HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu hal yang memerlukan perhatian dalam pelaksanaan kegiatan produksi perusahaan. Karena keselamatan dan kesehatan kerja merupakan faktor penting dalam proses produksi, maka perusahaan harus memperhatikan masalah tersebut.

Apabila tenaga kerja sakit akan mengakibatkan kegiatan produksi terganggu, selain itu perusahaan akan menanggung biaya produksi dan biaya kesehatan tenaga kerja. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan usaha yang terprogram dengan memberikan pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja.

Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Adapun pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari beberapa ahli, sebagai berikut:

  1. Leon C. Megginson mengungkapkan bahwa Keselamatan kerja menunjukkan kondisi yang aman atau selamat dari penderitaan, kerusakan atau kerugian di tempat kerja. Sedangkan kesehatan kerja menunjukkan kondisi yang bebas dari gangguan fisik, mental, emosi atau rasa sakit yang disebabkn oleh lingkungan kerja.
  2. Sedangkan Suma’mur mengemukakan bahwa Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.

Berdasarkan pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja adalah :

  • suatu tindakan perlindungan dan pengawasan
  • terhadap ancaman kecelakaan dengan menggunakan mesin, alat kerja, lingkungan dan cara-cara melakukan pekerjaan
  • menuju kondisi yang aman dan selamat,
  • sehingga tenaga kerja memperoleh derajat kesehatan,
  • terhindar dari penyakit akibat kerja, baik secara fisik, mental dan sosial.

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal penting, mengingat kecelakaan yang terjadi akan menghambat kegiatan produksi secara langsung. Apabila sampai terjadi kecelakaan kerja akan menimbulkan risiko keselamatan kerja (seperti: aspek-aspek dari lingkungan kerja yang dapat menyebabkan kebakaran, ketakutan aliran listrik, terpotong, luka memar, patah tulang, kerusakan alat tubuh, penglihatan dan pendengaran) dan kesehatan kerja (seperti: bekerja melebihi periode waktu yang ditentukan, lingkungan yang dapat membuat stress, emosi atau gangguan fisik).

 

Tujuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah:

  • Melindungi tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas.
  • Menjamin keselamatan setiap orang lain yang berada di tempat kerja.
  • Sumber produksi dipelihara dan dipergunakan secara aman dan efisien.

Sedangkan tujuan program keselamatan dan kesehatan kerja adalah:

  • Setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial, dan psikologis.
  • Setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya dan seefektif mungkin.
  • Semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
  • Adanya pemeliharaan dan peningkatan gizi pegawai.
  • Meningkatkan kegairahan, keserasian kerja dan partisipasi kerja
  • Terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja
  • Setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa keselamatan kerja adalah sarana utama untuk pencegahan kecelakaan, gangguan kesehatan, cacat dan kematian yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Adanya pelayanan kesehatan dan keselamatan kerja akan menciptakan kondisi lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat, terlindungi dan selamat yang akhirnya akan meningkatkan kegairahan dalam bekerja, sehingga akan tercapai tingkat produktivitas yang tinggi.

Demikian artikel yang membahas mengenai keselamatan kerja dan kesehatan kerja, tujuan keselamatan kerja dan tujuan kesehatan kerja. Semofa artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai bahan acuan refrensi.

Incoming search terms:

Leave a Reply