HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Pengaruh Perputaran Piutang dan Persediaan trhdp Rentabilitas Ekonomi

Judul Skripsi : Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus Tahun 2004 – 2006

 

A. Latar Belakang

Bektiningrum Sumarno (2002) juga telah melakukan penelitian dengan masalah yang sama yaitu pengaruh penggunaan modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi di tempat atau daerah yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara modal kerja dengan rentabilitas ekonomi, dimana F hitung < F tabel yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi.

Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa penelitian dengan mengkaji topik permasalahan yang sama belum tentu menghasilkan temuan yang sama pula. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh pengambilan tempat, tahun penelitian yang berbeda. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Persediaan Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus Tahun 2004-2006”

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada pengaruh antara tingkat perputaran piutang dan tingkat perputaran persediaan terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus pada tahun 2004-2006?
  2. Seberapa besar pengaruh tingkat perputaran piutang dan tingkat perputaran persediaan terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus pada tahun 2004-2006?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Koperasi

Koperasi menurut Ayat 1 Pasal 1 Undang-undang No. 25 Tahun 1992 koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang/badan hokum koperasi dan sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan (UU RI No. 25, 1992:Pasal1). Koperasi menurut ILO (International Labour Organization) dalam Suharsini (2006:29), koperasi merupakan suatu perkumpulan orang, biasanya yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas, yang melalui suatu bentuk organisasi perusahaan yang diawasi secara demokratis, masing-masing memberikan sumbangan yang setara terhadap modal yang diperlukan, dan bersedia menanggung resiko serta menerima imbalan yang sesuai dengan yang mereka lakukan.

Pengertian Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)

KPRI adalah suatu badan koperasi yang beranggotakan para pegawai negeri yang berkedudukan di wilayah tertentu yang mempunyai kepentingan yang sama untuk melakukan usaha dan kegiatan utamanya adalah melayani kepentingan pada anggota dan pihak-pihak di luar anggota koperasi. Pegawai negeri dapat diartikan pegawai pemerintah yang berada di luar politik, bertugas melakukan administrasi pemerintahan berdasarkan perundangundangan yang ditetapkan (Anoraga, 1997:4).

Pengertian Modal Kerja

Suatu analisa terhadap sumber dan penggunaan modal kerja sangat penting bagi pengendalian intern maupun ekstern. Disamping masalah modal kerja tersebut erat hubungannya dengan operasional kerja sehari-hari, juga menunjukkan tingkat keamanan kreditur jangka pendek. Adanya modal kerja dalam jumlah yang cukup sangat penting bagi suatu koperasi, karena dengan modal kerja yang cukup memungkinkan untuk beroperasi seekonomis mungkin serta diharapkan tidak mengalami kesulitan masalah keuangan.

 

D. Metode Penelitian

Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah laporan keuangan 12 KPRI di Kabuapten Kudus selama tiga tahun yang berjumlah 36. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat perputaran piutang dan tingkat perputaran persediaan dan rentabilitas ekonomi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil uji secara simultan diketahui bahwa tingkat perputaran piutang dan tingkat perputaran persediaan mempunyai hubungan yang signifikan dan berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus selama tahun 2004-2006. Pengaruh tersebut adalah sebesar 64,1%. Sedangkan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
  2. Berdasarkan hasil uji secara parsial diketahui bahwa tingkat perputaran piutang dan tingkat perputaran persediaan terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Kudus selama tahun 2004-2006 berpengaruh secara signifikan.
  3. Besarnya pengaruh antara tingkat perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi adalah sebesar 45,59%, dan besarnya pengaruh tingkat perputaran persediaan terhadap rentabilitas ekonomi adalah sebesar 40,96%.

Contoh Skripsi Ekonomi

  1.  Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai
  2. Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya
  3. Terhadap Opini Audit Going Concern Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Kpri
  4. Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Persediaan
  5. Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

 

Leave a Reply