HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: “Cost And Benefit Analysis“ Kayu Sengon sbg Bahan Baku Ekspor Plywood

Judul Skripsi : “Cost And Benefit Analysis“ Kayu Sengon Sebagai Bahan Baku Ekspor Plywood pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya

 

A. Latar belakang

Kendala utama yang dihadapi industri plywood saat ini menyangkut ketersediaan bahan baku kayu bulat (log). Semakin menurunnya potensi hutan, jelas akan semakin memperparah ketimpangan supply dan demand bahan baku industri perkayuan. Pada tahun 1990-an industri perkayuan masih kokoh berdiri. Industri perkayuan merupakan salah satu primadona yang menjadi kebanggaan tersendiri baik bagi pemerintah, masyarakat maupun pelaku usaha. Betapa tidak, industri perkayuan ini telah memberikan kontribusi tidak sedikit bagi berlangsungnya proses pembangunan, khususnya terkait dengan besarnya devisa yang dihasilkan dari produk yang diekspor ke manca Negara. Produk ekspor yang dihasilkan industri perkayuan, didominasi plywood dan derivatnya.

Dalam perkembangannya, industri perkayuan mengalami perubahan luar biasa. Ada yang memprediksikan, keruntuhan industri pengolahan kayu baik skala besar maupun kecil tinggal menunggu waktu. Beberapa pengusaha di bidang perkayuan disibukan memikirkan langkah efisiensi dan rasionalisasi, seperti pengurangan shift kerja, PHK, dan sebagainya. Lebih parah lagi, banyak industri perkayuan yang memang benar-benar tidak mampu memutar mesinnya alias gulung tikar. Salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan antara supply dan demand bahan baku kayu. Masalah yang juga dihadapi perusahaan perkayuan baik di tingkat lokal maupun nasional ini sangat mengganggu dan harus segera dicarikan jalan keluarnya. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah mengatasi kelangkaan bahan baku. Sumber daya hutan, potensi kayunya cenderung semakin merosot dari waktu ke waktu. Dalam mendapatkan bahan baku kayu, tidak semudah ketika industri perkayuan masih jaya. Akibatnya, harga bahan baku kayu semakin mahal sehingga cost yang harus dikeluarkan perusahaan perkayuan semakin besar pula.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja yang menjadi komponen-komponen dalam menganalisis cost and benefit kayu sengon sebagai bahan baku utama ekspor plywood?
  2. Bagaimana perhitungan biaya investasi dan biaya produksi sebagai penunjang dalam menentukan cost and benefit kayu sengon sebagai bahan baku utama ekspor plywood?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Cost and Benefit Analysis

Menurut (Vibiznews – Finance), analisa cost and benefit adalah teknik sederhana yang banyak digunakan untuk mengambil keputusan mengenai perubahan. Analisa cost and benefit memungkinkan perusahaan untuk mencari tahu apakah sebuah keputusan mampu memberikan tambahan nilai. Analisa cost and benefit dilakukan dengan membandingkan biaya dan benefit financial dari suatu keputusan. Sebagai contoh, perbandingan cost benefit dari pembangunan jalan yang mengukur biaya dalam membangun jalan dan menguranginya dari pendapatan yang diperoleh dari membangun jalan.

Pengertian Akuntansi Biaya

Berdasarkan praktek yang ada sekarang, akuntansi biaya dapat didefinisikan sebagai proses mengukur, menganalisis, menghitung dan melaporkan biaya, profitabilitas serta pelaksanaan operasi (Prayitno, 1982: 25). Sementara itu menurut Mulyadi (1991: 6), akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya. Dari dua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa obyek dari akuntansi biaya adalah biaya.

Pengertian Biaya Produksi

Biaya produksi yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi (Sulastiningsih dan Zulkifli, 1999: 83). Sedangkan menurut Hansen dan Mowen (2001: 45), biaya produksi adalah biaya yang berhubungan dengan produksi barang atau penyediaan jasa.

 

D. Metode Penelitian

Ditinjau dari sifatnya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.

Lokasi penelitian di PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya dan penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan Februari-Maret 2009.

Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interview, Observasi, dan Studi Kepustakaan.

Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam menganalisis cost and benefit, komponen-komponen yang digunakan pada PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) adalah Biaya investasi, Biaya produksi, Pendapatan Perusahaan, Laba(Rugi), Bunga Bank, dan Pajak. Biaya Investasi adalah biaya yang dikeluarkan pada saat pemeliharaan kayu, sedangkan biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan pada saat kayu tersebut ditebang dan akan dijual. Pendapatan perusahaan menentukan besarnya laba(rugi) yang akan diterima perusahaan, sedangkan bunga dan pajak menentukan besarnya pendapatan yang akan diterima apabila seluruh biaya dialokasikan pada bank. Komponen-komponen inilah yang dianalisis untuk mendapatkan keputusan apakah usaha tersebut layak dijalankan atau Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa analisis cost and benefit bermanfaat untuk menetukan pengambilan keputusan atau sebagai acuan dalam menentukan kelayakan suatu usaha.
  2. Perhitungan biaya investasi yaitu dihitung dari besarnya biaya yang dikeluarkan pada waktu pembibitan, tanaman tahun ini, tanaman dalam pemeliharaan I-IV dan tanaman persediaan I-II. Perhitungan biaya produksi yaitu dihitung dari besarnya biaya yang dikeluarkan pada waktu penjarangan I-II dan tebang habis. Biaya investasi dan biaya produksi untuk per hektar pada PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) telah ditetapkan standartnya. Hal tersebut dilakukan untuk memprediksi besarnya pendapatan dan laba yang Selain itu juga dilakukan untuk mengetahui seberapa besar penyimpangan atau ketidak sesuaian antara norma standar fisik dengan realisasi lapangan.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Proses Produksi Paper Bag pada PT.Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  2. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan
  3. Tatalaksana Pembayaran dan Penyetoran Penerimaan Negara dalam Rangka Impor pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A3 Surakarta
  4. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat melalui Penerbitan Surat
  5. Cost And Benefit Analysis “ Kayu Sengon sebagai Bahan Baku Ekspor Plywood pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya

 

Leave a Reply