HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembahasan Lengkap Teori Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP) menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Gambaran dari Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Pengetian Segmenting, Targeting, Positioning

Segmenting merupakan pembagian  atau pengelompokan kondisi pasar yang heterogen menjadi homogen dengan berbagai karakteristik. Menurut Griffin (2006), segmentasi merupakan proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa kedalam beberapa segmen yang memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup. Dengan melakukan segmentasi pasar, pemasaran akan lebih terarah dan efektif sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.

Pembahasan Lengkap Teori Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP) menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

 

Targeting adalah mengevaluasi beragam segmen untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market. Serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak dituju.

Positioning adalah bagaimana sebuah produk dimata konsumen yang membedakannya dengan produk pesaing. Dengan upaya identifikasi, pengembangan, dan komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta competitive advantage. Dalam hal ini termasuk brand image, manfaat yang dijanjikan serta competitive advantage. Dengan begitu, produk dan jasa perusahaan dipersepsikan lebih superior dan khusus dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing dalam persepsi konsumen.

Langkah Utama

Pemasaran memerlukan 3 langkah utama, yaitu :

  • Segmentasi pasar ( Segmenting ), yaitu tindakan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda – beda yang mungkin membutuhkan produk – produk dan atau kombinasi pemasaran yang terpisah.
  • Penentuan pasar sasaran ( Targeting ), Yaitu suatu tindakan mengevaluasi keaktifan daya tarik setiap segmen pasar dan memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar tersebut untuk dimasuki.
  • Penempatan produk (Positioning), yaitu tindakan untuk menempatkan posisi bersaing produk dan bauran pemasaran yang tepat pada setiap pasar sasar.

Teori-teori dari gambar Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Prosedur dan Proses Segmentasi Pasar

Ada tiga tahap yang harus dilakukan dalam segmentasi pasar (Kotler,2003) yaitu:

  • Survey Stage

Survey Stage merupakan tahap melakukan eksplorasi baik melalui focus group discussion atau dengan wawancara terhadap beberapa kelompok konsumen untuk memperoleh keterangan mengenai motivasi, sikap dan perilaku konsumen.

  • Analysis Stage

Analysis Stage merupakan tahap analisis terhadap informasi yang telah diperoleh melalui survey. Analisis dapat dilakukan dengan menerapkan analisis faktor untuk menelaah variabel-variabel mana yang berkolerasi tinggi kemudian menerapkan analisis cluster untuk menciptakan atau mengetahui kelompok-kelompok pasar yang secara signifikan memiliki perbedaan karakteristik.

  • Profiling Stage

Profiling Stage merupakan tahap untuk mengidentifikasi frofil masing-masing cluster yang terbentuk. Dengan ini akan teridentifikasi perbedaan masing-masing cluster berdasarkan sikap dan perilaku, demografi, psikografi, manfaat atau value yang diharapkan dari sebuah program MM, kemudian masing-masing cluster diberi nama berdasarkan karakteristik yang menonjol (Fanggidae, 2006).

Dasar Segmentasi

Pembahasan Lengkap Teori Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP) menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

 

 

Dalam menetapkan dasar segmentasi Kotler (2003) ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu pertama, consumen characteristic (karakteristik konsumen) yang merupakan variabel utama dalam segmentasi yang terdiri dari :

  1. Segmentasi Geografi;

Pada segmentasi georafi pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya, seperti berdasarkan daerah asal atau tempat tinggal konsumen.

  1. Demografi Segmentasi

Pada segementasi demografi pengelompokan dilakukan berdasarkan variabel usia, jenis kelamin dan pekerjaan konsumen.

  1. Psychographic segmentation
  2. Pada Psychographic segmentation pengelompokan didasarkan pada karakteristik setiap konsumen, seperti motivasi, kepribadian, persepsi, interest, minat dan sikap.

Kedua yaitu, consumer responses (respon konsumen) yang terdiri dari Benefit segmentation (segmentasi manfaat) yaitu pengelompokan yang di dasarkan kepada manfaat yang diharapkan konsumen dari suatu produk atau jasa, use occasion (saat pemakaian) dan Brand atau merek. Dengan ini konsumen akan dikelompokkan berdasarkan respon mereka terhadap produk atau jasa, seperti ada konsumen yang mementingkan kualitas dan ada konsumen yang mementingkan harga yang murah.

