HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Komputerisasi Sistem Persediaan Obat Pada Apotik Wahyu Sejati Blora

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam kehidupan keseharian saat ini tidak mungkin bila lepas dari informasi sebagai sarana untuk mengikuti perkembangan yang sedang berlangsung ataupun sebagai titik tolak untuk melihat kebutuhan dan perkembangan di masa depan. Informasi saat ini menjadi kebutuhan pokok, baik untuk perorangan maupun untuk perusahaan, sehingga mau tidak mau informasi yang terbaru (up to date) akan selalu dibutuhkan untuk memberikan hasil yang terbaik.

Begitu pentingnya informasi bagi suatu perusahaan, karena informasi yang cepat, tepat, dan akurat akan memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan itu sendiri, baik dalam kinerja dari perusahaan itu dengan tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi ataupun dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan mereka yaitu suatu pelayanan yang melahirkan kepuasan pelanggan. Informasi dapat diperoleh baik secara manual maupun secara komputerisasi. Saat ini komputerisasi memegang peranan penting dalam suatu langkah kerja yang besar dan rumit. Dengan semakin berkembangnya sistem komputer ini, efisiensi dan optimasi kerja suatu perusahaan dapat tercapai. Apotik “Wahyu Sejati” Blora sudah memiliki prosedur persediaan obat yang baik tetapi sistem tersebut masih manual sehingga berbagai persoalan pada akhirnya bermunculan. Seperti kesulitan mengontrol persediaan obat maupun pengeluaran obat, dikarenakan informasi yang disajikan menjadi kurang teliti dan akurat.

Persoalan tersebut di atas dapat dibuat suatu sistem informasi persediaan obat dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Sistem komputer ini tidak akan mengubah struktur organisasi yang ada, arus dokumen atau prosedurprosedur lainnya, maupun beberapa formulir yang ada yang digunakan sebagai input data dalam proses komputer akan mengalami sedikit penyesuaian, demikian pula bentuk laporan-laporan yang akan disajikan melalui komputer. Penjelasan di atas dapat dilihat betapa pentingnya kebutuhan data yang cepat, tepat, dan akurat untuk pelayanan infomasi akan kebutuhan obat, karena itu maka penulis membuat laporan tugas akhir ini dengan judul “Komputerisasi Sistem Persediaan Obat Pada Apotik Wahyu Sejati Blora”.

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)