HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL Melalui Flipchart

Judul Tesis : Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar

A. Latar Belakang Masalah

 

Setiap individu unik artinya setiap individu memiliki perbedaan antara satu sama lain. Menurut Dryden dan Vos (cit. Sutrisno, 2011: 30) dalam pelaksanaan pembelajaran guru perlu memahami gaya belajar siswa yang pada umumnya ada tiga macam yaitu visual, auditorial, dan kinestetik berdasarkan kemampuan yang dimiliki otak dalam menyerap, mengelola, dan menginformasi. Siswa yang lebih suka belajar dengan mendengar disebut memiliki gaya belajar auditorial, sedangkan siswa yang lebih suka dengan gambar disebut memiliki gaya belajar visual, dan siswa yang lebih suka belajar dengan praktik disebut memiliki gaya belajar kinestetik.

Setiap orang (siswa) akan memiliki gaya belajar (learning style) tertentu dalam menerima dan menyerap informasi pelajaran, hingga menghasilkan suatu bentuk pengetahuan yang efektif untuk diproses menjadi suatu perilaku seimbang untuk mengembangkan dan menghadapi permasalahan berikutnya. Berdasarkan materi vermes yang akan dibahas dan media pembelajaran yang akan digunakan maka sangat penting untuk memperhatikan gaya belajar siswa,  sehingga tercapai tujuan pembelajaran biologi.

Berdasarkan latar belakang di atas dan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga sebagai solusi terhadap permasalahan siswa di SMA N 1 Pacitan perlu dilakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning ) melalui Media flipchart dan Media Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar.

B. Perumusan Masalah

 

  1. Adakah pengaruh pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL melalui media flipchart dan media video terhadap prestasi belajar siswa?
  2. Adakah pengaruh siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa?
  3. Adakah pengaruh siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial terhadap prestasi belajar siswa?

C. Tinjauan Pustaka

Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning)

Pendekatan CTL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Pendekatan CTL memiliki 7 komponen utama, yaitu:

  1. Konstruktivisme
  2. Inkuiri
  3. Bertanya /questioning
  4. Masyarakat Belajar/learning community
  5. Pemodelan/modeling
  6. Refleksi/reflection
  7. Penilaian nyata/authentic assessment

Media flipchart

Flipchart dalam pengertian sederhana adalah lembaran-lembaran kertas kalender berukuran 50X75 cm, atau ukuran yang lebih kecil 21X28 cm merupakan susunan gambar-gambar menyerupai album kertas kalender sebagai flipbook yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya dan digantung pada suatu tiang kecil, cara menunjukkan dengan dibalik satu persatu.  Flipchart hanya cocok untuk pembelajaran kelompok kecil yaitu 30 orang. Flipchart dapat digunakan sebagai media penyampai pesan pembelajaran.

Media video

Video merupakan media berbasis audio visual. Media ini menyampaikan materi menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan audio (melalui pendengaran) dan visual (melalui penglihatan). Media audio visual ini dapat dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama, dilengkapi fungsi peralatan suara dan gambar dalam satu unit, dinamakan media audio visual murni, seperti film bergerak (movie) bersuara, televisi, dan video. Jenis kedua adalah media audio visual tidak murni yaitu yang dikenal dengan slide, OHP, dan peralatan visual lain yang diberi unsur suara.

Kemampuan verbal

Kemampuan verbal adalah pengetahuan yang dimiliki seseorang dan dapat diungkapkan dalam bentuk bahasa, lisan, dan tertulis. Pengetahuan itu diperoleh dari sumber yang menggunakan bahasa juga lisan atau tertulis (Winkel, 2009: 111). Seseorang yang memiliki kemampuan verbal mampu menuangkan pengetahuannya dalam bentuk bahasa yang memadai, sehingga dapat dikomunikasikan pula kepada orang lain. Pengetahuan seseorang yang tanpa dapat dibahasakan sekiranya tidak banyak gunanya. Kemampuan verbal memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, karena tanpa memiliki sejumlah pengetahuan tidak dapat mengatur kehidupan sehari-hari dan tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara berarti.

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Agustus 2011-Juni 2012.

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Pacitan tahun pelajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X3 dan X8 menggunakan media flipchart dan kelas X2 dan X9 menggunakan media video.

Sampel diperoleh menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, dan kemampuan verbal, angket untuk afektif dan psikomotor.

Teknik analisa data menggunakan analisis variansi dengan desain faktorial 2x2x2 dengan menggunakan program SPSS 18.

E. Kesimpulan

1. Ada pengaruh prestasi belajar pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL melalui media flipchart dan video pada aspek kognitif. Sedangkan untuk aspek afektif dan psikomotor tidak terdapat pengaruh terhadap melalui media flipchart dan video dengan prestasi belajar biologi. Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL melalui media video menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL melalui media flipchart.

Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL melalui media video memiliki tampilan yang lebih menarik dalam bentuk gambar riil yang bergerak, materi disampaikan dalam audiovisual, dan akan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak dan merespon siswa untuk bereaksi dan aktif dalam proses pembelajaran sehingga lebih mudah menguasai dan memahami materi.

2. Ada pengaruh prestasi belajar siswa antara kemampuan verbal tinggi dan rendah pada prestasi belajar kognitif dan afektif. Sedangkan untuk aspek psikomotor tidak terdapat pengaruh terhadap kemampuan verbal tinggi dan rendah dengan prestasi belajar biologi. Siswa dengan kemampuan verbal tinggi memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan kemampuan verbal rendah. Kemampuan verbal akan mendorong siswa dapat lebih banyak mengekspresikan ide-ide dalam bentuk kata-kata sehingga lebih mudah memahami materi dan prestasi belajar lebih baik.

3. Ada pengaruh prestasi belajar siswa antara gaya belajar visual dengan gaya belajar auditori khususnya prestasi belajar kognitif. Siswa dengan gaya belajar visual memperoleh prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditori. Gaya belajar merupakan salah satu faktor intern yang dapat menentukan keberhasilan prestasi belajar seorang siswa.

Leave a Reply