HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Perspektif Agrowisata Sondokoro sbg Sarana Edukasi

Judul Skripsi : Perspektif Agrowisata Sondokoro sebagai Sarana Edukasi

 

A. Latar Belakang

Perspektif Agrowisata Sondokoro sebagai sarana edukasi menjelaskan Agrowisata Sondokoro dipandang sebagai sarana dalam memberikan edukasi atau pendidikan khususnya bagi para murid sekolah, mahasiswa, serta suatu komunitas tertentu yang ingin melihat suatu proses pengolahan tebu. Dalam hal ini Agrowisata Sondokoro menggunakan sistem paket pendidikan dan juga paket keluarga. Dari paket pendidikan yaitu berupa sekolah, universitas, dan suatu komunitas tertentu yang mengadakan wisata edukasi di Agrowisata Sondokoro, biasanya didampingi langsung oleh para guru atau pengawas dari instansi pendidikan tersebut. Sedangkan dari paket keluarga yaitu suatu keluarga yang ingin melihat proses dari pembuatan gula di Pabrik Gula Tasikmadu.

Dengan adanya wisata edukasi diharapkan Agrowisata Sondokoro tidak akan kalah bersaing dengan tempat wisata lain dan menjadikan keunikan tersendiri bagi Agrowisata Sondokoro yang tidak mudah ditiru oleh tempat wisata lain. Serta untuk kedepannya bagi para guru dan pengunjung yang pernah datang ke Agrowisata Sondokoro akan kembali mengunjungi Agrowisata Sondokoro dengan menanamkan pengetahuan dimata publik bahwa Agrowisata Sondokoro bukan hanya tempat wisata keluarga yang memberikan sarana hiburan tetapi juga tempat wisata yang memberikan sarana edukasi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa yang menjadi latar belakang Agrowisata Sondokoro menjadikan tempat wisata sebagai sarana edukasi?
  2. Apa keunikan dari Agrowisata Sondokoro dalam menawarkan bentuk wisata edukasi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Menurut Kotler dan Gary Amstrong (2001) Pemasaran adalah fungsi bisnis yang bisa mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan (Customer), menentukan pasar sasaran yang paling dapat dilayani dengan baik oleh perusahaan, dan merancang produk, jasa dan program yang tepat untuk melayani pasar tersebut.

 

Pengertian Edukasi

Terdapat banyak sekali definisi pendidikan dan ini jelas menunjukkan bahwa pendidikan dipandang sebagai hal yang sangat penting sehingga banyak pihak yang merasa perlu untuk memberikan definisi tentang pendidikan itu sendiri. Pendidikan menurut pengertian Yunani adalah pedagogik, yaitu ilmu menuntun anak. Orang Romawi melihat pendidikan sebagai educare, yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu dilahirkan di dunia.

 

Pengertian Pariwisata

Pariwisata menurut Oka A. Yoeti (1980) adalah Suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ketempat yang lain, dengan maksud bukan untuk berusaha (bussines) atau mencari nafkah ditempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beragam.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dengan desain deskriptif yaitu mengamati langsung keadaan di lokasi wisata dan terjun langsung ke lapangan.

Penulis juga melakukan pemeriksaan dokumen serta wawancara langsung kepada staf dan karyawan.

Teknik pembahasan yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif, analisis yang dilakukan dengan membaca, menyimak tabel ataupun data-data yang diperoleh kemudian melakukan penjabaran dan penafsiran kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.

 

E. Kesimpulan

  1. Keadaan alam dan peninggalan sejarah yang berada di areal Pabrik Gula Tasikmadu merupakan aset awal yang mendukung berdirinya Agrowisata Sondokoro. Pabrik Gula Tasikmadu masih berdiri kokoh sampai saat ini dan masih dapat berproduksi dengan baik meskipun mesin yang digunakan merupakan mesin tua peninggalan Mangkunegara IV. Agrowisata Sondokoro merupakan areal yang terdapat di dalam lokasi Pabrik Gula. Agrowisata Sondokoro merupakan wisata hiburan dan pendidikan.
  2. Agrowisata Sondokoro merupakan wisata hiburan yang menyediakan berbagai macam sarana permainan. Agrowisata Sondokoro juga merupakan wisata edukasi yang berupa sarana pendidikan tentang sejarah serta suatu proses pembuatan tebu sampai menjadi gula kristal putih. Hal ini merupakan wisata pendidikan yang belum ada ditempat lain sehingga para pengunjung belum bisa menikmati Agrowisata Sondokoro apabila belum mengadakan wisata pendidikan dengan berkeliling Pabrik Gula Tasikmadu dan melihat proses pengolahan tebu sampai menjadi gula kristal putih.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Organizational Climate, Achievement Motivation, dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) Daop 1, Jakarta
  2. Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang
  3. Perspektif Agrowisata Sondokoro sebagai Sarana Edukasi
  4. Penerapan Material Requirement Planning pada Pengendalian Persediaan Bahan Baku
  5. Proses Pelayanan Penyambungan Baru di Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik

 

Leave a Reply