Contoh Tesis yang membahas tentang Analisis Segmenting, Targeting, Positioning (STP)

Contoh Tesis 1 : Tinjauan Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada PT Soka Cipta Niaga

Perkembangan industri tekstil semakin maju dan semakin luas usahanya. Tentu ini tidak lepas dari peran pemerintah yang memberikan izin kepada para usahawan yang membangun pabrik industri tekstil. Namun jika terlalu banyak pabrik yang bergerak pada bidang industri tekstil dalam suatu negara tentu tidak baik. Maka dari itu banyaknya industri tekstil harus bisa sebanding dengan jumlah penduduk dan juga permintaan sandang dari masyarakatnya. PT. Soka Cipta Niaga merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industry tekstile dan distribusi di Indonesia dengan produk kaos kaki yang memiliki merek dagang SOKA. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Strategi Segmenting, Targeting, Positioning PT. Soka Cipta Niaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning yang diterapkan oleh PT. Soka Cipta Niaga Bandung menurut internal perusahaan. Jenis penelitian ini ialah penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Penulis menggunakan teknik wawancara mendalam  kepada pihak internal PT. Soka Cipta Niaga Bandung. Dengan memawancarai beberapa pihak dari perusahaan diantaranya General Marketing, Manager Marketing, dan Supervisor. Berdasarkan hasil wawancara penulis, dapat diketahui bahwa segmentasi PT. Soka Cipta Niaga adalah masyarakat Indonesia yang berpenghasilan 2.000.000 sampai 5.000.000 (kelas sosial menengah keatas). Hal tersebut dikarenakan harga dari kaos kaki Soka yang begitu mahal. Dapat diketahui bahwa target pasar dari PT. Soka Cipta Niaga adalah masyarakat yang berpenampilan hijabers,karena model dari produk Soka sendiri yang panjang kaos kakinya satu betis hingga bawah lutut. Dengan begitu aurat(bagian kaki) pengguna akan tertutup dengan sempurna. Dapat diketahui bahwa PT. Soka Cipta Niaga menempatkan produk kaos kakinya sebagai kaos kaki muslimah yang sudah berlabel halal.

 

Contoh Tesis 2 :  Analisis Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Peningkatan Penjualan pada PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Dalam suatu program pemasaran, tentunya suatu perusahaan akan menetapkan kepada siapa suatu produk atau jasa dipasarkan (targeting). Selain itu, pembagian suatu strategi digunakan oleh perusahaan intuk membuat suatu keputusan kepada siapa konsumen yang berpotensi sebagai mitra suapya produk yang dipasarkan tepat sasaran sesuai pembagian kelas masyarakatnya. Selain itu, untuk memutuskan siapa mitra perusahaan supaya tepat sasaran, maka diperlukan suatu analisis dari setiap pembagian konsumen tersebut berdasarkan daya beli, usia, pekerjaan, gaya hidup dan tempat tinggal. Adapun untuk memenangkan hati konsumen akan produk yang ditawarkan maka suatu perusahaan dapat menciptakan produk atau jasa dengan brand tersendiri (positioning). Di dalam perusahaan jasa konstruksi dan properti yang dibahas, PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah menerapkan ketiga aspek tersebut.

 

Contoh Tesis 3 : Analisis Pengaruh Strategi Segmentation, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Penjualan Produk Asuransi Fullnadi

