HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar

Judul Skripsi :  Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Asuhan Persalinan Normal Mata Kuliah Askeb II

 

A. Latar Belakang

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran dan komunikasi. Melalui media, baik audio, visual, maupun audiovisual, sesuatu yang semula tidak mungkin dijelaskan melalui ceramah, dapat dihadirkan di hadapan audiens dengan tampilan yang menarik. Bahkan multimedia seperti multimedia kits, hypermedia, hypertext, interactive media, saat ini makin populer pemanfaatanya. Dengan mengenal berbagai media pembelajaran seseorang (guru/dosen/penceramah) yang akan mengemukakan gagasan dapat mempresentasikan idenya dengan tampilan yang menarik (Anitah, 2009).

Suatu tampilan visual akan menarik dan memotivasi audiens bila dirancang dengan memperhatikan unsur-unsur desain visual. Demikian pula untuk media audio, ada berbagai format yang dapat dipilih agar tidak membosankan. Bila digabungkan dengan visual gerak atau animasi, tampilan menjadi lengkap dan hidup. Semua jenis media, baik konvensional maupun canggih, dapat dimanfaatkan untuk menambah daya tarik baik pada presentasi di forum-forum ilmiah, pembelajaran di kelas formal, maupun untuk pendidikan jarak jauh melalui online learning (Anitah, 2009).

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar asuhan persalinan normal mata kuliah Askeb II mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga”?

 

C. Tinjauan Pustaka

Media Pembelajaran

Media merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara”. Istilah media dapat kita artikan sebagai segala sesuatu yang menjadi perantara atau penyampai informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan (Supriatna, 2009). Sedangkan Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual (Supriatna, 2009).

 

Gaya Belajar

Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap lalu mengatur dan mengolah informasi (Porter dan Hernarcki, 2000). Pengertian tersebut mengandung arti bahwa kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar mempunyai cara tertentu sebagai usaha mencapai hasil yang diharapkan. Gaya belajar adalah cara konsisten yang dilakukan oleh seorang peserta didik didalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan memecahkan masalah (Nasution, 2000).

 

Prestasi belajar

Prestasi dalam kamus besar Indonesia diartikan sebagai hasil yang telah dicapai, dilakukan, dikerjakan dan sebagainya (Poerwadarminta, 2001). Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan seseorang dalam belajar dilakukan evaluasi belajar yang mencakup aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Evaluasi artinya penilaian terhadap tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program (Syah, 2004). Sedangkan prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Menggunakan intrumen kuesioner model skala likert.

Populasi yang digunakan adalah mahasiswa semester III tahun akademik 2010/2011, pengambilan sampel dengan teknik non random sampling yaitu purposive sampling.

Pengolahan data menggunakan uji statistik Analysis of variances (ANOVA) dua arah atau Two factorial design dengan bantuan program SPSS versi 15.0 for windows.

 

E. Kesimpulan

1. Terdapat pengaruh positif yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar asuhan persalinan normal pada mata kuliah Askeb II mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

2. Terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar asuhan persalinan normal pada mata kuliah Askeb II mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

3. Terdapat interaksi pengaruh positif yang signifikan antara media pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar asuhan persalinan normal pada mata kuliah Askeb II mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

4. Pengunaan media pembelajaran LCD lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran VCD dalam memberikan materi asuhan persalinan normal pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

5. Pemilihan gaya belajar kinestetik lebih baik dibandingkan dengan gaya belajar visual dan auditorial pada pembelajaran asuhan persalinan normal pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

Incoming search terms:

Leave a Reply