HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Populasi Awal Nematoda Puru Akar Terhadap Pertumbuhan & Hasil Tanaman Cabai Merah

Judul : Pengaruh Populasi Awal Nematoda Puru Akar (Meloidogyne spp.) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annuum L.) Varietas Hot Beauty dan Tm-888

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Keberhasilan budidaya tanaman cabai (Capsicum annuum L.), tidak semata-mata tergantung pada teknik budidaya yang dilakukan, namun keberadaan hama dan penyakit sering lebih berpengaruh terhadap hasil panen yang tak jarang menyebabkan gagal panen. Nematoda merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman cabai. Beberapa jenis nematoda sering ditemukan di daerah perakaran tanaman cabai. Jika tanaman terserang nematoda, maka transportasi bahan makanan terhambat dan pertumbuhan tanaman terganggu. Selain itu kerusakan sel–sel akar akibat nematoda dapat memudahkan bakteri masuk dan menyerang tanaman (Anonim, 2007).

Sudjono, et al., (1985) mengemukakan bahwa salah satu jenis nematoda yang banyak menyerang tanaman dari suku Solaneceae adalah Meloidogyne spp. yang dikenal dengan nematoda puru akar. Puru akar mengakibatkan jaringan pembuluh akar menjadi sakit dan rusak, sehingga kehilangan hasil tanaman akibat terserang nematoda ditentukan antara lain oleh nematoda tersebut mulai menyerang dan tingkat populasi awal nematoda. Dengan mengetahui populasi awal nematoda menyerang tanaman dapat diketahui sejauh mana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai tingkat populasi awal nematoda puru akar terhadap pertumbuhan dan hasil cabai. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu mengendalikan nematoda dengan tepat, sehingga dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

 

Leave a Reply