Pada dasarnya semua perusahaan memerlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan dan melihat persaingan pasarnya. Dalam pemasaran memerlukan sebuah strategi persaingan dimana suatu strategi untuk melihat segmen, target dan posisi melalui pemasaran eksternal dan pemasaran internal. Dalam asuransi jiwa terdapat produk-produk yang akan ditawarkan pada calon peserta salah satunya adalah produk asuransi fullnadi dimana produk ini ditawarkan pada orang tua yang memiliki anak diusia sekolah dan bermanfaat bagi orang tua untuk mempermudah menyiapkan dana pendidikan bagi anaknya. Dengan adanya berbagai macam produk maka lebih dispesifikkan ke dalam segmen-segmen, target dan posisi produk itu sendiri.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran pengaruh strategi segmentation, targeting dan positioning (STP) terhadap penjualan produk asuransi fullnadi di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi segmentation, targeting dan positioning (STP) terhadap penjualan produk asuransi fullnadi di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cirebon.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan dan pengolahan kuantitatif. Dalam penelitian ini, selain menggambarkan dan menjelaskan hasil dari observasi lapangan, peneliti juga menganalisa strategi STP ini dengan angket untuk mengetahui pengaruhnya terhadap penjualan produk asuransi fullnadi di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cirebon.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji regresi (uji t) tersebut terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi segmentation, targeting dan posotioning (STP) terhadap penjualan produk asuransi fullnadi pada PT. Asuransi Takaful Keluarga cabang cirebon. Nilai uji t tersebut adalah sebesar t hitung>t tabel (5.752>1.708) dan nilai signifikansinya 0,000<0,05 artinya signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa penurunan penjualan produk asuransi fullnadi ini ada kaitanya dengan strategi STP yang digunakan PT.Asuransi Takaful Keluarga Cirebon.

 

Contoh Tesis 4 : Analisis Strategi Promosi Online Pada Pasarhosting.Com

Menurut data statistik tahun 2012 yang dikeluarkan oleh http://www.internetworldstats.com, Asia duduk di peringkat nomor 1 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia dan Indonesia duduk di peringkat 12 di dunia yang mencapai 55 juta pengguna internet hingga akhir Juni 2012 dan terus berkembang. Hal ini berarti semakin banyak masyarakat membutuhkan domain dan hosting guna memenuhi kebutuhan para netizen. Pasarhosting merupakan salah satu penyedia layanan jasa di bidang hosting provider dan domain registration yang berlokasi di Bogor. Berdasarkan informasi dari Webhosting.info, perusahaan ini menjadi “Top Hosting Companies in Indonesia” dan menduduki peringkat ke-12 di Indonesia, atau baru memiliki 1,49% market share di seluruh Indonesia.

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengkaji penerapan strategi promosi online pada perusahaan saat ini; (2) Mengidentifikasi faktor, aktor dan tujuan yang memengaruhi perumusan strategi promosi online perusahaan, serta (3) Menganalisis bentuk alternatif saluran online yang paling berpengaruh dan menjadi unsur penyusun strategi promosi perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak internal

manajemen perusahaan, pihak eksternal seperti pelanggan, pengamatan langsung dan hasil pengisian kuesioner. Data sekunder diperoleh melalui hasil penelitian sebelumnya dan literatur terkait dengan judul penelitian yang diperoleh dari jurnal, buku, artikel dan internet. Alat Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proses Hirarki Analitik (PHA).

Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak manajemen perusahaan, didapat 4 faktor utama yang memengaruhi penyusunan strategi online perusahaan. Faktor-faktor tersebut adalah Pesaing, Analisa Pasar, Segmentation, Targeting, and Positioning, Teknologi, Ketersediaan Waktu dan Sumber Daya Manusia. Dari hasil penelitian dengan pendekatan PHA, didapatkan lima (5) alternatif strategi promosi online perusahaan yang terbaik untuk diterapkan, yaitu promosi melalui social media (0,365), SEO (0,348), webverting (0,101), web experience (0,097) dan direct promotion via email (0,089). Promosi melalui social media meningkat tajam, selaras dengan meningkatnya pengguna internet dan pengguna jaringan social media seperti facebook, twitter, path, dan lain sebagainya. Selain itu, alternatif promosi ini juga memiliki biaya paling rendah karena tidak memerlukan biaya pendaftaran untuk memiliki akun di social media.

