HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli

Peran Motivasi Belajar

Untuk mewujudkan pendidikan nasional diperlukan adanya lembaga pendidikan, baik formal ataupun non formal. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perkembangan dan pembentukan kepribadian siswa, karena di lembaga inilah para siswa menerima pengetahuan yang bertujuan untuk mendewasakan siswa.

Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Agar kegiatan belajar mengajar itu memberikan hasil yang efektif maka perlu adanya usaha untuk membangkitkannya.

Dalam hal ini seorang guru dituntut mampu menciptakan situasi belajar yang dapat merangsang dan mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam belajar.

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa motivasi sangat berpengaruh besar dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, penting sekali kita mngetahui pengertian dari motivasi itu sendiri.

Pengertian Motivasi Belajar adalah sebagai berikut

  • Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri seseorang yang muncul atas keinginan dan kemauan diri sendiri. Jadi dapat dikaitkan bahwa pengertian motivasi belajar merupakan dorongan dan semangat yang muncul dari diri siswa atas dasar keinginannya sendiri.

Pengertian di atas belum cukup untuk dijadikan wawasan, jika masih belum ada sumber yang memberikan pendapatnya seperti para ahli. Adapun pengertian motivasi belajar menurut para ahli.

  • Menurut Filmore Motivasi ialah suatu kondisi (kekuatan/dorongan) yang menggerakan organisme (individu) untuk mencapai suatu tujuan atau beberapa tujuan tertentu atau dengan kata lain motif itu yang menyebabkan timbulnya semacam kekuatan agar individu itu berbuat bertindak atau bertingkah laku.

Berdasarkan pendapat di atas, bahwa motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah aktif dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu kegiatan atau tindakan.

  • Adapun kata Belajar, menurut Sardiman, dimaknai sebagai usaha penguasaan materi pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya dengan penambahan pengetahuan.

Jadi apabila digabungkan kedua kata antara motivasi dan belajar akan mempunyai pengertian bahwa motivasi belajar adalah suatu dorongan atau daya penggerak dalam diri siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan dan memberikan arah kegiatan belajar.

Sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Dengan demikian amatlah penting bagi para guru untuk menumbuhkan dan memberikan motivasi agar anak didiknya dapat melakukan aktifitas belajarnya dengan baik, sehingga akan mendapatkan out-put yang baik dan berkualitas tinggi.

Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik

Menurut Muhibbin Syah bahwa motivasi dapat dibedakan dua macam, yaitu:

  1. Motivasi Intrinsik yaitu hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar. Termasuk dalam motivasi intrinsik siswa adalah perasaan menyenangi materi pelajaran dan kebutuhannya terhadap materi tersebut, misalnya untuk kehidupan masa depan siswa yang bersangkutan.
  2. Motivasi Ekstrinsik yaitu hal dan keadaan yang datang dari luar individu siswa yang juga mendorongnya untuk melakukan kegiatan belajar. Pujian dan perhatian, peraturan dan tata tertib sekolah, guru tauladan, orang tua , guru, ini merupakan contoh-contoh konkret motivasi ekstrinsik yang dapat menolong siswa untuk belajar.

 

Ciri-Ciri Siswa dengan Motivasi Belajar Tinggi

Adapun beberapa ciri-ciri untuk mengetahui motivasi dalam diri seseorang sebagaimana dijelaskan oleh Sardiman A.M, yaitu :

  1. Tekun menghadapi tugas, tak pernah berhenti sebelum selesai.
  2. Ulet menghadapi kesulitan, tak putus asa
  3. Lebih senang belajar sendiri
  4. Cepat bosan pada tugas rutin (berulang-ulang begitu saja)
  5. Dapat mempertahankan pendapatnya kalau sudah yakin akan sesuatu
  6. Senang memecahkan masalah atau soal.

Apabila seseorang memiliki ciri-ciri seperti di atas, berarti seseorang memiliki motivasi yang cukup kuat. Dan ciri-ciri tersebut penting dalam kegiatan belajar mengajar, karena kegiatan belajar akan berhasil baik.

Kalau siswa tekun belajar dan mengerjakan tugas dengan baik. Hal itu semua dapat dipahami benar oleh guru, agar interaksi dengan siswanya dapat memberikan motivasi yang tepat dan optimal.

Demikian artikel yang membahas mengenai pengertian motivasi belajar, macam-macam motivasi, ciri-ciri motivasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply