HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang trhdp Rentabilitas Ekonomi

Judul Skripsi : Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Rentabilitas Ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara Tahun 2004-2005

 

A. Pendahuluan Skripsi

Belum optimalnya penggunaan modal kerja pada KPRI di Kabupaten Jepara dapat diatasi dengan mengatur tingkat perputaran kas, dan perputaran piutang. Dengan tingkat perputaran kas dan perputaran piutang yang tinggi, maka perolehan SHU dan tingkat rentabilitas ekonomi yang dicapai oleh KPRI juga meningkat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merasa terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Rentabilitas Ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara Tahun 2004-2005.”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh antara tingkat perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara Tahun 2004-2005 secara simultan?
  2. Apakah ada pengaruh antara tingkat perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara Tahun 2004-2005 secara parsial?
  3. Seberapa besar pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara Tahun 2004-2005?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Rentabilitas

Rentabilitas atau profitabilitas adalah kemampuan perusahaan menghasilkan laba selama periode tertentu (Munawir, 2000:33). Wasis (1993:77) menyatakan rentabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dengan modal yang ditanamkan.

 

Pengertian Modal Kerja

Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya pada umumnya melakukan tiga macam aktivitas pokok yang berurutan, yaitu: mengubah dana kas menjadi persediaan barang dagangan, menjual barang dagangan tersebut sehingga terjadi tagihan, dan mengumpulkan tagihan sehingga menjadi dana kas kembali. Rangkaian kegiatan tersebut disebut dengan siklus produksi.

Perputaran Kas

Kas dapat diartikan sebagai nilai uang kontan yang ada dalam perusahaan beserta pos-pos lain yang dalam jangka waktu dekat dapat diuangkan sebagai alat pembayaran kebutuhan finansiil, yang mempunyai sifat paling tinggi likuiditasnya (Indriyo, 2002:61).

 

E. Kesimpulan

  1. Untuk uji secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi pada KPRI di Kabupaten Jepara.
  2. Berdasarkan hasil uji secara parsial untuk perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi di KPRI Kabupaten Jepara berpengaruh secara signifikan.
  3. Sedangkan besarnya pengaruh secara parsial diketahui bahwa besarnya pengaruh antara perputaran kas terhadap rentabilitas ekonomi sebesar 52%, dan besarnya pengaruh antara perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi sebesar 23%.

Contoh Skripsi Ekonomi

  1.  Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai
  2. Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya
  3. Terhadap Opini Audit Going Concern Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Kpri
  4. Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Persediaan
  5. Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

 

Incoming search terms:

Leave a Reply