HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pentingnya Kepemimpinan Dalam Semangat Kerja

Pentingnya Kepemimpinan dalam Semangat Kerja

Kepemimpinan ~ Dalam setiap organisasi jelas saja kepemimpinan seseorang sangat berpengaruh terhadap segala sesuatu yang timbul dari bawahannya. Segala sesuatu yang timbul dari bawahanya bisa berupa semangat dalam menjalani suatu tugas tertentu.

Contoh spesifiknya, dalam bekerja sesorang atau pegawai akan mengaharapkan suatu pujian tertentu atas hasil kerjanya dari pimpinan, pujian tersebut yang nantinya akan menumbuhkan semangat yang lebih dalam bekerja.

Semangat tadi kemudian akan membangkitkan motivasi yang lebih baik pula bahkan pegawai tersebut sudah merasa termotivasi dan kemudian akan mampu memotivasi dirinya sendiri dan juga orang yang berada disekitarnya.

Dari ulasan di atas dapat ditarik kesimpulan kepemimpinan sangat berperan penting terhadap tumbuhnya motivasi kerja yang berdampak positif terhadap semangat kerja yang nantinya diharapkan akan terus meningkat.

Dalam artikel kali ini, IDTesis kembali menyajikan berupa wawasan mengenai Pentingnya Kepemimpinan Dalam Semangat Kerja, yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan acuan refrensi anda.

Semangat kerja merupakan suatu cara atau metode yang digunakan dalam pencapaian prestasi kerja dan produktivitas dalam bekerja.

Sedangkan kepemimpinan merupakan suatu aktivitas perilaku pemimpin untuk mempengaruhi dan memotivasi melalui proses komunikasi (informasi) agar bawahan dapat diarahkan ketujuan organisasi yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Adapun aktivitas dari perilaku pemimpin harus dapat menunjukkan visi kepemimpinan, yaitu pemimpin yang transparansi mengenai kegiatan yang telah dan yang akan dibuat, pemimpin yang responsif terhadap tuntutan atau masalah yang berkembang di masyarakat, pemimpin profesional pada bidang tugasnya, dan pemimpin yang dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Dalam pembahasan kepemimpinan sendiri juga dilandasi adanya faktor yang mempengaruhi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan adalah :

  1. Berasal dari diri kita sendiri.
  2. Pandangan kita terhadap manusia.
  3. Keadaan kelompok.
  4. Situasi kepemimpinan

Dalam berbagai konsep kepemimpinan telah disebutkan pemimpin selalu lebih mendominasi rnempengaruhi bawahannya. Hal ini rnenunjukkan bahwa diantara pemimpin dan bawahan mempunyai interaksi yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya sesuai dengan waktu, tempat, dan situasi dimana mereka berada. Begitu pula sejarah telah mencatat bahwa pemimpin yang berhasil pada suatu saat, belum tentu berhasil pada saat yang lain.

 

Dari berbagai uraian di atas, sudah dapat dilihat bahwa peran kepemimpinan sangat penting dalam semangat kerja. Pentingnya kepemimpinan dalam semangat kerja antara lain :

  1. Sebagai ladang motivasi bagi pegawai atau bawahan

Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Pada dasarnya manusia pertama-tama termotivasi untuk pemenuhan kebutuhan fisik. Dan setelah kebutuhan fisik terpenuhi maka kebutuhan manusia akan meningkat ke tahap kedua kebutuhan keamanan. Kemudian setelah terpenuhi kebutuhan keamanan maka akan terus meningkat kebutuhannya sampai pada tingkatan terakhir yaitu kebutuhan aktualisasi diri.

Dalam hal inilah peran kepemimpinan sangat penting sebagai dasar tumbuhnya motivasi.

  1. Sebagai Informasi

Pemimpin merupakan pusat informasi yang sangat dibutuhkan untuk memudahkan bawahan melaksanakan tugas-tugasnya didalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Karena apabila informasi yang dibutuhkan bawahan tidak dapat dimengerti dan dipahami, maka akan mengakibatkan keterlambatan dan bahkan kesalahan di dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Oleh sebab itu, informasi harus disampaikan dengan jelas dan tepat olen pemimpin kepada bawahannya supaya informasi (pesan) yang disampaikan kepada bawahannya supaya informasi (pesan) yang disampaikan tersebut dapat diterima dengan jelas, baik dan dapat dimengerti.

 

  1. Sebagai pengambil keputusan

Pemimpinan atau kualitas kepemimpinan yang mempengaruhi semangat kerja pegawai dapat dilihat dari 4 (empat) indikator yaitu: kekuatan pengaruh ke arah yang positif; kemampuan untuk mendorong dan membangkitkan motivasi bawahan atau pengikut, kemampuan dalam menyerap serta memberikan informasi kepada bawahan dan kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tegas, konsisten dan konsekuen.

Demikian artikel pentingnya kepemimpinan dalam semangat kerja yang berisi tentang Kepemimpinan, Semangat Kerja, Faktor-faktor Kepemimpianan yang telah disajikan IDtesis. Semoga dapat bermanfaat sebagai refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply