HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pengaruh Asal Sekolah trhdp Partisipasi dan Hasil Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Asal Sekolah terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah Mahasiswa Program D III Teknik Sipil Semester II Fakultas Teknik UNNES Tahun Ajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah berjumlah 2 SKS, yang merupakan salah satu mata kuliah dasar umum (MKDU) yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa pada Prodi D III T. Sipil di Uniersitas Negeri Semarang. Mata kuliah ini diharapkan mampu membekali mahasiswa dalam dalam bidang pengukuran baik secara teori maupun praktek. Para pengampu adalah dosen-dosen pada Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Salah satu mata diklat di SMK adalah survai dan pemetaan yang sering disebut Ilmu Ukur Tanah yaitu ilmu yang mempelajari berbagai macam pengukuran di atas bumi, dan ini dilanjutkan dalam mempelajari Ilmu Ukur Tanah di perguruan tinggi khususnya UNNES.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah perbedaan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah antara siswa yang berasal dari SMK dan SMU?
  2. Adakah perbedaan partisipasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Ilmu Ukur Tanah antara siswa yang berasal dari SMK dan SMU?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu kegiatan yang melibatkan individu secara keseluruhan, baik fisik maupun psikis, untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan belajar secara umum adalah untuk mencapai perubahan dalam tingkah laku orang yang belajar. Perubahan yang dimaksud tentu yang bersifat positif yang membantu proses perkembangan.

Transfer Belajar

Istilah “transfer belajar” berasal dari bahasa Inggris “Transfer of learning” dan berarti pemindahan atau pengalihan hasil belajar yang diperoleh dalam bidang studi yang satu ke bidang studi yang lain atau ke kehidupan sehari-hari di luar lingkup pendidkan sekolah (Winkel, 1996: 458).

 

Hasil Belajar

Prestasi adalah tingkatan-tingkatan sejauh mana mahasiswa telah dapat mencapai tujuan yang ditetapkan (Arikunto, 1997: 226). Hasil belajar adalah semua perubahan di bidang kognitif, sensorik-motorik, dan dinamik-afektif yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Hasil belajar ini merupakan suatu kemampuan internal (capability) yang telah menjadi milik pribadi seseorang dan memungkinkan orang itu melakukan sesuatu atau memberikan prestasi tertentu (performance) (Winkel, 1996: 97).

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian ini menggunakan metode Expost facto yaitu penelitian yang menggunakan dan mengumpulkan datanya dari dokumentasi yang telah ada atau cara- cara lain yang sejenis.

Populasi yang digunakan adalah semua Mahasiswa Program DIII Teknik Sipil Semester II Fakultas Teknik UNNES Tahun Ajaran 2004/2005.

Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk daftar nama mahasiswa, metode tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dan metode observasi untuk mengambil data tentang partisipasi mahasiswa.

Analisa yang digunakan adalah sistem uji t.

 

E. Kesimpulan

Pertama, hasil belajar Ilmu Ukur Tanah diukur terbatas pada materi sipat datar, yang mana pengaruh transfer of learning mata pelajaran matematika tidak signifikan; praktis perhitungan yang dioperasikan adalah menambah dan mengurangi saja. Dengan demikian, tidak ada bedanya antara mahasiswa asal SMU dan SMK dalam kaitannya dengan sumbangan kemempuan matematika dalam materi Ilmu Ukur Tanah pokok bahasan pengukuran sipat datar, sehingga wajar jika dalam penelitian ini mahasiswa yang berasal dari SMK lebih baik hasil belajarnya dibandingkan mahasiswa asal SMU.

Kedua, mahasiswa yang berasal dari SMK lebih tinggi hasil belajar Ilmu Ukur Tanahnya dibandingkan mahasiswa yang berasal dari SMU. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor: (1) Mahasiswa asal SMK sudah terlebih dahulu mengenal pelajaran Ilmu Ukur Tanah dari pada mahasiswa asal SMU. (2) Materi tes yang diberikan hanya seputar pengukuran sipat datar, jadi belum begitu banyak melibatkan perhitungan tingkat tinggi walaupun mata kuliah Ilmu Ukur Tanah adalah materi kuliah yang menyangkut perhitungan sehingga dimungkinkan adanya transfer belajar dari pelajaran matematika khususnya untuk pokok bahasan trigonometri ke dalam mata kuliah Ilmu Ukur Tanah bagi mahasiswa asal SMU belum begitu besar pengaruhnya. (3) Mahasiswa asal SMK yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi rata-rata mempunyai prestasi yang memadai.

Ketiga, mahasiwa yang berasal dari SMK lebih tinggi partisipasinya dibandingkan mahasiswa yang berasal dari SMU. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor: (1) Mereka sudah pernah mendapat materi Ilmu Ukur Tanah sehingga lebih aktif dalam membuat tugas-tugas yang diberikan karena merasa lebih mampu. (2) Mereka sudah banyak memiliki buku-buku penunjang sehingga secara mental lebih percaya diri. (3) Mereka lebih pengalaman sehingga semakin terangsang dan aktif untuk mengetahui lebih jauh tentang materi yang diberikan.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII
  2. Kemampuan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup (PKLH)
  3. Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas X SMK Perdana Semarang
  4. Pengaruh Asal Sekolah terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah
  5. Pengaruh Pembebasan Penggunaan Mesin Meja Gambar di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar

 

Incoming search terms:

Leave a Reply