HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Model Snowball Throwing dan STAD Ditinjau dari Sikap Sosial dan Aktivitas Belajar

Judul Tesis : Pembelajaran Model Snowball Throwing dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Sikap Sosial dan Aktivitas Belajar Siswa

A. Latar Belakang

Sikap sosial merupakan kecenderungan tindakan seseorang terhadap sesama di suatu lingkungan tertentu. Tanda–tanda siswa yang mempunyai sikap sosial yang baik antara lain : mempunyai kesadaran hidup ditengah–tengah teman sejawat dan saling tergantung sesama, memiliki kerelaan untuk selalu memelihara hubungan baik dengan sesama dan kecenderungan untuk menyenangkan orang lain. Siswa dengan tingkat sosial tinggi akan lebih mudah bekerjasama dengan semua teman sehingga dapat dengan mudah memahami dan menyelesaikan masalah–masalah selama proses belajar mengajar. Sehingga sikap sosial siswa akan mempengaruhi prestasi belajar.

Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan merupakan materi pelajaran biologi kelas VIII pada semester 2. Materi ini merupakan materi yang cukup penting karena merupakan materi dasar untuk mempelajari materi-materi selanjutnya dan selalu ada dalam soal–soal ulangan bersama maupun UAN. Dilihat dari hasil ulangan materi ini cukup sulit karena rata–rata hasilnya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kesulitan yang dihadapi antara lain jaringan tumbuhan tidak dapat diamati secara langsung sehingga menggunakan bantuan charta atau mengamati preparat dengan mikroskop dan adanya istilah–istilah baru bagi siswa. Untuk mengurangi kesulitan tersebut sangat dibutuhkan keaktifan dan kerjasama dari semua siswa. Sehingga tingkat aktivitas dan sikap sosial siswa merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam mempelajari materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing terhadap prestasi belajar biologi pada kompetensi dasar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII di SMP 2 Karangmojo Tahun Pelajaran 2008/2009?
  2. Bagaimana pengaruh siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai tingkat aktivitas belajar rendah terhadap prestasi belajar biologi pada Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII di SMP 2 Karangmojo Tahun Pelajaran 2008/2009?
  3. Bagaimana pengaruh siswa yang mempunyai sikap sosial tinggi dengan siswa yang mempunyai sikap sosial rendah terhadap prestasi belajar biologi pada kompetensi dasar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada siswa kelas VIII di SMP 2 Karangmojo Tahun Pelajaran 2008/2009?

C. Kajian Pustaka

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Pengertian kooperatif dapat diartikan melakukan sesuatu secara bersama dengan saling membantu dan bekerjasama satu sama lain. Sedangkan pengertian pembelajaran menurut Gagne (1994), didefinisikan sebagai ”seperangkat peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung terjadinya proses belajar yang sifatnya internal dengan tujuan membantu orang belajar.”

Pembelajaran Kooperatif Model STAD

STAD (Student Team Achievement Division), merupakan model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Robert E.Slavin di Universitas John Hopkins, AS. STAD terbentuk dari lima fase kegiatan yakni : Fase Presentasi Kelas. Pada komponen ini, guru memberikan materi dengan mengemukakan konsep – kondep, ketrampilan – ketrampilan dengan menggunakan buku siswa, buku guru, bahan untuk audio visual, dan sebagainya.

Pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing

Seperti pada model pembelajaran kooperatif STAD, pada pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing siswa dalam satu kelas juga dibagi – bagi dalam kelompok – kelompok heterogen dengan anggota 4-5 orang siswa.

Aktifitas Belajar Siswa

Aktifitas belajar siswa merupakan faktor keberhasilan pembelajaran Kooperatif. Dalam proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktifitas siswa melalui berbagai pengalaman belajar, dan salah satu keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh seberapa besar tingkat aktivitas belajar yang dilakukan siswa pada setiap kegiatan belajar mengajar. Sriyono aktivitas adalah segala kegiatan yang dilaksanakan baik secara jasmani atau rohani. Aktivitas siswa selama proses belajar mengajar merupakan salah satu indikator adanya keinginan siswa untuk belajar. Aktivitas siswa merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi selama proses belajar mengajar.

Pengertian Sikap Sosial

Menurut para ahli psikologis (Thrurstone, Linkert, Charles Osgood) dalam Saifuddin, (2007 : 5) sikap adalah ”suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan.” Sikap seseorang terhadap suatu obyek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) pada obyek tersebut. Sedang menurut Thrustone memformulasikan sikap sebagai ”derajat afek positif atau afek negatif terhadap suatu obyek psikologis.”

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.

Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, terdiri dua kelas. Kelas pertama dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas yang lain dengan STAD.

Pengambilan data dengan tes prestasi dan angket sikap sosial dan aktivitas belajar.

Pengujian hipotesis dengan ANAVA tiga jalan 2 X 2 X 2.

E. Kesimpulan

1. Pelaksanaan pembelajaran dengan cooperative learning dapat digunakan sebagai strategi pengajaran alternatif, dimana pelajar dapat memperoleh manfaat yang terpadu antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

2. Kendala dalam penelitian ini adalah dalam menentukan katagori sikap sosial dan aktivitas belajar siswa. Dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menentukan sikap sosial dan aktivitas belajar siswa yang sesungguhnya

3. Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan p-value= 0,000< ?, dimana siswa yang diberi pembelajaran dengan model STAD memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan model snowball throwing.

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)