HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Proposal Penelitian Pendidikan Islam tentang Ketakwaan Siswa

Proposal Penelitian Pendidikan Islam tentang Ketakwaan Siswa

Proposal Penelitian Pendidikan Islam tentang Ketakwaan SiswaPermasalahan yang dapat diangkat untuk dijadikan tema dalam menyusun proposal penelitian pendidikan Islam ada banyak sekali. Mahasiswa bisa menganalisis berbagai fakta atau permasalahan tentang rendahnya kualitas pendidikan islam di negara kita. Dunia pendidikan islam memang merupakan dunia yang tak terpisahkan dalam proses kehidupan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Sebagai sarana dalam pengembangan kepribadian siswa, pendidikan islam dituntut untuk lebih selektif. Selanjutnya berbagai masalah pendidikan islam muncul terus-menurus tanpa henti. Yang sering dipersoalkan oleh masyarakat tentang kualitas pendidikan islam adalah “Apakah pendidikan islam bisa menumbuhkan dan mengembangkan ketakwaan siswa?

Masalah tersebut tentunya dapat dijadikan dasar permasalah untuk menyusun proposal penelitian pendidikan islam. Kemajuan teknologi dan informasi dalam era globalisasi ini membawa pengaruh perubahan yang signifikan dalam membentuk watak dan kepribadian siswa, baik pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh yang positif tentu saja akan membawa manfaat bagi siswa, namun tidak semuanya membawa pengaruh positif akan tetapi akibat negatif sering kali muncul dan mempengaruhi akhaq generasi muda. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan dengan tegas bahwa dunia pendidikan islam mempunyai tugas yang sangat berat, yaitu dituntut untuk dapat melahirkan manusia-manusia yang mampu menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, dan berbudi pekerti yang luhur. Pendidikan Islam sebagai salah satu bagian dari materi pendidikan mempunyai tanggungjawab untuk dapat merealisasikan tujuan pendidikan Nasional tersebut. Sebagai bagian dari mata pelajaran di sekolah, pendidikan Islam seringkali mengalami kendala diantaranya keberadaan mata pelajaran Islam tidak mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah hal ini dapat dilihat dari alokasi waktu yang hanya 2 jam pelajaran perminggu bila dibandingkan dengan mata pelajaran lain yang mempunyai alokasi waktu lebih banyak.

Di sisi lain minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama diakui sangat minim mereka lebih suka dengan mata pelajaran berbasis tekhnologi dan informasi. Fenomena tersebut terjadi karena salah satu kelemahan pendidikan Islam adalah menerapkan metode atau strategi dalam proses pembelajaran, harus diakui bahwa pendidikan Islam pada saat ini diselimuti oleh awan mendung dan berbagai problematika yang belum terurai. Hal ini mengakibatkan melemahnya ketakwaan siswa terhadap agama islam, yang selanjutnya akan menimbulkan kenakalan remaja yang anarkis.

Dari beberapa hasil penelitian dan pemberitaan dalam media massa menunjukkan perilaku ketidaktakwaan siswa sangat banyak bermunculan, mulai dari perkelahian, tidak melakukan ibadah sholat, mengucapkan kata-kata tidak sopan, membolos dari sekolah sampai dengan tindakan melawan orang tua dan guru. Untuk menyusun proposal penelitian pendidikan islam dengan mengambil tema ketakwaan siswa, maka peneliti harus mengamati dengan saksama faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan islam di negara kita dan menganalisis dampaknya serta memberikan solusi atau masukan untuk memajukan pendidikan islam agar ketakwaan siswa senantiasa dapat ditingkatkan. Dengan membaca tulisan ini diharapkan dapat membantu anda dalam menyusun proposal penelitian pendidikan islam.

Incoming search terms:

Leave a Reply