HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Prototipe Pintu Dengan Menggunakan Password Berbasis Mikrokontroler AT89S51

INTISARI

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi maka setiap orang dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada, jika tidak maka dalam memenuhi kebutuhan ada sebagian dengan menempuh jalan pintas untuk mendapatkannya salah satunya dengan kejahatan mencuri. Dengan kemajuan teknologi maka setiap orang dituntut untuk dapat memberi solusi dari masalah tersebut dengan sistem keamanan yang baik pada pintu rumah. Sehingga dalam tugas akhir ini dibuat prototipe pintu dengan menggunakan password berbasis mikrokontroller AT89S51 yang cukup terjamin.

Mikrokontroller AT89S51 akan menerima password dari keypad kemudian data diolah oleh sistem mikrokontroller untuk dibandingkan antara data input dengan data referensi. Password yang sesuai/cocok maka pada penampil akan memberikan proses yang dilakukan sistem mikrokontroller dan pintu akan membuka dengan digerakkan oleh motor stepper. Sedangkan alarm akan menyala jika pintu dibuka secara paksa yang mengakibatkan microswitch terbuka dan untuk memberikan keamanan password dapat diganti agar tidak mudah diketahui orang lain.

Oleh karena itu alat tersebut sebagai salah satu solusi yang cukup terjamin dalam memberikan keamanan pada pintu rumah. Dengan menggunakan keypad dan microswitch sebagai masukan, mikrokontroller AT89S51 sebagai pengendali serta motor stepper dan alarm sebagai keluaran. Untuk keamanan yang lebih terjamin dilengkapi dengan fasilitas ganti password dan sistem keamanan pada alarm yang akan menyala jika pintu dibuka secara paksa.

Kata kunci : Mikrokontroller AT89S51, keypad, motor stepper, password, alarm.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perkembangan jaman ada sebagian orang yang menempuh hidup dengan jalan pintas untuk mendapatkan kekayaan, salah satunya dengan kejahatan mencuri. Orang akan lebih mudah mencuri di rumah yang tidak memiliki sistem keamanan. Dengan kemajuan teknologi maka manusia akan dituntut untuk dapat memberi solusi dari berbagai macam masalah keamanan. Salah satunya adalah teknologi mikrokontroller untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tekonologi mikrokontroller pada saat ini bukan merupakan hal baru lagi bagi manusia yang berkecimpung dalam dunia komputer. Mikrokontroller sangat membantu aktifitas manusia karena dari segi biaya pembuatan alat yang menggunakan komponen utama mikrokontroller lebih murah jika dibandingkan pembuatan alat menggunakan komponen utama komputer. Disamping itu dengan menggunakan mikrokontroller akan lebih praktis dan sederhana. Mikrokontroller merupakan sebuah IC yang di dalamnya sudah mencakup Central Processing Unit, ROM, RAM, Input / Output. Dengan demikian untuk mengaktifkan mikrokontroller diperlukan seperangkat software yang ditulis dengan bahasa assembler kemudian dikompilasi sehingga dapat dibaca oleh mikrokontroller, dan software tersebut harus disimpan dalam ROM mikrokontroller.

Mikrokontroller dengan tambahan komponen pendukung seperti keypad, motor stepper serta penampil 7 segmen akan dapat diprogram untuk mengatur pintu dengan sistem keamanan yang baik sehingga orang membutuhkan kode untuk dapat membuka pintu sehingga diharapkan dapat mencegah dari tangan – tangan jahil.

Hal tersebut di atas melatarbelakangi untuk pembuatan sebuah alat untuk memberikan keamanan pada pintu rumah maka dalam hal ini akan dilakukan pembuatan tugas akhir dengan judul ”Prototipe Pintu Dengan Menggunakan Password Berbasis Mikrokontroler AT89S51”.

Incoming search terms:

Leave a Reply