HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata trhdp Hasil Belajar

Judul Skripsi : Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang Tahun 2007

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kegiatan karyawisata tidak berarti melakukan kegiatan yang memakan waktu lama dan biaya yang besar, akan tetapi kegiatan karyawisata ini merupakan suatu kunjungan ke obyek tertentu di luar lingkungan sekolah yang ada dalam bimbingan guru, yang bertujuan untuk mencapai tujuan instruksional tertentu (Sumaatmadja, 1984: 113).

Dengan karyawisata, siswa akan memiliki dorongan-dorongan minat dan perhatian terhadap apa yang dipelajarinya, dorongan untuk melihat kenyataan, dan dorongan untuk menemukan sendiri hal-hal yang menarik perhatian (Sumaatmadja, 1984: 112). Kegiatan karyawisata dapat mengarahkan siswa untuk mencocokkan hal-hal yang mereka peroleh di dalam kelas dengan kenyataan di masyarakat maupun pada kenyataan di lingkungan sekitarnya. Sehingga melalui kegiatan karyawisata ini diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Geografi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. bagaimana pendapat siswa mengenai kegiatan karyawisata?
  2. bagaimana pelaksanaan kegiatan karyawisata di SMP Negeri 22 Semarang?
  3. seberapa besar kontribusi pelaksanan karyawisata terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi?

 

C. Landasan Teori

Definisi Belajar

Suparno (2001: 2) belajar yaitu suatu aktifitas yang menimbulkan perubahan yang relatif permanen sebagai akibat dari upaya-upaya yang dilakukan. Perubahan-perubahan tersebut tidak disebabkan faktor kelemahan, kematangan ataupun karena mengkonsumsi obat.

Pengertian Pengajaran

Pengajaran sebagai suatu sistem, yaitu sebagai kesatuan yang terorganisasi, yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling berhubungan satu sama lain dalam rangka pencapaian tujuan yang diinginkan. Sebagai suatu sistem, pengajaran mengandung sejumlah komponen antara lain : materi pelajaran, metode, media, alat evaluasi dan lain-lain, yang berinteraksi satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah dirumuskan dan salah satu metode yang dilakukan yaitu dengan kegiatan karyawisata. Dengan karyawisata materi pelajaran yang diperoleh siswa dapat dibuktikan langsung dilapangan sehingga ada keterkaitan antara materi pelajaran, metode maupun alat evaluasi.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang melaksanakan karyawisata yaitu 287 siswa. Cara pengambilan sampel yaitu Proportional Random Sampling, dengan pengambilan proporsi sampel sebanyak 20% di dapat sampel sebanyak 56 siswa. Variabel yang diteliti adalah: 1) persiapan karyawisata. 2) pelaksanaan karyawisata. 3) tindak lanjut karyawisata. 4) hasil belajar mata geografi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner, observasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif persentase, korelasi product moment dan analisis regresi.

 

E. Kesimpulan

  1. Pelaksanaan karyawisata yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang yang dilaksanakan sebagai metode dalam kegiatan belajar mengajar geografi dalam tahap-tahap pelaksanaannya sesuai dengan teori yang ada.
  2. Pelaksanaan karyawisata di SMP Negeri 22 Semarang berjalan dengan baik semua siswa dapat memahami pembelajaran yang ada. Dari pejelasan yang diberikan guru dan guide siswa mencatat dan menggigatnya, ini terbukti dari peningkatan nilai tes yang diberikan sesudah dan setelah melaksanankan karyawisata.
  3. Kegiatan karyawisata ada pengaruhnya dalam pembelajaran geografi sebagai suatau metode pembelajaran diluar kelas yang menembah pengetahuan siswa.
  4. Dengan menggunakan uji regresi didapatkan F hitung untuk uji kebermaknaan regresi sebesar 14,112. Pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 1 dan dk = 54 diperoleh F tabel = 4,020. Karena Fhitung > Ftabel yang berarti bahwa model regresi tersebut signifikan, atau terdapat pengaruh antara pelaksanaan karyawisata dengan prestasi belajar. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh kegiatan karyawisata sebesar 20,7% dalam proses pembelajaran geografi, ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan karyawisata.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengelolaan Kelas Guru Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2005/2006
  2. Pengaruh Persiapan Fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan
  3. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi
  4. Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII
  5. Kemampuan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

 

 

Leave a Reply