HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Membangun Router PC Menggunakan Sistem Operasi Freebsd

INTISARI

Dalam suatu jaringan komputer yang terhubung dengan internet diperlukan router untuk mengontrol dan memberikan kenyamanan kepada user dalam mengakses internet. Terlebih bila jaringan komputer tersebut memiliki jumlah workstation yang banyak. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah router menggunakan sistem operasi unix FreeBSD untuk keperluan gateway, caching, blocking situs, dan juga manajemen bandwith. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis dan pembangunan router untuk gateway, caching, blocking situs dan manajemen bandwith yang dibangun dalam sistem operasi FreeBSD. Aplikasi squid disini digunakan untuk membuat cache server, blocking situs dan juga untuk melakukan manajemen bandwith. Hasil dari pengerjaan Tugas Akhir ini berupa router yang dapat digunakan untuk menghandle jaringan komputer yang terkoneksi ke jaringan internet pada suatu instansi atau lembaga yang membutuhkan.

Kata Kunci: FreeBSD, Squid.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Untuk mengakses suatu halaman website, chatting, mengunduh file dan aktifitas internet lain terkadang tidak semua berjalan lancar. Adanya permasalahan seperti akses yang lambat adalah suatu kendala yang umum dijumpai. Hal tersebut akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan kepada pengguna. Oleh karena itu diperlukan manajemen jaringan internet untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam jaringan komputer yang terhubung internet diperlukan suatu router yang dapat berfungsi sebagai gateway, bandwith limiter, dan cache server yang akan mengontrol dan memberikan kenyamanan kepada user dalam mengakses internet. Terlebih bila jaringan komputer tersebut memiliki jumlah workstation yang banyak. Keberadaan router yang berfungsi sebagai gateway, bandwith limiter, dan caching sangat diperlukan di jaringan komputer tersebut demi kelancaran aktifitas jaringan.

Selain permasalahan di atas, untuk keperluan tertentu seperti halnya untuk keperluan instansi resmi, terkadang diperlukan monitoring client. Yaitu untuk mencegah client mengakses halaman website yang tidak diinginkan. Untuk hal tersebut diperlukan pula suatu metode untuk blocking situs. Salah satu sistem operasi yang bisa digunakan sebagai router untuk menjawab kebutuhan di atas adalah sistem operasi FreeBSD (Berkeley Software Distribution), yaitu sistem operasi yang menawarkan keamanan, stabilitas dan kinerja yang tinggi untuk penggunaan pada jaringan yang besar.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)