HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengaruh Penggunaan Media VCD terhadap Prestasi Belajar IPA pada Siswa SD

Judul Tesis : Pengaruh Penggunaan Media VCD terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngadirojo Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa

 

A. Latar Belakang

Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan yaitu sistem pembelajaran konvensional, kental dengan suasana instruksional dan dirasa kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat. Lebih dari itu kewajiban pendidikan dituntut untuk juga memasukkan nilai-nilai moral, budi pekerti luhur, kreativitas, kemandirian dan kepemimpinan, yang sangat sulit dilakukan dalam sistem pembelajaran yang konvensional. Sistem pembelajaran konvensional kurang fleksibel dalam mengakomodasi perkembangan materi kompetensi karena guru harus intensif menyesuaikan materi pelajaran dengan perkembangan teknologi terbaru. Kurang bijaksana jika perkembangan teknologi jauh lebih cepat dibanding dengan kemampuan guru dalam menyesuaikan materi kompetensi dengan perkembangan tersebut, oleh karenanya dapat dipastikan lulusan akan kurang memiliki penguasaan pengetahuan dan teknologi yang terbaru. Pada kenyataannya bahwa saat ini Indonesia memasuki era informasi yaitu suatu era yang ditandai dengan makinbanyaknya medium informasi, tersebarnya informasi yang makin meluas dan seketika, serta informasi dalam berbagai bentuk yang bervariasi tersaji dalam waktu yang cepat. Penyajian pesan pada era informasi ini akan selalu menggunakan media, baik elektronik maupun non elektronik. Suatu media yang terorganisasi secara rapi mempengaruhi secara sistematis lembaga-lembaga pendidikan seperti lembaga keluarga, agama, sekolah, dan pramuka. Dari uraian tesebut menunjukkan bahwa kehadiran media telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk sistem pendidikan kita, meskipun dalam derajat yang berbeda-beda.

Dengan demikian hasil belajar seseorang ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang ada di luar individu adalah tersedianya media pembelajaran yang memberi kemudahan bagi individu untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Selain itu juga faktor dari dalam individu juga ikut berperan di dalamnya, salah satunya adalah kreativitas siswa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media VCD dan media OHP terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh kreativitas belajar siswa tinggi dan kreativitas belajar siswa rendah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh penggunaan media dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Media

Kata media berasal dari bahasa Latin medium yang secara harfiah berarti tengah atau perantara (Gerlach & Ely 1971:185). Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Pengertian VCD

VCD merupakan salah satu media modern yang dikemas secara praktis dalam bentuk kepingan Compact Disk yang berisikan materi pembelajaran. Dengan demikian siswa akan tertarik menggunakan media ini dalam pembelajaran dikarenakan dapat menunjukkan gerakan suatu benda. Alasan menggunakan media VCD adalah :

  1. Mempermudah dalam menanamkan konsep dengan benar secara langsung kepada siswa karena siswa menyaksikan sendiri suatu peristiwa atau kejadian
  2. Mengurangi verbalisme
  3. Dapat membangkitkan semangat belajar siswa
  4. Menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan
  5. Meningkatkan prestasi belajar siswa.

Pengertian Kreativitas

Kreativitas berasal dari bahasa Inggris “creativity” yang berarti suatu kemampuan untuk menghasilkan bentuk baru dalam seni, permesinan atau dalam memecahkan masalah dengan menggunakan metode baru. Creativity is a process that manifest it self in fluency, in flexibility as well in originailty of thinking ( Utami Munandar, 1982: 28). (Kreativitas manusia yaitu merubah suatu bentuk ke bentuk lain atau merupakan sebuah proses fikir unik yang berpangkal pada flesibilitas dan originalitas.

Kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu pengetahuan alam menurut Udin Saripudin Winataputra (2004 : 122) adalah ilmu sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan,dan didasarkan terutama atas pengamatan induksi. IPA disebut juga dengan istilah Sains berasal dari bahasa Inggris ‘science’ yang artinya ilmu pengetahuan. Sains adalah pengetahuan yang telah diuji kebenarannya melalui metode ilmiah.

Prestasi Belajar

Prestasi menurut Winkel (1983: 226), merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai seseorang. Menurut Sutartinah Tirtonagoro (1989 : 78) bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dan menghasilkan perubahan dan dinyatakan dalam bentuk yang menunjukkan kemampuannya dalam mencapai hasil kerja dalam waktu tertentu. Achievement is something completed successfully goal reached” (Prestasi adalah sesuatu yang diselesaikan dengan sukses; dicapai tujuan) (http // thesaurus.reference com.18 Oktober 2008). Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha di dalam belajar.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di SD di Kecamatan Ngadirojo Tahun Pelajaran 2008/2009. SD Negeri I Gedong sebagai sekolah eksperiman dan SD Negeri I Pondok sebagai sekolah pembanding.

Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Penarikan sampel penelitian menggunakan multi stage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket.

Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan angket digunakan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa.

Uji validitas instrumen tes menggunakan Product Moment, hasil dari 40 butir soal semua valid dan reliabilitas instrumen menggunakan Spearman Brown diperoleh perhitungan sebesar 0,971. Uji validitas angket menggunakan Product Moment, hasil dari 30 butir soal ada 2 butir soal yang tidak valid dan reliabilitas instrumen menggunakan Spearman Brown diperoleh perhitungan sebesar 0,929.

Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur.

 

E. Kesimpulan

1. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media VCD dengan media OHP terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam pembelajaran dengan VCD siswa selalu aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga materi pelajaran akan lebih mudah diterima dan bertahan lama, yang pada giliranya akan mampu meningkatkan prestasi siswa.

2. Terdapat pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi akan menyukai sesuatu yang baru dan menantang, serta akan mencoba sesuatu yang baru tersebut sampai dapat menguasai dengan baik, sehingga akan memunculkan ide-ide yang baru yang dapat mempermudah siswa dalam menerapkan cara belajar yang paling efektif bagi dirinya.

3. Terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan didukung adanya kreativitas siswa yang tinggi maka akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Incoming search terms:

Leave a Reply