 

Contoh Tesis 5 : Penerapan Segmentasi, Targeting dan Positioning Produk Benang Spinning  I Pada Pt. dan Liris Sukoharjo

Penulisan  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  penerapan strategi  pemasaran (segmenting, targeting,  dan positioning)  terhadap  produk  benang  yang  dilakukan oleh PT. Dan Liris Sukoharjo. Desain Penulisan menggunakan desain kasus yaitu mendiskripsikan    suatu    permasalahan    dan    mengajukan    pertanyaan    guna memperoleh jawaban yang akan dijadikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan studi pustaka.             Berdasarkan  hasil  penelitian,  diketahui  bahwa  pada  PT.  Dan  Liris  dalam hal   penerapan   segmentasinya   menggunakan   segmen   industri,   mereka   juga menawarkan  produknya  kepada  perusahaan  garment,  konveksi,  bahkan  kepada produ  tekstil  yang  lain.  Dalam  hal  targeting  PT.  Dan  Liris  menggunakan  strategi differentiated  marketing dengan  menawarkan  berbagai  macam  produk  benang  ke berbagai konsumen dan dengan membagi beberapa pasar. positioning perusahaan selalu menawarkan produk dengan kualitas bagus dan harga yang terjangkau.

 

Contoh Tesis 6 : Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi Pada Perusahaan Pt Kaltim Prima Coal)

PT Kaltim Prima Coal merupakan salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Sangata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen batubara yang berdaya saing tinggi yang produknya diminati oleh konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan dalam melakukan ekspor, mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan dan menganalisis strategi yang tepatuntuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Kaltim Prima Coal menggunakan strategi STP dan bauran pemasaran dalam pemasarannya. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Kaltim Prima Coal terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan memenuhi target penjualan. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar pasar tinggi di Asia, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah pesaing dari Cina dan Amerika dengan produk sejenis.

 

Contoh Tesis 7 : Analisis Market Segmentation, Targeting, Positioning (STP) pada Rumah Makan Banjar Untuk Penentuan Usulan Strategi Pemasaran

Rumah makan Banjar merupakan salah satu rumah makan Etnis yang ada di Yogyakarta dengan jumlah pengunjung yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis segmentasi, target dan posisi pasar pada Rumah Makan BanjardiSleman, Yogyakarta, serta membuat usulan strategi pemasaran berdasarkan pada hasil analisis Segmentation, Targeting dan Positioning. Penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu analisis cluster dananalisis korespondensi (ANACOR). Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara pada pihak manajemen dan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan dua jenis kuesioner yaitu kuesioner Segmentasi dan kuesioner Positioning dengan acuan marketing-mix 7P (Product, Place, Promotion, Price, People, Physical Evidence, dan Process). Analisis cluster menghasilkan tiga cluster pelanggan yaitu cluster ekonomi menengah dan peduli terhadap pelayanan dan fasilitas; cluster ekonomi menengah, mapan dan santai; sertacluster ekonomi mapan dan pecinta masakan Banjar. Segmen terpilih (targeting) adalah cluster ekonomi menengah dan peduli terhadap pelayanan dan fasilitas. Hasil positioning ANACOR menunjukkan rumah makan Kindai memiliki keunggulan pada variabel nyaman, akrab dan santai, variabel fasilitas toilet, variabel fasilitas kritik saran, variabel tanggapan terhadap keluhan konsumen, variabel fasilitas sound musik, variabel fasilitas kipas, variabel Adanya informasi yang jelas mengenai rumah makan Banjar dalam bentuk brosur, variabel layanan antar menu cepat.

 

Contoh Tesis 8 : Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)  dalam Penjualan Produk Kecap Cap Koki Dollar Di Tulungagung

