HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Latihan Awalan 9 dan 11 Langkah trhdp Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok

Judul Skripsi : Pengaruh Latihan Awalan 9 dan 11 Langkah terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Putri SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005

 

A. Latar Belakang

Awalan dalam teknik lompat jauh umumnya diberikan dalam pembelajaran lompat jauh di sekolah dasar dengan berdasarkan kemampuan fisik siswa atau kondisi lapangan atau prasarana yang dimiliki oleh sekolah, misalnya halaman sekolah yang sempit tetapi digunakan sebagai lokasi pelaksanaan lompat jauh. Keterbatasan prasarana dalam proses pembelajarannya lompat jauh ini harus digabungkan dengan teknik pemilihan awalan yang tepat agar dapat memberikan hasil lompatan yang maksimal. Selain itu dalam pelaksanaan belajar mengajar pada siswa sekolah dasar, jarak awalan dalam lompat jauh hendaknya disesuaikan dengan kemampuan fisiknya, misalnya antara 15 sampai 20 meter atau 15 sampai 25 meter (Aip Syarifuddin, 1992 : 91).

Bertolak dari latar belakang tersebut maka penulis terdorong untuk meneliti ?Pengaruh Latihan Awalan 9 dan 11 Langkah terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putri Kelas V – VI SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005“.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan awalan 9 langkah dan awalan 11 langkah terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V dan VI SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004 / 2005?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Atletik

Menurut pendapat dari Aip Syarifuddin (1992 : 2), atletik adalah satu cabang olahraga yang diperlombakan dan meliputi nomor-nomor jalan, lari, lempar, lompat dan loncat.

Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu cabang dalam olahraga atletik. Sebagai cabang dari olahraga atletik, gerakan-gerakan yang dilakukan dalam lompat jauh merupakan gabungan dan pengembangan dari gerakan-gerakan dasar atletik yaitu gerakan lari dalam menempuh awalan untuk memberikan daya tolakan yang maksimal dan gerakan melompat sebagai kelanjutannya untuk mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya.

Pengertian Latihan

Latihan berasal dari kata ?Latih“ yang berarti : belajar membiasakan diri agar mampu melakukan sesuatu, sedangkan latihan berarti hasil dari latih (Depdikbud, 1995 : 569). Latihan adalah suatu proses yang sistematis dari berlatih atau bekerja yang dilakukan berulang-ulang secara kontinyu dengan meningkat jumlah beban, untuk tercapainya tujuan latihan (Hadimsyah Noor, 1995 : 10). Latihan adalah pelajaran membiasakan atau memperoleh sesuatu kecakapan (Poerwodarminto, 1995 : 571).

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putri kelas V dan VI SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004 / 2005 sejumlah 40 siswa.

Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Sampel dalam penelitian adalah 40 siswa.

Sampel dibagi menjadi dua kelompok menggunakan pola matching by subject (M – S) A-B-B-A yaitu Kelompok Eksperimen I dengan latihan awalan 9 langkah dan Kelompok Eksperimen II dengan latihan awalan 11 langkah. Analisis data dengan menggunakan t-test rumus pendek.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemberian latihan awalan 9 dan awalan 11 langkah terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V-VI SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja.
  2. Pemberian latihan awalan 11 langkah memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan pemberian latihan awalan 9 terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putri kelas V-VI SD Negeri Banjarejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1.  Pengaruh Latihan Awalan 9 Dan 11 Langkah Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putri Sd
  2. Pengaruh Latihan Jump Shoot Dari Sisi Kanan Dan Kiri Pada Posisi 150 Terhadap Hasil Tembakan
  3. Pengaruh Latihan Loncat Katak Dan Loncat Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh
  4. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian Dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas V, Vi Sd Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005
  5. Pengaruh Latihan Senam Ayo Bersatu Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Puteri

 

Leave a Reply