HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Tembakan Jarak Bertahap dan Jarak Berpindah trhdp Hasil Tembakan Bebas

Judul Skripsi : Pengaruh Hasil Latihan Tembakan Jarak Bertahap dan Jarak Berpindah terhadap Hasil Tembakan Bebas Satu Tangan dari Atas Kepala dalam Permainan Bola Basket pada Siswa Kelas II SMP Negeri 5 Semarang Tahun 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Jauh dekatnya jarak antara penembak dengan ring basket dalam inelakukan tembakan ikut menentukan keberhasilan dalam melakukan tembakan, semakin jauh jarak tembak antara penembak dengan basket maka semakin sulit di dalam melakukan tembakan. Sebaliknya semakin dekat jarak antara penembak dengan basket akan semakin mudah dalam melakukan tembakan.

Sedangkan menumt Imam Sodikun (1992:62) menyatakan bahwa untuk melatih tembakan dapat dilakiikan dengan tarak bertahap, yaitu melakukan latihan dari jarak dekat dengan ring basket kemudian jaraknya semakin lama semakin diperjauh. Pendapat sempa dinyatakan pula oleh Ambler (1988:11) yaitu latihan mengarahkan bola sedemikian rupa, sehingga bola masuk tepat ke dalam ring basket, latihan mengarahkan ini bisa dilakukan dari jarak dekat maupun jarak yang jauh.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh hasil latihan tembakan jarak bertahap dengan latihan jarak berpindah terhadap kemampuan melakukan tembakan bebas satu tangan dari atas kepala pada pemiaman bola basket pada siswa putra kelas 2 SMP Negeri 5 Semarang ?
  2. Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara latihan tembakan dengan perubahan jarak secara bertahap dan latihan tembakan dengan jarak berpindah terhadap peningkatan hasil tembakan bebas satu tangan dari atas kepala dalam permainan bola basket?

 

C. Landasan Teori

Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga permainan yang menggunakan bola besar, dimainkan dengan tangan. Bola boleh dioper (dilempar). Bola dipantulkan ke lantai baik di tempat atau sambil berjalan dan tujuannya adalah memasukkan bola ke ring basket lawan (Imam Sadikun, 1992:8).

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Masalah teknik dasar merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam mencapai suatu prestasi. Karena pemahaman teknik dasar yang baik. Dimungkinkan pemain dapat menampilkan suatu permainan yang bermutu sehingga dapat menjadi suatu tontonan atau hiburan yang menarik. Teknikdasar yang baik juga memudahkan pemain dalam memudahkanintruksi dari pelatih.

Tinjauan Latihan Tembakan Bebas Satu Tangan dari Atas Kepala Jarak Berpindah

Berdasarkan W.J.S. Poerwadarminta (2002:755) berpindah berupa gerakan beralih atau bertukar tempat. Berpindah merupakan beralih ke tempat lain, bertukar atau berganti tempat kedudukan. Berkaitan dengan penelitian ini yang dimaksud dengan latihan tembakan jarak berpindah merupakan suatu bentuk modifikasi latihan dengan cara mengubah-ubah tempat menembak namun masih dalam jarak yang relatif sama. Tujuan latihan ini pada intinya juga sama dengan latihan tembakan jarak bertahap yaitu untuk melatih siswa agar dapat menentukan ketepatan tembakan, seberapa dorongan yang harus diberikan bola agar tepat sasaran, serta melatih konsentrasi pada saat melakukan tembakan.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas II SMP Negeri 5 Semarang sebanyak 105 siswa.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan ukuran sampel 40 siswa. Dari 40 siswa tersebut dilakukan tes awal kemudian hasilnya dipasang-pasangkan dengan pola M-S (Matched Subject Design) untuk mendapatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu latihan tembakan bebas dengan jarak bertahap dan jarak berpindah sebagai variabel bebas dan hasil tembakan bebas satu tangan dari atas kepala sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan test tembakan bebas.

Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda (t-test).

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh yang nyata hasil latihan tembakan satu tangan dari atas kepala dengan pembahan jarak secara bertahap dan latihan perubahan jarak berpindah terhadap peningkatan hasil tembakan bebas satu tangan dari atas kepala dalam permainan bola basket pada siswa kelas II SMP Negeri 5 Semarang tahun 2004/2005.
  2. Latihan tembakan dengan perubahan jarak secara bertahap lebih baik daripada dengan latihan tembakan dengan jarak berpindah terhadap ketepatan hasil tembakan bebas satu tangan dari atas kepala dalam permainan bola basket.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1.  Pengaruh Latihan Awalan 9 Dan 11 Langkah Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putri Sd
  2. Pengaruh Latihan Jump Shoot Dari Sisi Kanan Dan Kiri Pada Posisi 150 Terhadap Hasil Tembakan
  3. Pengaruh Latihan Loncat Katak Dan Loncat Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh
  4. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian Dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas V, Vi Sd Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  5. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri
Incoming search terms:

Leave a Reply