Segmentasi, Targeting dan Positioning adalah inti dari suatu system pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam memilih pasar mereka. Dalam menentukan pasar yang akan dituju, perusahaan harus mengetahui potensi dari masing-masing pasar terlebih dahulu. Setelah mengevaluasi potensi dari masing-masing pasar perusahaan harus dapat menentukan satu atau beberapa pasar yang paling menarik untuk dilayani. Jika perusahaan telah memutuskan segmen pasar mereka dan menetapkan segmen tertentu untuk dilayani maka perusahaan harus mampu menempatkan produknya dimata konsumen sehingga konsumen dapat membedakannya dengan produk pesaing. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian pada Agroindustri ‘SEHATI’ yang berlokasi di Jl. MT. HaryonoGg. Kembang Kedungwaru Tulungagung JawaTimur.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 2 segmen pasar dengan karakteristik: cluster 1 berjenis kelamin wanita, memiliki usia dari 30-39 tahun, pendidikan SMA, Pekerjaan ibu rumah tangga, pendapatan per bulan 2-3 juta. Untuk perilaku konsumen cluster 1 berminat terhadap kecap cap koki dollar karena citra rasa, membeli kemauannya sendiri, untuk kebutuhan sehari-hari, mengetahui kecap dari saudara, menyukai ukuran 150 ml. Cluster 2 berjenis kelamin wanita, memiliki usia dari 30-39 tahun, pendidikan SMA, pekerjaan ibu rumah tangga, pendaptan per bulan 2-3 juta. Untuk perilaku konsumen cluster 2 berminat terhadap kecap cap koki dollar karena citra rasa, membeli kemauannya sendiri, untuk kebutuhan sehari-hari, mengetahui kecap dari promosi, menyukai ukuran 150 ml.

Pasar sasaran dari produk kecap cap koki dollar sebaiknya cluster 1 karena seg ukuran dan tingkat pemakaian cluster 1 yang terbesar dibanding cluster 2. Dan produk kecap ini untuk kalangan menengah kebawah karena harga yang cukup terjangkau. Positioning produk kecap cap koki dollar berdasarkan atribut produk 1) Kecap Cap Koki Dollar adalah kecap yang memiliki banyak ukuran, 2) konsumen mampu mudah mengenal logo kecap cap koki dollar. Jika berdasarkan Manfaat Produk kecap cap koki dollar posisi kecap disukai karena Praktis dalam kemasan. Sedangkan berdasarkan dalam keputusan pembelian kecap cap koki dollar memiliki keunggulan yaitu konsumen mampu merekomendasikan kecap ini terhadap konsumen lainnya. Untuk berdasarkan Rasa Kecap posisi kecap Cap Koki Dollar menurut konsumenya itu sudah sesuai dengan selera dan untuk segi harga kecap cap koki dollar mempunyai harga yang terjangkau.

 

Contoh Tesis 9 : Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Rumah Griya Mulya Asri di Kota Makassar

Analisis Segmentasi, Penargetan, Positioning (STP) Terhadap Peningkatan Penjualan Volume di Griya Mulya Asri House Di Kota Makassar. Dibimbing oleh DR.Hj.Herminawati Abubakar., S.E., M.M dan DR.Haeruddin Saleh., S.E., M.Si Rumah adalah kebutuhan dasar manusia selain pakaian dan makanan. Meningkatnya perumahan permintaan untuk penduduk Makassar mendorong pengembang perumahan untuk memberikan yang lebih layak solusi perumahan alternatif. Griya Mulya Asri Housing Estate adalah salah satu yang terbaik pilihan alternatif untuk orang-orang yang menginginkan suasana santai di tengah hiruk-pikuk perkotaan. Perumahan Griya Mulya Asri sangat baik untuk area yang layak huni dalam hal harga, fasilitas, kenyamanan dan lokasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi segmentasi, penargetan, positioning (STP) diterapkan oleh PT Hinda Assalam Brother untuk meningkatkan volume penjualan rumah di Griya Mulya Asri. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Responden dalam penelitian ini adalah Penduduk Griya Mulya Asri. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmentasi, penargetan, strategi positioning mempengaruhi peningkatan volume penjualan.

 

Contoh Tesis 10 : Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh Strategi Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian merek produk Teh Hijau NU dalam kemasan produk teh. Penelitian ini didasarkan pada kondisi dimana setiap orang menyukai produk kemasan teh. Terutama Nu Green Tea sebagai pelopor dalam kemasan produk Green Tea. Berdasarkan penelitian Nu Green Tea masih menguasai pasar dengan pangsa pasar 50%, PT ABC President Indonesia selaku pemilik produk Nu Green Tea masih percaya bahwa NU Green Tea telah menjadi pemimpin pasar dalam kemasan produk teh. Secara teoritis, kondisi tersebut dapat diinduksi oleh ekuitas merek yang kuat dari produk perusahaan. Penelitian ini didasarkan pada analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 20.0.

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?