HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pembelajaran Fisika dgn Media Peta Konsep dan Modul dari Kemampuan Awal dan Kreativitas

Judul Tesis : Pembelajaran Fisika dengan Media Peta Konsep dan Modul Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kreativitas Siswa

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa agar mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Pendidikan sains diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang alam sekitar.

Fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif dalam menyelesaikan masalah, baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan matematika, serta dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri. Tuntutan prestasi yang tinggi, bagi sekolah yang menyandang predikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik sebagaimana diamanatkan oleh KTSP, harus dibangun dari potensi yang dimiliki sekolah itu sendiri.

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh penggunaan media peta konsep dan modul terhadap prestasi belajar fisika pada materi kinematika gerak lurus?
  2. Apakah ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar fisika pada materi kinematika gerak lurus?
  3. Apakah ada pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar fisika pada materi kinematika gerak lurus?

C. Landasan Teori

Pembelajaran

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, menyebutkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi kemampuan baru sebagai upaya menguasai materi pelajaran.

Peta Konsep

Seseorang dapat menyampaikan pengetahuannya dengan baik dan jelas jika orang tersebut memahami konsep yang disampaikan itu. Banyak pakar menjelaskan arti kata “konsep”, namun kebanyakan masih bersifat umum. Konsep adalah suatu abstraksi yang mewakili satu kelas objek-objek, kejadian, kegiatan atau hubungan yang mempunyai atribut sama. Sementara menurut Flavel, “konsep dapat berbeda dalam beberapa hal dengan mengetahui ciri dan sifatnya, sehingga kita dapat membedakan suatu konsep dengan konsep lain”. (Dahar,1989:79).

Modul

Bahwa modul merupakan pengajaran dengan menggunakan paket yang memuat satu satuan konsep bahan ajar. Pendekatan dalam pembelajaran menggunakan pengalaman siswa melalui penginderaan dan keterlibatan secara aktif. Siswa diberi kesempatan belajar menurut irama dan kecepatannya masing-masing. Anggapan dasar pengembangan modul ialah belajar merupakan proses yang harus dilakukan sendiri oleh siswa.

Kemampuan awal

Menurut Munandir (1977: 50),”kemampuan awal adalah ketrampilan yang harus dikuasai siswa agar dapat belajar secara efisien seperti dimaksud dalam rumusan tujuan akhir pengajaran”. Sedangkan Atwi Suparman (1977: 110) menyatakan bahwa “kemampuan awal adalah sejauh mana pengetahuan dan ketrampilan yang telah dimiliki sehingga dapat mengikuti pelajaran”. Dick & Carey (1985: 85) menyebutkan bahwa “perilaku awal (entry behaviours) adalah kemampuan atau skill khusus yang sudah diketahui sekelompok siswa sebelum memulai suatu pembelajaran yang baru”

D. Metodelogi Penelitan

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2010/2011, sejumlah 10 kelas.

Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 4 kelas.

Teknik pengumpulan data kreativitas digunakan metode angket, sedangkan kemampuan awal dan prestasi belajar kognitif digunakan metode tes. Instrumen diujicobakan di SMA Negeri 2 Purwokerto Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi tiga jalan dengan sel tak sama.

E. Kesimpulan

1. Pembelajaran diskusi kelompok dengan media peta konsep dan modul tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar kognitif. Nilai rerata masingmasing untuk kelompok peta konsep adalah 67,58 sedangkan untuk kelompok modul adalah 66,24

2. Kemampuan awal memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada materi kinematika garis lurus.

3. Kreativitas siswa memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kognitif pada materi kinematika garis lurus.

Leave a Reply