dalam masalah ini sangat kurang dan mungkin belum diterapkan karena masih banyak kasus kecelakaan kerja yang menimpa karyawan dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebagai contoh dalam penerapan penggunaan peralatan dalam bekerja, peralatan yang digunakan dalam bekerja belum begitu lengkap sehingga faktor kecelakaan kerja masih bisa terjadi.

 

B. Rumusan Masalah

Beberapa uraian diatas dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Adakah hubungan antara persepsi karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan stres kerja?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Stres Kerja

Stres kerja merupakan suatu bentuk tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun mental, terhadap suatu perubahan di lingkungan kerja yang dirasakan mengakibatkan dirinya terancam (Anoraga, 2005:108). Suatu bentuk tanggapan dari seseorang inilah yang menimbulkan reaksi kimiawi dalam tubuh manusia yang mengakibatkan perubahan-perubahan, antara lain meningkatnya tekanan darah tinggi dan tingkat metabolisme.

 

Pengertian Persepsi

Menurut Rahmat (2004:51) bahwa persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi (perception) dalam arti sempit adalah penglihatan, bagimana cara seseorang melihat sesuatu, sedangkan dalam arti luas ialah pandangan atau pengertian, yaitu bagaimana seseorang memandang atau mengartikan sesuatu. (Leavit, 1997:27).

 

Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan kerja merupakan keselamatan yang bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan. (Suma’mur, 1989:1) Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 dalam (Budiono, 2003:171) menerangkan bahwa keselamatan kerja yang mempunyai ruang lingkup yang berhubungan dengan mesin, landasan tempat kerja dan lingkungan kerja, serta cara mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja, memberikan perlindungan sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional.

Variabel merupakan konsep mengenai atribut atau sifat yang terdapat pada subjek penelitian yang dapat bervariasi secara kuantitatif ataupun secara kualitatif.

Identifikasi variabel penelitian ini ada dua yaitu variabel tergantung dan variabel bebas.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada bagian Weaving (pertenunan) Pt. Batam Textile Industry Ungaran.

Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan adalah dengan menggunakan skala.

 

E. Kesimpulan

  1. Tingkat Stres Kerja karyawan PT. Batam Textile Industri Ungaran tahun 2006 masuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 77,5%.
  2. Persepsi karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PT. Batam Textile Ungaran masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 55%.
  3. Terdapat hubungan yang negatif dengan kerelasi sebesar -0,506 antara Persepsi karyawan terhadap penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Stres Kerja PT. Batam Textile Industry Ungaran. Semakin positif persepsi karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), maka tingkat Stres Kerja rendah. Begitupula sebalikanya semakin negatif persepsi karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), maka tingkat Stres Kerja tinggi.

 

Contoh Skripsi Psikologi

  1. Hubungan Antara Persepsi Karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  2. Hubungan Antara Pola Pengasuhan dan Pola Kelekatan dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja
  3. Hubungan Antara Konformitas dan Efikasi Diri Sosial dengan Harga Diri Pada Taruna Akademi Kepolisian
  4. Hubungan Bakat Siswa dan Persepsi Orang Tua dengan Pemilihan
  5. Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tingkat Depresi pada Orang Lanjut Usia
Incoming search terms:

Leave a Reply