HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kualitas SDM PNS Dan Kinerja Pemerintah

Contoh Tesis – ANALISIS HUBUNGAN KUALITAS SDM PNS DAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN

kualitas sdm pns dan kinerja pemerintah Kualitas SDM PNS Dan Kinerja Pemerintah

A. Latar Belakang Masalah

Secara prinsip pengelolaan SDM, PNS yang telah ada sudah teralokasikan dengan tepat, baik pada kualitas maupun kuantitas. Hasil kinerja belum tentu sesuai dengan yang diharapkan walaupun telah tersedia SDM yang berkualitas. Hal ini sangat mungkin terjadi pada instansi pemerintahan karena adanya berbagai hal yang mempengaruhi kinerja tersebut.

Banyak faktor eksternal yang membuat bias pelaksanaan ketetapan peraturan serta keputusan Pemerintah Daerah maupun peraturan dan keputusan Pemerintah Pusat. Hal ini mengakibatkan kualitas SDM yang baik belum tentu dapat memberikan kinerja yang tepat sesuai sasaran awal. Idealitas hasil kerja SDM yang berkualitas belum tentu sesuai dengan harapan. Hal ini tentunya akan menimbulkan pertimbangan tersendiri bagi Pejabat Pembina Kepegawaian untuk mengatur proporsi kualitas dan kuantitas yang tepat pada suatu unit kerja pada pemerintah daerah. Hasil kerja dari SDM berkualitas pada posisi yang tepat akan membawa hasil kinerja yang baik.

Komposisi PNS pada Kabupaten Madiun dimana terbanyak adalah dari Tenaga Guru diikuti Tenaga Teknis dan berikutnya Tenaga Kesehatan. Sedangkan untuk Tenaga Struktural sebagai posisi manajerial adalah sejumlah 7,2 % dari keseluruhan PNS. Dengan komposisi PNS seperti pada tabel, maka kualitas pendidikan tinggi, kualitas diri SDM yang baik serta keterampilan yang memadai akan memberikan hasil kinerja yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan. Tetapi hasil kinerja juga akan dipengaruhi faktor lain di luar hal tersebut.

SDM dengan kualitas dan kuantitas yang tepat diharapkan akan menghasilkan kinerja yang baik. Tetapi kenyataan yang terjadi  belum tentu menghasilkan kinerja yang optimal. Sehingga perlu untuk melihat bahwa apakah terdapat hubungan antara kualitas SDM dengan  kinerja Pemerintah Daerah, sehingga disusun penelitian dengan judul :

“Analisis Hubungan Kualitas SDM PNS dan Kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun“.

 

Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan antara Tingkat Pengetahuan PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun ?
  2. Apakah terdapat hubungan antara Sikap PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun ?
  3. Apakah terdapat hubungan antara Ketrampilan PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun

 

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

  1. Mengetahui hubungan antara Tingkat Pengetahuan PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.
  2. Mengetahui hubungan antara Sikap PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.
  3. Mengetahui hubungan antara Ketrampilan PNS dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.

 

Kesimpulan

Dalam penelitian dengan judul Analisis Hubungan Kualitas SDM PNS Pada Kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Terdapat hubungan antara variabel Pengetahuan PNS dengan variabel Kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.
  2. Terdapat hubungan antara variabel sikap PNS dengan variabel Kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.
  3. Terdapat hubungan antara variabel Keterampilan PNS dengan variabel Kinerja Pemerintah Kabupaten Madiun.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas SDM PNS dengan kinerja pemerintah Kabupaten Madiun.

Incoming search terms:

Leave a Reply