HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Bidan di Desa Menurut Para Ahli

Bidan di Desa Pengertian Bidan di Desa Menurut Para Ahli

Bidan di Desa

Bidan di Desa ~ Pada hakikatnya kehidupan yang ada tidak terlepas jauh dari suatu pelayanan kesehatan yang ada.  Pelayanan kesehatan sendiri dapat berupa kedalam hal-hal yang tidak dapat direncanakan. Dengan kata lain pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan tiba-tiba.

Misalnya pada suatu desa yang memiliki minim sekali tenega kesehatan, dalam waktu yang tidak terencana sala satu penduduk wanita akan melahirkan. Tentu saja bidan yang ada di desa tersebut harus dengan siap siaga menangani penduduk wanita tersebut.

Lantas apa yang disebut dengan bidan desa ? bida di desa adalah tenaga medis yang ditempatkan pada suatu desa dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas dari puskesmas yang ada di desa tersebut. Bidan desa juga memiliki wilayah kerja dalam satu desa tau dua desa.

Bidan di desa menyelenggarakann pelayanan kesehatan sesuai kompetensi dan sumber daya yang dimiliki, terutama pertolongan persalinan, kesehatan ibu dan dan anak dan membina peran serta masyarakat dalam 5 program terpadu Posyandu yaitu Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi,Imunisasi, penanggulangan Diare dan ISPA termasuk penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam International Confederation Of Midwives (ICM) dijelaskan bahwa bidan merupakan:

Seseorang yang telah selesai mengikuti pendidikan dalam program pendidikan bidan yang telah diakui oleh negaranya. Dan seseorang tersebut telah memiliki sertifikat untuk praktik yang sah setelah dinyatakan lulus dalam satuan pendidikan tersebut.

Pada dasarnya penempatan bidan di desa memiliki tujuan yang umum yaitu sebagai alat untuk meningkatakan kualitas dan pemerataan setiap pelayanan kesehatan yang ada melalui puskesmas dan posyandu dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, anak balita dan dengan program yang utama ialah menurunkan angka kelahiran.

Selain itu bidan yang ada di desa dituntut untuk mammpu memeperikan suatu kebiasaan yang sehat dalam masyarakat setempat. Mengapa demikian ? karena penduduk desa relatif memiliki kemampuan yang minim dibandingkan dnegan penduduk kota.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Bidan di Desa Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambahkan wawasan untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply