HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke AS

Judul Skripsi : Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) Periode Tahun 2008 (Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Dalam menghadapi globalisasi dunia dan menyongsong era pasar bebas, pemerintah berusaha memberikan sejumlah kemudahan dalam hal pemberian fasilitas yang terkait dengan kegiatan perdagangan dan industri. Diharapkan nantinya produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk dari luar negeri sehingga nilai ekspor Indonesia dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Maka diharapkan pemerintah dapat lebih aktif lagi meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan Ekspor Impor.

Salah satu Instansi atau badan Pemerintah yang ikut berperan dalam memperlancar kegiatan Ekspor Impor adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) yang bertugas untuk mengeluarkan atau menerbitkan SKA (Surat Keterangan Asal) atau COO (Certficate Of Origin) dengan memenuhi persyaratan – persyaratan yang telah ditetapkan. Surat Keterangan Asal merupakan salah satu dokumen penyerta Ekspor yang diterbitkan dalam rangka untuk dapat menikmati fasilitas penurunan tarif yang diberikan oleh negara–negara maju kepada negara–negara berkembang.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Jenis SKA apa yang digunakan sebagai dokumen yang dikeluarkan untuk dokumen ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) di Amerika Serikat?
  2. Bagaimana perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) Kota Surakarta ke Amerika Serikat selama periode tahun 2008 ?
  3. Kendala apa saja yang muncul dalam perkembangan ekspor komoditi TPT (Tekstil Produk dan Tekstil) ke Amerika Serikat ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

Merupakan suatu kegiatan mengeluarkan barang dari peredaran dalam masyarakat dan mengirimkan ke luar negeri sesuai ketentuan pemerintah dan mengharapkan pembayaran dengan valuta asing yang disertai dengan dokumen-dokumen yang digunakan untuk ekspor seperti Packing List, Invoice, Letter of Credit, PEB, Bill of Lading, COO (Certificate Of Origin) dan lain sebagainya. Dengan tujuan meningkatkan laba perusahaan melalui perluasan pasar (optimalisasi laba), membuka pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar domestik, untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas terpasang dan untuk membiasakan diri bersaing dalam pasar internasional sehingga terlatih dalam persaingan yang ketat.

Dokumen Ekspor

Selain ketentuan dan syarat yang ditentukan dalam L/C, eksportir juga harus melengkapi dokumen-dokumen ekspor yang yang diwajibkan oleh pemerintah karena dalam perdagangan ekspor, pihak-pihak yang terkait didalamnya semuanya berurusan dengan dokumen. Berikut ini jenis-jenis dokumen ekspor yang diperlukan adalah sebagai berikut (Badan Pengembangan Ekspor Nasional, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, 2003 : 22-25).

Pengertian Surat Keterangan Asal (SKA)

Surat Keterangan Asal (“Certificate of Origin”) adalah suatu dokumen yang berdasarkan kesepakatan dalam perjanjian bilateral, regional dan multilateral serta ketentuan sepihak dari suatu negara tertentu wajib disertakan pada waktu barang ekspor dari Indonesia akan memasuki wilayah tertentu yang membuktikan bahwa barang tersebut berasal, dihasilkan dan diolah di Indonesia. Berdasarkan pengertian tersebut, bahwa SKA dilandasi oleh kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah mitra dagang Indonesia yang dituangkan dalam perjanjian perdagangan bilateral, regional dan multilateral sehingga Indonesia sebagai anggota WTO terikat dan wajib mematuhi seluruh isi kesepakatan. Indonesia juga wajib menaati persyaratan SKA yang ditentukan secara sepihak oleh negara pengimpor, sebagai konsekuensinya apabila barang ekspor Indonesia tidak disertai dengan SKA yang disyaratkan oleh negara tujuan ekspor Indonesia, maka Negara pengimpor dapat menolak barang tersebut (untuk SKA Non Preferensi) atau tidak memberikan kemudahan berupa keringanan bea masuk (untuk SKA Preferensi) (Departemen Perdagangan, Direktorat Jendral Perdagangan Luar Negeri, Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, 2005 : 3).

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir adalah studi kasus karena mengambil salah satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada suatu masalah.

Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder.

Metode Pengumpulan Data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, studi pustaka dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Dokumen Surat Keterangan Asal yang digunakan untuk ekspor komoditi tekstil dan produk tekstil adalah Surat Keterangan Asal Form B. Pemakaian Surat Keterangan Asal Form B digunakan untuk ekspor tekstil dan produk tekstil yang terbuat dari kapas, serat buatan campuran sutera, ramie dan serat alam lainnya selain kapas, yang telah dikenakan kuota yang ditujukan ke Amerika Serikat dan negara-negara yang ketentuan pembacanya tunduk kepada ketentuan pabean Amerika Serikat.
  2. Melalui Surat Keterangan Asal yang diterbitkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan menunjukkan bahwa ekspor komoditi tekstil dan produk tekstil dari bulan kebulan selama tahun 2008 mengalami peningkatan dan penurunan, bahkan sempat mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu sebesar 93.68 yang terjadi pada bulan Juli. Penurunan tersebut terjadi karena adanya kendala yang muncul dan yang paling berpengaruh adalah Krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat telah memberikan dampaknya ke hampir seluruh dunia di hampir seluruh sektor. Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) Indonesia pun turut merasakan akibatnya. Melemahnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), dan Jepang, telah menurunkan daya beli masyarakatnya dan sebagai akibatnya permintaan untuk TPT pun mengalami penurunan. Padahal AS, UE, dan Jepang adalah pasar ekspor utama produk TPT dunia termasuk dari Indonesia.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Proses Produksi Paper Bag pada PT.Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  2. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan
  3. Tatalaksana Pembayaran dan Penyetoran Penerimaan Negara dalam Rangka Impor pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A3 Surakarta
  4. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan Surat
  5. “ Cost And Benefit Analysis “ Kayu Sengon Sebagai Bahan Baku Ekspor Plywood Pada Pt. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya

 

 

 

Leave a Reply