HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Media VCD dan OHP/T terhadap Motivasi Belajar dari Tipe Kepribadian

Judul Skripsi : Pengaruh Media VCD dan OHP/T terhadap Motivasi Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Mahasiswa Akper Kosgoro Mojokerto

 

A. Latar Belakang Skripsi

Berdasarkan pengamatan peneliti di Akper Kosgoro Mojokerto, sangat sedikit sekali dosen yang menggunakan media pembelajaran berupa video. Sebagian besar dosen pengajar masih menggunakan media sederhana seperti OHP/T, maupun bentuk power point yang hanya berupa tulisan dan gambar. Selain itu keaktivan peserta didik juga minimal sekali, mereka hanya mendengarkan penjelasan dosen. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang sering tidak hadir dalam perkuliahan. Pada saat kegiatan praktek di lapangan sebgaian besar mahasiswa sudah lupa dengan materi yang pernah diberikan dosen di dalam kelas.

Motivasi peserta didik juga tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan belajar. Motivasi merupakan faktor dalam diri yang dimiliki peserta didik yang memberikan daya dan menimbulkan kecintaan, kesenangan, untuk melakukan sesuatu hal gerak atau tindakan, seperti belajar. Jadi motivasi dalam hal ini merupakan faktor psikis mahasiswa yang menentukan tingkat keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada seseorang (Wahjosumidjo, 1992: 174). Motivasi menunjuk pada proses gerakan, termasuk situasi yang mendorong yang timbul dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut dan tujuan atau akhir daripada gerakan atau perbuatan (Sunaryo, 2004: 143). Motivasi adalah hasil faktor internal dan faktor eksternal.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan media VCD dan OHP/T terhadap motivasi belajar pada mahasiswa akademi keperawatan?
  2. Apakah ada perbedaan pengaruh tipe kepribadian, introvert dan extrovert terhadap motivasi belajar mahasiswa akademi keperawatan?
  3. Apakah ada interaksi media dan tipe kepribadian terhadap motivasi belajar mahasiswa akademi keperawatan?

 

C. Tinjauan Pustaka

Video Compact Disk (VCD) Pembelajaran

Video Compact Disk (VCD) adalah suatu perangkat yang berbentuk piringan yang berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk gambar dan suara. Sedangkan pengertian VCD pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip – prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencerna materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

 

Pengertian Motivasi

Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan (Hamalik, 2008: 158). Menurut Wahjosumidjo (1994: 174) motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, keberhasilan, persepsi dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang.

 

Pengertian Kepribadian

Kepribadian adalah suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem yakni id, ego dan super ego (Freud, 1939; dikutip dari Sunaryo, 2004: 102). Sedangkan menurut Maramis (1999, dikutip dari Sunaryo, 2004: 102), kepribadian adalah keseluruhan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang sering digunakan oleh seseorang dalam usaha adaptasi yang terus menerus terhadap hidupnya.

 

D. Metode Penelitian

Desain yang digunakan eksperimen kuasi, populasi sumbernya semua mahasiswa semester tiga dan lima Akademi Keperawatan Kosgoro Mojokerto dengan jumlah sampel 68 orang.

Variabel dependennya motivasi belajar, variabel independennya media VCD dan tipe kepribadian sebagai pengontrol.

Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji t dengan model regresi linear ganda.

 

E. Kesimpulan

1. Penggunaan media pembelajaran VCD dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan signifikan (?= 0.033)

2. Tidak ada pengaruh tipe kepribadian terhadap motivasi belajar mahasiswa

3. Tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran VCD dan tipe kepribadian terhadap motivasi belajar mahasiswa

Incoming search terms:

Leave a Reply