HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar

Contoh Tesis– Pengaruh Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepribadian Siswa Dalam Pendidikan Agama Katolik Di SMP Katolik Se-Kota Madiun

Pendidikan Karakter Sekolah Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan saat ini dihadapkan pada sebuah realita bahwa negara dan bangsa Indonesia sedang menderita sakitberat yakni rusaknya keadaban yang berdampak pada rusaknya keadaban publik dan merebaknya penyakit sosial seperti tindak kekerasan, korupsi dan perusakan lingkungan hidup.Rusaknya keadaban publik ini tentu saja sangat mengkhawatirkan karena melibatkan milik kita yang paling berharga yakni anak-anak.Hal ini secara nyata dapat dilihat pada meningkatnya kebebasanseks, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, tawuran dan masih banyak lagi yang semuanya menjurus pada tindak kriminal.

Mengapa hal itu bisa terjadi?Permasalahan ternyata bukan terletak pada kecerdasan, IQ atau otaknya, tetapi justru kepada hati nurani  dan secara eksplisit berkaitan langsung dengan jati diri dan karakternya (Soemarno Soedarsono, 2008: vii).Mata Pelajaran Pendidikan Budi Pekerti dan Agama yang seharusnya bisa menjadi  sarana untuk menanamkan nilaidan pembentukan karakter siswa  mengalami kegagalan karena  masih sebatas teks, kurang mempersiapkan siswa dalam menyikapidan menghadapi kehidupan yang kontradiktif.Kegagalan pendidikan secara kognitif akan menghasilkan orang yang tidak berkembang daya penalarannya, terbatas pengetahuannyadan berwawasansempit. Secara afektif kegagalan pendidikan akan menghasilkan manusia yang sulit berkembang dalam imannya meskipun orangmenganggap dirinya beragamadan pada akhirnya munculkecenderungan bersikap tidak bijak dalam menghadapi sebuah permasalahanyang komplek, tidak mampu menganalisa permasalahanyang dihadapinya, tidak mampu merefleksikan kehidupannya  serta tidak mampu mencari alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya.

B.  Perumusan Masalah

Dariidentifikasi dan pembatasan masalah di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Apakah terdapat perbedaan  pengaruh antara pendidikan karakter dengan pendekatan paradigma pedagogi reflektif dan pendekatan konvensional terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik?
  2. Apakah terdapat perbedaankepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah dalam belajar?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruhantara pendidikan karakter dengan pendekatan paradigmapedagogi reflektifdan motivasi belajar terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik?

C.  Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa :

  1. Terdapat perbedaan pengaruh pendidikan karakter dengan pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dan pendekatan konvensional terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik,
  2. Terdapat perbedaan kepribadian dalam Pendidikan Agama Katolik antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah dalam belajar,
  3. Tidak terdapat interaksi pengaruh antara pendidikan karakter dengan pendekatan paradigma pedagogi refleksi  dan motivasi belajar terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik.
Incoming search terms:

Leave a Reply