HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Adminstrasi: Strategi Dinas Koperasi dan UKM dlm Pengembangan Sektor UMKM

Judul Skripsi : Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

 

A. Latar Belakang Skripsi

Pengaruh dari UndangUndang No. 32 Tahun 2004 tersebut adalah pada terbentuknya daerah-daerah otonom. di mana dalam Undang-Undang tersebut, dijelaskan bahwa daerah otonom merupakan suatu kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batasbatas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap daerah otonom berhak mengatur pemerintahannya sendiri. Dengan kata lain, pemerintahan di Indonesia bukan hanya sekedar tanggung jawab pemerintah pusat, akan tetapi juga merupakan tanggung jawab dari pemerintah daerah itu sendiri.

Akibat lain dari pemberian hak otonom tersebut adalah adanya perubahan pada pendekatan pembangunan. Pendekatan yang digunakan tidak lagi bersifat Top Down dan sentralistis, tetapi lebih mengutamakan peran serta masyarakat (Bottom Up) dan desentralisasi, seiring dengan meningkatnya partisipasi dan tingginya gairah kehidupan demokrasi di masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimanakah strategi pengembangan sektor UMKM oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta?”

 

C. Landasan Teori

Manajemen

Istilah “manajemen” saat ini sudah banyak dikenal di Indonesia, baik di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan swasta. Hal ini disebabkan karena setiap kegiatan dalam lapangan apapun, caracara dalam pencapaian tujuan pada prinsipnya adalah sama, dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen.

Perencanaan Strategis

Perencanaan strategis merupakan suatu proses analisis, perumusan, dan evaluasi strategi-strategi yang diterapkan oleh seorang manajer guna mengatasi ancaman eksternal dan merebut peluang yang ada. Tujuan utama perencanaan strategis adalah agar organisasi mampu melihat secara obyektif kondisikondisi internal dan eksternal, sehingga organisasi dapat mengantisipasi perubahan lingkungan eksternal. Jadi, perencanaan strategis penting untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan dukungan yang optimal dari sumber daya yang ada.

Strategi

Kata strategi berasal dari bahasa Yunani “strategos”, yang berarti a general set of maneuver carried out to overcome an enemy during combat, yaitu sekumpulan senjata yang digunakan untuk memerangi musuh selama peperangan. Jadi, memang istilah strategi semula bersumber dari kalangan militer dan secara popular sering dinyatakan sebagai “kiat yang digunakan oleh para jenderal untuk memenangkan suatu peperangan”. Namun dewasa ini istilah strategi sudah digunakan oleh semua jenis organisasi, dan ide-ide pokok yang terdapat dalam pengertian semula tetap dipertahankan, hanya saja aplikasinya disesuaikan dengan jenis organisasi yang menerapkannya.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung, dan pencatatan dokumen.

Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang bisa juga berkembang menjadi snowball sampling. Untuk menguji validitas data digunakan teknik triangulasi data, sedangkan dalam penarikan kesimpulan digunakan teknik analisis interaktif.

 

E. Kesimpulan

Strategi Perkuatan

Strategi Perkuatan ini dimaksudkan untuk memperkuat jalannya usaha sector UMKM agar keberadaannya dapat selalu eksis dan bertahan di tengah perkembangan jaman. Strategi ini didukung dengan kegiatan :

  1. Sosialisasi Dukungan Informasi Penyediaan Permodalan Bagi UMKM, yang bertujuan untuk menjembatani antara pelaku usaha UMKM dengan pihak penyedia bantuan kredit dalam hal mengakses bantuan permodalan.

Strategi Pemberdayaan

Strategi Pemberdayaan ini merupakan strategi untuk melakukan usaha-usaha dalam rangka untuk memberdayakan keeksistensian sector UMKM. Strategi ini diimplementasikan dengan kegiatan :

  1. Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan, yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan di kalangan pelaku usaha UMKM
  2. Penyelenggaraan Promosi Produk UMKM, yang bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM.

Strategi Perlindungan

Strategi Perlindungan dimaksudkan untuk melindungi jalannya usaha UMKM, agar hambatanhambatan dalam perjalanan usahanya dapat diminimalisir. Strategi ini dilakukan dengan adanya kegiatan :

  1. Penyusunan Kebijakan Tentang UMKM, merupakan kegiatan penyusunan naskah akademik dan draft Raperda tentang Koperasi dan UMKM
  2. Fasilitasi Pengembangan UMKM, yang merupakan kegiatan untuk memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan oleh UMKM dalam upaya untuk mengembangkan usaha mereka.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Reformasi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Purworejo (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pelaksanaan Reformasi Pelayanan Perizinan Melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Stop Service) di Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Kabupaten Purworejo)
  2. Analisis Kinerja dan Pengelolaan Anggaran Pembiayaan Dinas Kesehatan Kota Surakarta dalam Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Tahun 2008
  3. Perencanaan Strategis RSUD Dr.Moewardi Surakarta dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
  4. Strategi Dinas Kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DKRPP&KB) dalam Mencegah Penyimpangan Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 di Kota Surakarta
  5. Kualitas Pelayanan Kantor Samsat Surakarta

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply