HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Membaca dan Mencatat Sumber Referensi atau Bacaan

Setelah mengenal sebagian dari perpustakaan maka, langkah berikutnya adalah membaca dan mencatat informasi. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut penting dalam studi kepustakaan.

MEMBACA

Wilson Jr. (1952) mengemukakan bahwa tujuan utama membaca adalah untuk mencari apakah keterangan-keterangan mengenai peneltian adan dan tersedia; serta untuk memperoleh latar belakang yang cukup dalam bidang penelitian yang dilakukan. Nazir (1988: 123) mengemukakan bahwa terdapat beberapa kegunaan membaca secara umum, adalah:

  1. Untuk menghindarkan duplikasi yang tidak diperlukan dengan melihat apakah masalah penelitian sudah pernah diuji ataukah masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang masalah tersebut.
  2. Untuk memperoleh ide, keterangan-keterangan, metode-metode yang berguna dalam memecahkan masalah, ataupun dalam rangka memilih masalah-masalahnya sendiri.
  3. Untuk menunjukkan data komparatif yang berguna dalam mengadakan interpretasi hasil penelitian nantinya.
  4. Untuk menambah pengetahuan umum peneliti.

MENGUTIP INFORMASI

Jenis-jenis kutipan

Terdapat beberapa jenis kutipan, yakni:

  1. Quotasi, merupakan jenis kutipan secara langsung tanpa mengubah satu katapun dari kata-kata pengarang.
  2. Paraphrase, merupakan kegiatan mengutip seluruh isi bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  3. Ikhtisar, merupakan kegitan mencatat sinopsis dari keseluruhan pemikiran yang ada dalam bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  4. Praisi, merupakan peringkasan isi yang lebih pada dari ikhtisar, dengan cara memilih secara hati-hati materi yang akan diringkas dan menggunakan kata-kata sendiri tetapi tidak mengubah isi dari materi yang dikutip.

Teknik mencatat dan mengutip

Terdapat beberapa teknik dalam mengutip bacaan, antara lain: (a) bila yang dikutip hanya sebagian kalimat dari paragraf yang dikutip, maka kalimat yang tidak ikut dikutip diberi tanda titik-titik atau (….); (b) bila dalam kutipan tersebut penulis membuat salah satu kata menjadi tercetak miring, maka diharuskan untuk membuat keterangan dalam tanda kurung kotak seperti [italics, oleh penulis sendiri].

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kutipan adalah, untuk selalu mencantumkan sumber bacaan tersebut misalnya buku dengan menyebutkan nama pengarang, judul bacaan, tahun terbit, halaman, tempat penerbit serta penerbit. Sedangkan untuk majalah ilmiah, cukup dengan menuliskan nama pengarang, judul artikelnya, dan nama majalah serta nomor penerbitan majalah tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut : Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau BBM :5E1D5370 email IDTesis@gmail.com

Incoming search terms:

Leave a Reply