HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Perbedaan Risiko, Volatilitas dn Likuiditas sblm dn stlh Stock Split

Judul Skripsi : Analisis Perbedaan Risiko Sistematik, Volatilitas Harga dan Likuiditas Perdagangan Saham Sebelum dan Setelah Stock Split di Bursa Efek Jakarta 2001-2003

 

A. Latar Belakang

Apabila stock split dinilai oleh investor sebagai peristiwa yang positif, maka harga saham akan mengalami peningkatan dan selanjutnya akan meningkat-kan return yang diterima para pemegang saham. Dengan demikian, stock split akan meningkatkan kekayaan atau kesejahteraan para pemegang saham.

Pengumuman stock split sendiri merupakan salah satu informasi pada pasar dengan efisiensi semi kuat. Weston dan Copeland (1995) menegaskan, secara informasional sebuah pasar modal dikatakan efisien jika harga saham yang berlaku mencerminkan informasi yang relevan yang tersedia. Dalam pasar dengan bentuk efisiensi semi kuat, harga surat berharga mencerminkan semua informasi yang tersedia secara umum. Ketika dalam pasar modal tersebut terdapat beberapa penyimpangan sehubungan dengan informasi yang akan dipublikasikan tersebut, maka akan menciptakan kesempatan bagi investor untuk memperoleh keuntungan di atas normal (abnormal return).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan risiko sistematik saham sebelum dan setelah perusahaan melakukan stock split di BEJ?
  2. Apakah terdapat perbedaan volatilitas harga saham sebelum dan setelah perusahaan melakukan stock split?
  3. Apakah terdapat perbedaan likuiditas perdagangan saham sebelum dan setelah perusahaan melakukan stock split?

 

C. Landasan Teori

Informasi Pasar Modal

Informasi di pasar modal pada dasarnya terdiri dari berbagai bentuk in-formasi yaitu informasi yang tersedia di publik (bersifat terbuka) maupun infor-masi pribadi (bersifat tertutup) yang dapat diperoleh investor. Salah satu informasi publik yang ada adalah informasi mengenai pemecahan saham (stock split). In-formasi ini menjelaskan tentang penurunan nilai nominal per lembar saham dan penambahan jumlah saham yang beredar dengan faktor pemecahannya.

Pengertian Stock Split

Stock split (pemecahan saham) secara sederhana dapat diartikan sebagai kebijakan yang dilakukan oleh emiten untuk memecah satu lembar saham menjadi n lembar saham sesuai dengan faktor pemecahannya. Pemecahan saham dapat mengakibatkan bertambahnya jumlah saham yang beredar tanpa adanya transaksi jual beli saham yang mengubah modal.

Pasar Modal

Pasar modal atau bursa efek merupakan salah satu jenis pasar dimana para pemodal bertemu untuk menjual atau membeli surat berharga/efek. Surat berharga yang biasanya diperdagangkan dalam pasar modal dalam bentuk saham, obligasi, surat gadai, bukti fraksi depot, bukti keuntungan dan bukti berdiri, bukti opsi dan surat berharga serupa (Winarto, 1997).

 

D. Metode Peneltian

Penelitian yang akan penulis lakukan ini merupakan suatu penelitian yang termasuk ke dalam kategori event study atau studi peristiwa.

Penelitian ini menggunakan 3 buah variabel yaitu Risiko sistematik (systematic risk) saham, Volatilitas harga saham dan Likuiditas perdagangan saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan stock split di Bursa Efek Jakarta.

Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk data berpasangan.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Risiko sistematik saham sebelum stock split tahun 2001-2003 adalah sebesar 0.36075; sedangkan setelah stock stplit adalah sebesar 0.28463. Pada tingkat signifikansi 5%, perbedaan risiko sistematik tersebut tidak signifikan (t=1.988; p=0.074).
  2. Volatilitas harga saham sebelum stock split tahun 2001-2003 adalah sebesar 0.0063321; sedangkan setelah stock stplit adalah sebesar 0.3582202. Pada tingkat signifikansi 5%, perbedaan volatilitas harga saham tersebut tidak signifikan (t=-1.376; p=0.177).
  3. Likuiditas perdagangan saham sebelum stock split tahun 2001-2003 adalah sebesar 0.0015792; sedangkan setelah stock stplit adalah sebesar 0.0044189. Pada tingkat signifikansi 5%, perbedaan likuiditas perdagangan tersebut tidak signifikan (t=-1.791; p=0.081).

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Perataan Laba dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek
  2. Analisis Perbedaan Risiko Sistematik,Volatilitas Harga dan Likuiditas Perdagangan Saham
  3. Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan
  4. Hubungan Biaya Keagenan, Resiko Pasar dan Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Dividen
  5. Analisis Rasio Keuangan

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)