HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Pengaruh Brand Loyalty pd Pengguna Handphone Merek Nokia

Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Brand Loyalty pada Pengguna Handphone Merek Nokia di Surakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Dinamika pasar menjadikan persaingan yang relatif ketat kepada pemasar untuk memenangkan kompetisi melalui produk inovatif dan kreatif. Hal ini memberikan pilihan kepada konsumen terhadap keragaman merek baik dalam hal kualitas dan jenisnya. Dengan demikian, hal ini memberikan tantangan kepada pemasar untuk mencari upaya-upaya yang sebaiknya dilakukan dalam mempertahankan konsumen, sebab loyalitas konsumen merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memperoleh penjualan dengan biaya pemasaran yang relatif rendah.

Pertimbangan ini yang menjadikan brand loyalty merupakan isu yang dipandang penting untuk diteliti, sebab diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pemasar terhadap upaya-upaya yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui loyalitas konsumen.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah variabel brand name berpengaruh pada brand loyalty?
  2. Apakah variabel product quality berpengaruh pada brand loyalty?

 

C. Landasan Teori

Brand Loyalty

Brand loyalty merupakan variabel yang dipertimbangkan penting oleh pemasar untuk menyusun strategi pemasaran, sebab konsumen yang loyal diperkirakan melakukan pembelian ulang terhadap suatu merek produk. Hal ini merupakan tantangan bagi para pemasar untuk menciptakan produk yang inovatif dan kreatif untuk mempertahankan loyalitas konsumen. (Day, 1969 ; Huang and Yu, 1999 ; Lee et al., 2001). Menurut Aaker (dalam Riana, 2008) brand loyalty didefinisikan sebagai “ A measure of the attachment that a costumer has a brand”. Definisi ini berarti terdapat suatu hubungan antara pelanggan dan merek tertentu

Brand Name

Brand name diperkirakan penting untuk menjelaskan model brand loyalty. Dalam studi ini, brand name yang terkenal dapat lebih diingat oleh konsumen daripada brand name yang tidak terkenal. Variabel ini penting karena untuk memahami suatu gambaran (image) dari suatu produk. Fenomena yang ingin dijelaskan adalah semakin tinggi nilai brand name, semakin tinggi loyalitas konsumen terhadap produk tersebut (Keller et al., 1998).

Product Quality

Product Quality merupakan karakteristik suatu produk dari pemasar yang digunakan untuk memenuhi harapan pelanggan. Dengan mengetahui kualitas produk yang dijual, konsumen dapat melakukan pembelian ulang dengan satu merek atau beberapa merek yang ada. Fenomena yang ingin dijelaskan adalah semakin tinggi loyalitas produk, semakin tinggi loyalitas konsumen (Garvin, 1988 ; McCormick & Scorpio, 2000).

 

D. Metode Penelitian

Data diambil melalui survei pada 200 responden yang berniat loyal pada handphone merek nokia.. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dilakukan dengan tujuan untuk menjamin keakuratan data yang dikumpulkan.

Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa data memenuhi kualifikasi kelayakan dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan metode statistik apapun yang dipilih. Untuk memecahkan permasalahan yang dirumuskan, pengujian dilakukan dengan menggunakan metode regresi berganda (Multiple Linear Regression). Melalui pengujian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman secara empiris berkaitan dengan upaya-upaya untuk meningkatkan brand loyalty.

 

E. Kesimpulan

Hubungan yang signifikan antara brand name dengan brand loyalty menjelaskan bahwa semakin tinggi nilai brand name, semakin tinggi loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Hubungan yang signifikan antara style dengan brand loyalty menunjukkan bahwa semakin tinggi kesesuaian inovasi produk dengan style pembeli, semakin tinggi loyalitas pembeli. Hubungan store environment dengan brand loyalty yang signifikan menjelaskan bahwa semakin tinggi strategisitas lokasi toko dan tata ruang, semakin tinggi. Sedangkan hubungan yang tidak signifikan adalah product quality dan brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan tersebut mengindikasi bahwa implementasi product quality tidak berpengaruh pada brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan adalah price dan brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan tersebut mengindikasikan bahwa implementasi price tidak berpengaruh pada brand loyalty. Selanjutnya, hubungan yang tidak signifikan adalah promotion dan brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan tersebut mengindikasikan bahwa implementasi promotion tidak berpengaruh pada brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan adalah service quality dan brand loyalty. Hubungan yang tidak signifikan tersebut mengindikasikan bahwa implementasi service quality tidak berpengaruh pada brand loyalty.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Brand Loyalty pada Pengguna Handphone Merek Nokia di Surakarta
  2. Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan pada Grapari Telkomsel Solo
  4. Pengaruh Komitmen Organisasi pada Kinerja Karyawan dengan Etika Kerja Islami Sebagai Variabel Moderator
  5. Analisis Brand Perceived Quality (Persepsi Kualitas Merek) pada Pelayanan BPPA

 

Incoming search terms:

Leave a Reply