HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Desa Siaga dan Tujuan Pengembangan Desa Siaga

Desa Siaga Pengertian Desa Siaga dan Tujuan Pengembangan Desa Siaga

Desa Siaga

Desa Siaga ~ Yang marak pada saat ini adalah angka kematian ibu dan bayi yang melonjak naik, munculnya penyakit lama TBC, penyakit endemik lainnya, adanya penyebaran HIV yang dapat berlangsung lama merupakan masalah utama yang dihadapi oleh dinas kesehatan yang ada di Indonesia.

Ditambah lagi dengan berbagai bencana yang melanda Indonesia. Misalnya saja pada gunung meletus, tsunami, banjir, gempa bumi, tanah longsor dan kecelakaan juga menjadi fokus utam kesehatan, mengapa begitu ? karena dari semua peristiwa yang terjadi tersebut akan menimbulkan bibit-bibit penyakit yang lainnya.

Pada dasarnya pengembangan kesehatan yang diadakan selam ini secara tak lain ialah meningkatkan kualitas hidup tiap individu. Terutama pengembangan yang ada pada desa, dalam hal ini dikembangakan sebuah desa siaga. Dalam hal ini tujuan pengembangan desa siaga adalah mencanangkan cara hidup yang sehat.

Selain itu desa siaga menanamkan pada setiap penduduknya memiliki sikap yang tanggap dan cakap terhadap lingkungan yang mereka tinggali. Selain itu Departemen kesehatan pada tahun 2006 merumuskan secara khusus bahwa tujuan khusus dari desa siaga meliputi :

  1. Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan.
  2. Meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa.
  3. Meningkatnya keluarga yang sadar gizi dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.
  4. Meningkatnya kesehatan lingkungan di desa.

Sehingga dari tujuan khusus yang ada, terdapat suatu prinsip yang ada. Adapun prinsip yang disampaikan oleh Departemen Kesehatan pada tahun 2008 meliputi:

  1. Desa siaga adalah titik temu antara pelayanan kesehatan dan program kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan upaya masyarakat yang terorganisir.
  2. Desa siaga mengandung makna “kesiapan” dan “kesiagaan” Kesiagaan masyarakat dapat didorong dengan memberi informasi yang akurat dan cepat tentang situasi dan masalah-masalah yang mereka hadapi.
  3. Prinsip respons segera. Begitu masyarakat mengetahui adanya suatu masalah, mereka melalui desa siaga, akan melakukan langkah-langkah yang perlu dan apabila langkah tersebut tidak cukup, sistem kesehatan akan memberikan bantuan (termasuk pustu, puskesmas, Dinkes, dan RSUD).
  4. Desa siaga adalah “wadah” bagi masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan untuk menyelenggarakan berbagai program kesehatan.

Demikian artikel yang membehas mengenai Desa Siaga, Tujuan Desa Siaga, Prinsip Desa Siaga. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

 

Incoming search terms:

Leave a Reply